• Login
  • Jejak Perjalanan Warisan Budaya Candi Borobudur

    Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang sangat populer dan budayanya masih terjaga kelestariannya hingga kini. Salah satu wisata di Indonesia yang terkenal akan warisan budayanya yaitu di Magelang. Banyak sekali warisan budaya yang tersimpan di kota ini, Seperti warisan budaya di Candi Borobudur.

    Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobodur? Candi Borobudur merupakan candi yang terkenal di Indonesia bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dan termasuk sebagai tujuh keajaiban dunia. Candi yang berdiri sejak tahun 824 M ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Yang menjadi daya tarik Candi Borobudur yaitu kemegahan dan keindahan arsitektur bangunannya. Saat kalian mengunjungi candi ini, bisa kalian jumpai bangunan yang begitu indah yang terdiri dari relief dan stupa.

    Struktur bangunan Candi Borobudur dibangun menggunakan gaya Mandala yang melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan agama Buddha. Candi ini terdiri dari tiga zona, yaitu Kamadhatu, Rapudhatu, dan Arupadhatu yang memiliki maknanya tersendiri. Zona pertama yaitu Kamadathu. Di zona ini memiliki 160 relief. Relief tersebut menggambarkan Karmawibhangga Sutra atau hukum sebab akibat. Zona kedua yaitu Rapudhatu. Zona ini terdiri dari relief batu ukiran dan rantai relung yang berisi 328 patung-patung Budha. Zona ketiga yaitu Arupadhatu. Zona ini merupakan zona lingkaran di pusat candi, di area ini tidak ada hiasan relief yang menandakan bahwa memiliki kemurnian yang tertinggi. Wah dari arsitektur bangunannya memiliki makna masing-masing.

    Candi yang memiliki luas sekitar 123×123 meter persegi ini tersimpan banyak sekali mitos yang dipercaya oleh penduduk sekitar. Salah satu mitosnya yaitu jika ada yang menyentuh stupa Candi Borobudur dipercaya semua impian akan segera terkabul. Menyentuh stupa saja memang bukan hal yang sulit, tapi banyak orang yang tidak bisa melakukannya. Wah ternyata mitosnya masih berkembang ya!.

    Lokasi Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Untuk kalian pecinta seni sastra, sejarah dan budaya Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang pas untuk kalian kunjungi. Namun di saat pandemi untuk berwisata ke Candi Borobudur cukup sulit, tetapi kalian tidak usah khawatir lagi karena DigiTiket menyediakan Virtual Tour untuk kalian yang ingin melakukan wisata perjalanan warisan budaya. Informasi lebih lanjut kunjungi web https://digitiket.com dan temukan berbagai penawaran menarik lainnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan diri kalian dan nikmati sensasi liburan secara virtual di DigiTiket.

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.