• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Luar Angkasa : Menjelajahi Planet di Tata Surya

    Hai Sobat Digi! Apa kabar nih kalian semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja yaa! Kali ini Digimin akan ajak kalian Virtual Tour Luar Angkasa untuk mempelajari planet di tata surya, yaitu ada planet dalam dan planet luar. Wow seru banget ya Sobat Digi! Yuk kita belajar bersama-sama lewat artikel Digimin berikut ini, check it out!

    Planet Dalam

    Untuk pembahasan yang pertama, Digimin akan mengulas mengenai planet dalam dulu nih. Sobat Digi tahu nggak kenapa disebut sebagai planet dalam? Nah, planet dalam adalah sekelompok planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari. Anggota planet dalam ini terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Deretan planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari ini juga disebut sebagai planet terestrial. Disebut seperti itu karena permukaan planet dalam rata-rata berbatu atau tidak mulus. Selanjutnya, Digimin akan kembali mengajak Sobat Digi untuk ikutan Virtual Tour Luar Angkasa dalam mengenal lebih jauh lagi tentang 4 jenis planet dalam.

    1| Merkurius

    (sumber : wikipedia)

    Ini dia nih planet yang bisa langsung terlihat dari bumi kita tercinta! Merkurius adalah salah satu planet yang tidak memiliki satelit dan cincin, juga bentuknya cenderung seperti bintang dengan warna abu-abu. Kemudian ada fakta unik mengenai Merkurius nih Sobat Digi, yaitu Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya dan juga memiliki waktu revolusi yang paling cepat di dalam tata surya. 

    2| Venus

    (sumber : wikipedia)

    Planet yang disebut sebagai bintang fajar atau bintang senja ini berwarna putih kekuningan dan merupakan planet paling cerah di tata surya. Dengan suhu rata-rata 462 derajat celcius, Venus ditetapkan sebagai planet dengan rata-rata suhu tertinggi. Sama dengan Merkurius, Venus juga tidak memiliki satelit dan juga cincin. Satu hal menarik yang hanya dimiliki oleh planet Venus adalah memiliki arah rotasi yang berkebalikan dari planet lainnya. 

    3| Bumi

    (sumber : wikipedia)

    Akhirnya sampai juga kita di planet tempat dimana kita berpijak ya Sobat Digi! Yap betul banget, Bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni makhluk hidup. Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan gas-gas lainnya yang mengisi bumi. Planet dengan warna biru kehijauan ini adalah planet paling padat di tata surya yang memiliki satu satelit alami bernama bulan. 

    4| Mars

    (sumber : wikipedia)

    Warna kemerah-merahan dari planet Mars, membuat planet terkecil kedua dalam tata surya ini disebut sebagai "Planet Merah". Planet Mars tidak memiliki cincin, namun ia memiliki dua satelit alami yang bernama Phobos dan Deimos. 

    Planet Luar

    Kalau tadi ada planet yang disebut sebagai planet dalam karena jaraknya yang begitu dekat dengan matahari, maka planet luar sebaliknya. Kelompok planet luar yaitu terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet luar disebut sebagai kelompok planet jovian karena ukurannya yang mirip Jupiter dan jauh lebih besar daripada kelompok planet dalam atau planet terestrial.

    1| Jupiter

    (sumber : wikipedia)

    Yuk kita kenalan lagi lebih jauh dengan planet terbesar dalam tata surya, yaitu Jupiter! Planet yang memiliki cincin dan berwarna lapis kombinasi antara oranye dan putih ini, merupakan planet dengan jumlah satelit alami terbanyak yaitu 79 satelit. Waktu rotasi planet Jupiter adalah yang paling cepat di dalam tata surya yaitu adalah 10 jam dan waktu revolusinya 11 tahun. 

    2| Saturnus

    (sumber : wikipedia)

    Sama seperti Jupiter, Saturnus juga memiliki cincin yang besar namun terbuat dari bongkahan es. Wah menarik banget ya Sobat Digi! Planet ini memiliki 62 satelit alami termasuk Titan dan Rhea, dan terdiri dari 96% gas hidrogen sebagai komponen terbesarnya. 

    3| Uranus

    (sumber : wikipedia)

    Uranus merupakan salah satu planet luar yang berwarna biru muda dengan cincin yang melinkarinya secara vertikal. Planet yang memiliki 27 satelit alami ini memiliki waktu rotasi selama 17 jam dengan waktu revolusinya 84 tahun. 

    4| Neptunus

    (sumber : wikipedia)

    Neptunus sebagai planet yang paling luar dengan jarak yang cukup jauh dari matahari, membuat planet Neptunus memiliki derajat suhu yang rendah yaitu sekitar -214 derajat celcius. Neptunus adalah planet berwarna biru dan memiliki cincin yang merupakan planet dengan waktu revolusi 165 tahun, dan waktu ini adalah waktu revolusi terlama dalam tata surya.

    Yap! Itu dia tadi ulasan mengenai planet dalam dan planet luar yang ada di tata surya kita. Masing-masing memiliki karakteristik dan juga keunikannya tersendiri ya Sobat Digi! Buat Sobat Digi yang ingin ikutan Virtual Tour Luar Angkasa, Sobat Digi sudah dapat membeli tiketnya di sini ya! Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket virtual tour lainnya melalui website resmi DigiTiket

    Leave A Comment