Virtual Tour Adat dan Budaya Masyarakat Suku Sasak


Sebagai salah satu suku tertua di Indonesia, Suku Sasak menjadi etnis asli yang mendiami Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak telah berada di Pulau Lombok selama berabad-abad, tepatnya sejak 4000 sebelum Masehi. Di Pulau Lombok, para Suku Sasak menempati Desa Sade yang dikenal sebagai desa adat Suku Sasak. Di Desa Sade, ada beberapa hal unik yang mungkin hanya bisa kamu temukan di sini. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat Suku Sasak dalam membersihkan lantai rumah adat mereka menggunakan kotoran kerbau yang dicampur dengan tanah liat.

Selain itu, Suku Sasak juga sangat terkenal dengan keahlian menenun kain, kain tersebut dinamakan Kain Tenun Sasak yang merupakan salah satu kain kebanggaan masyarakat Lombok. Kain dari hasil tenunan ini dapat dijual atau dipakai ketika melangsungkan upacara pernikahan adat, seperti yang terkenal adalah tradisi Kawin Lari "Merarik" dan Nyongkolan. Ketika berkunjung kesini kamu dapat melihat pertunjukan rakyat Desa Sade Lombok, seperti tarian dengan alunan dari alat musik tradisional Gendang Beleq dan tradisi Peresean yang merupakan seni tradisional pertarungan khas Suku Sasak.

Tentunya, masih banyak lagi loh tradisi dan budaya lain yang Suku Sasak miliki. Yuk cari tahu lebih lanjut, dengan ikutan Virtual Tour Adat dan Budaya Masyarakat Suku Sasak. Jangan sampai ketinggalan ya!


Lokasi

Online


SYARAT & KETENTUAN

1. Virtual Tour menggunakan aplikasi Zoom, peserta diharapkan memasang aplikasi tersebut di laptop atau smartphone-nya masing-masing.

2. Dilarang menyebarluaskan ID Meeting dan Password Zoom. Digitiket berhak mengeluarkan bagi peserta yang tidak terdaftar.

3. Pastikan koneksi internet stabil dan lancar selama acara berlangsung.

4. Link Zoom akan dibuka 15 menit sebelum acara dimulai.


Statistik

Views758 (44 Pengguna)
Sales48 (47 Pengguna)
Rating Belum Ada

Pemesanan Tiket

Acara telah usai.