Museum De Tjolomadoe

Deskripsi

Museum De Tjolomadoe merupakan wahana rekreasi edukatif (edutainment museum) yang berlokasi di bangunan utama DeTjolomadoe. Museum ini memadukan aspek preservasi arsip,koleksi,dan teknologi digital dengan konten utama mengenai sejarah PG Colomadu.

Museum De Tjolomadoe dirancang untuk semua umur dengan presentasi visual modern yang dapat memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung. Museum ini memberikan narasi yang komprehensif mengenai sejarah gula dunia, sejarah PG Colomadu serta irisannya dengan Mangkunegaran. Museum De Tjolomadoe mengambil rentan waktu mulai tahun 1861 atau ketika pertama kalinya dibangun, dinamika pabrik di era kolonial Belanda, Jepang, pascakemerdekaan, era Orde Baru hingga akhirnya ditutup tahun 1998.

Museum De Tjolomadoe pun menghadirkan wahana interaktif yang memungkinkan pengunjung menikmati pengalaman berbeda. Pembangunan wahana ini berkolaborasi dengan seniman-seniman asal Yogyakarta. Kolaborasi Rara Kuastra dan Putud Utama atau Tempa menghadirkan instalasi bertajuk Taman Wagis Wara (Taman Para Raja). Instalasi dengan material pop up kayu, besi dan tirai kain ini merupakan representasi PG Colomadu sebagai simbol kemandirian dan gotong royong. Tempa mengadaptasi elemen-elemen yang erat dengan pabrik ini seperti simbol gunung madu, roda gigi mesin pabrik dan juga tradisi Cembengan-Kawin Tebu. Dalam ruangan ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman estetis ketika cahaya lampu dimatikan dan dinyalakan. Selain Tempa, ada pula wahana digital interaktif karya kolektif Studio Batu. Dalam ruang gelap yang mereka beri tajuk Confectionery, Studio Batu menampilkan karakter-karakter imajinatif menyerupai mahkluk kristal merah muda bersanding dengan animasi gunungan gulali, cokelat, dan permen kapas. Karakter ini muncul dalam sorotan video mapping dan saling bergerak mengikuti irama musik yang dinamis. Pematung senior, Wilman Syahnur juga membuat diorama kolosal aktivitas pekerja di PG Colomadu. Terakhir, ada pula seniman Prihatmoko Moki yang merancang prangko dalam skala besar bertema situasi kerja di pabrik gula.

Alamat
De Tjolomadoe
Jl. Adisucipto No.1 Malangjiwan
Karanganyar
Jawa Tengah

Tiket

Anda tidak harus mencetak tiket.
Anda diharuskan menukarkan tiket ke kasir.
Tiket Masuk De Tjolomadoe
  • Tiket sudah termasuk voucher air mineral yang dapat ditukarkan di Street Food Cafe & Besali Cafe
  • Tinggi badan dibawah 80 cm free tiket masuk
  • Jam operasional Selasa s/d Minggu pukul 10.00-21.00 WIB
  • Hari Senin Libur
Masa Aktif1 Hari
HargaIDR 25.000 allday
weekday berlaku hari Senin hingga Jumat selain hari libur.
weekend berlaku hari Sabtu, Minggu dan hari libur.
allday berlaku setiap hari.
limited berlaku selama jadwal.
Masa Aktif berlaku sejak tanggal kunjungan yang dipilih.

Peta Lokasi

Ulasan

Dilihat926 (37 Pengguna)
Peringkat Belum Ada
Pilih Tanggal Kunjungan
Pilih Tiket

Dapatkan Potongan Harga Spesial Untuk Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DigiTiket