Virtual Tour Mengulik Keunikan Candi Plaosan


Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten atau berjarak kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini berada di tengah-tengah kawasan yang pada abad 7-9 Masehi diketahui sebagai pusat kebudayaan dan kehidupan masyarakat pada masa itu. Candi Plaosan merupakan candi bercorak Buddha yang diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Awalnya Candi ini dibangun sebagai bukti cinta antara Rakai Pikatan yang beragama Hindu dengan Ratu Sri Kahulunan yang beragama Budha. Perbaduan dua agama tersebut menghasilkan candi megah bercorak Buddha dengan sedikit sentuhan Hindu. Selain itu, Candi Plaosan menjadi simbol toleransi masyarakat yang pada waktu itu mayoritas beragama Hindu dan sebagian dari mereka yang mulai memeluk agama Buddha. Candi Plaosan terdiri dari kompleks Candi Plaosan Lor dan kompleks Candi Plaosan Kidul. Dua bangunan besar dari masing-masing kompleks memiliki bentuk yang hampir sama sehingga biasa disebut Candi Kembar.

Candi Plaosan merupakan perwujudan toleransi agama pada masa Mataram Kuno. Candi Plaosan menyimpan kisah dan sejarah unik yang menarik untuk diulik. Ingin tahu kisah lengkapnya? Yuk, ikuti Virtual Tour Mengulik Keunikan Candi Plaosan. Dalam virtual tour kita akan berdikusi dan belajar bersama guide professional. Segera pesan tiketnya di DigiTiket dan jangan sampai ketinggalan!


Lokasi

Online


SYARAT & KETENTUAN

1. Virtual Tour menggunakan aplikasi Zoom, peserta diharapkan memasang aplikasi tersebut di laptop atau smartphone-nya masing-masing.

2. Dilarang menyebarluaskan ID Meeting dan Password Zoom. Digitiket berhak mengeluarkan bagi peserta yang tidak terdaftar.

3. Pastikan koneksi internet stabil dan lancar selama acara berlangsung.

4. Link Zoom akan dibuka 15 menit sebelum acara dimulai.


Statistik

Views240 (34 Pengguna)
Sales33 (32 Pengguna)
Rating Belum Ada

Pemesanan Tiket

Acara telah usai.