• Login
  • Virtual Tour

    Kuliner Legendaris Khas Kota Cirebon

    Berlibur ke suatu daerah memang kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner kota tersebut, karena setiap daerah memiliki ciri khas makanannya masing – masing yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu kota dengan berbagai kuliner menarik adalah Cirebon, pengunjung wajib mencicipi empal gentong, nasi jamblang, mie koclok, dan berbagai kuliner khas lainnya. Berikut kami rangkum beberapa kuliner legendaris khas Kota Cirebon.

    Empal Gentong Haji Apud

    (Sumber: pergidulu.com)
    (Sumber: travel.kompas.com)

    Empal gentong merupakan makanan berkuah dengan isi daging sapi yang memiliki rasa segar dan gurih. Empal Gentong Haji Apud yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon menghadirkan juga empal asem, mirip dengan empal gentong namun tidak menggunakans santan. Selain daging sapi, pengunjung juga dapat memilih isian empal gentong seperti babat, usus, dan kikil. Sembari menunggu pesanan datang, pengunjung dapat memesan tahu gejrot atau es durian yang tidak kalah lezatnya. Tahu gejrot Haji Apud memiliki cita rasa pedas bercampur bawang yang sangat menggugah selera. Es durian di tempat ini pun sangat segar dan manis, cocok untuk hidangan penutup atau hidangan cemilan sembari menunggu makanan utama datang.

    Mie Koclok Mas Edi

    (Sumber: tripadvisor.com)
    (Sumber: Penulis)

    Di Cirebon, SobatDigi dapat menjumpai banyak penjual mie koclok. Namun, salah satu rekomendasi kami yang wajib SobatDigi coba adalah Mie Koclok Mas Edi yang berlokasi di Jalan Lawanggada No. 23, Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon. Keunikan mie koclok adalah kuahnya yang kental. Mie ini dihidangkan dengan isian ayam, telur, dan kol. Kuah mie ini perpaduan dari kaldu ayam, santan, garam, dan tepung maizena sehingga memunculkan rasa yang sangat gurih. Mie ini bertambah nikmat jika ditambah sambal, namun harus berhati – hati karena sambal di Mie Koclok Mas Edi ini cukup pedas.

    Nasi Jamblang Ibu Nur

    (Sumber: infowarungnasi.blogspot.com)
    (Sumber: idntimes.com)

    Nasi Jamblang Ibu Nur berlokasi di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123. Sekilas nasi ini tampak tidak memiliki keunikan karena terbuat dari nasi putih biasa. Namun, yang menjadi nasi jamblang unik dan terkenal adalah banyaknya pilihan lauk pauk seperti sayur tahu, tempe goreng, semur telur, pepes, cumi hitam, ayam goreng, dan berbagai pilihan lauk lainnya. Jika SobatDigi berkunjung ke Nasi Jamblang Ibu Nur kami sarankan untuk memsan makanan andalan mereka dan sering diincar pengunjung seperti cumi hitam, perkedel, dan tempe goreng. Harga lauk pauknya juga sangat murah, mulai dari Rp 2.500 – Rp 30.000 per item.

    Nasi Lengko H. Barno

    (Sumber: merahputih.com)
    (Sumber: ksmtour.com)

    Nasi lengko ini bertempat di Jalan Pagongan No. 15 B, Cirebon dan sudah berdili dari 1968. Makanan ini dinamakan nasi lengko, karena “lengko” dalam bahasa Cirebon artinya langka atau tidak ada. Maksudnya lauk yang dihadirkan dalam makanan ini sangat sederhada yaitu terdiri dari nasi, tempe, tahu, tauge rebus, dan irisan mentimun yang disiram dengan bumbu kacang. Namun saat ini nasi lengko dapat dinikmati dengan sate kambing yang tentunya menambah cita rasa nasi lengko itu sendiri.

    Jadi itu adalah beberapa rekomendasi kuliner legendaris di Cirebon. Gimana nih SobatDigi, bikin ngiler banget kan? SobatDigi yang hobi kulineran dan mengunjungi tempat wisata, boleh banget nih memesan tiket di digitiket.com. Banyak pilihan destinasi wisata dan juga virtual tour loh. Tunggu apa lagi? Jangan sampai terlewat ya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.