• Login
  • Informasi

    8 Makanan Khas Swedia yang Akan Membuat Lidah dan Perut Bahagia, Wajib Coba!

    Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar negara Swedia? Alamnya yang memukau, kota-kotanya yang bersih dan teratur, salah satu negara Nordik, atau gaya hidup seimbang ala Swedia? Ya, semua itu benar, Sobat Digi. Negara yang dipimpin oleh raja Carl XVI Gustaf ini punya berbagai tempat wisata yang membuat kamu ingin berkunjung ke sana. Ketika berwisata ke Swedia, kurang lengkap rasanya bila tak mencoba makanan khas Swedia yang memiliki rasa yang lezat dan unik. Bahan yang digunakan pun segar pastinya. Nah, DigiMin punya 8 rekomendasi sajian khas Swedia yang wajib kamu jajal! Simak yuk!

    1. Pyttipanna


    Pyttipanna, makanan khas Swedia yang terbuat dari potongan kentang dan daging
    (Sumber: tiniskitchen.com)

    Kita mulai dari makanan khas Swedia yang cocok disantap untuk sarapan. Siapa yang termasuk pecinta kentang? Swedia juga punya nih sajian lezat berbahan kentang yang dipadukan dengan daging cincang, bawang bombay, potongan bakso atau sosis, telur dadar, serta acar yang memberikan sedikit rasa asam dan segar. Yaps, inilah pyttipanna. Dilansir dari BBC, Pyttipanna sendiri memiliki arti potongan kecil dalam sebuah pan. Bahan dalam santapan lezat ini dipotong kecil-kecil sebab pada dasarnya pyttipanna dibuat dari bahan sisa yang tersimpan di dalam kulkas. Bisa dibilang, pyttipanna ini merupakan hash brown versi Swedia.

    2. Halv Special


    Hot dog Swedia atau halv special (sumber: visitsweden.com)

    Swedia juga punya hot dog yang cocok disantap ketika kamu merasa lapar tetapi di jam yang sedikit nanggung, Sobat Digi. Halv special mudah deh kamu temukan. Dari kaki lima, kios, sampai restoran cepat saji punya menu ini. Hot dog ala Swedia ini berupa roti dan sosis yang biasanya ditambah pugasan (toppingmustard dan saus tomat. Sobat Digi juga boleh lho menambahkan pugasan tambahan yang tersedia, diantaranya bawang bombay panggang, salad udang, bostongurka atau kentang tumbuk. Super enak!

    3. Palt


    Pangsit ala Swedia, Palt, yang berisi potongan daging (sumber: christineabroad.com)

    Bukan hanya negara-negara di Asia saja nih yang punya resep pangsit enak. Swedia juga punya pangsit versi mereka yang berbahan dasar kentang atau gandum bernama Palt. Makanan lokal dari Piteå ini punya sejarah panjang, Sobat Digi. Adonan dibentuk seukuran bakso. Kemudian, diisi dengan daging yang menjadi favorit banyak orang. Kelezatannya nggak akan tertolak deh oleh lidah kamu. 

    Ada yang mengatakan bahwa jumlah varian palt sebanyak desa di Swedia. Ada varian unik bernama blodpalt dengan adonan yang dicampur dengan darah hewan. Banyak yang menghidangkan makanan khas Swedia ini dengan lelehan mentega, krim asam atau tawar, selai lingonberry yang punya rasa manis, dan susu atau saus béchamel. Eropa banget rasanya!

    4. Köttbullar


    Köttbullar yang bentuknya serupa dengan meatballs (sumber: hejsweden.com)

    Dari makanan pembuka dan snack, kita beralih nih ke sajian berat yang cocok dikonsumsi untuk makan siang atau makan malam. Kalau biasanya kita mengenal meatballs yang disajikan di atas spageti, maka Swedia punya bola-bola daging yang disebut köttbullar. Tekstur luarnya yang renyah dan berwarna cokelat menyelimuti bagian dalam yang lembut, ringan, dan berongga. Orang Swedia suka dengan daging yang punya lemak ekstra, jadi mereka membuat bola-bola daging ini dengan daging sapi yang dicampur dengan daging babi.

    Campuran daging ditambahkan bawang bombay sebagai penambah rasa dan tekstur, garam, merica, dan allspice. Makanan khas Swedia yang satu ini biasa dikonsumsi dengan saus lingonberry, kentang tumbuk krim serta saus yang kental. Kalau Sobat Digi ingin makan ini dengan lauk ringan, boleh juga menambahkan salad kubis merah atau mentimun. 

    5. Wallenbergare


    Wallenbergare yang merupakan salah satu makanan mewah di Swedia (sumber: flickr.com)

    Wallenbergare merupakan daging yang dibentuk seperti patty. Wallenbergare diambil dari nama Marcus Wallenberg, seorang anggota keluarga Swedia yang dikenal luas oleh masyarakat. Bentuknya mengingatkan DigiMin dengan hamburg steak. Dibuat dengan daging sapi giling yang dicampur krim dan kuning telur menjadikan rasanya unik dan lezat. Adonan daging tersebut dibalurkan tepung roti agar renyah. Seperti sajian lainnya, jangan lupakan kentang tumbuk atau rebus dan selai lingonberry. Untuk tambahan, wallenbergare cocok juga dinikmati bersama kacang hijau dan wortel yang penuh gizi.

    6. Ostkaka


    Ostkaka, kue khas Swedia dengan cita rasa keju yang lezat (sumber: alchetron.com)

    Untuk kamu yang penggemar cheese cake, harus banget untuk coba ostkaka ketika main ke Swedia. Ostkaka berasal dari dua kata, yaitu ost berarti “kue” dan kaka yang merujuk pada kata “keju” dalam bahasa Swedia. Konsistensi rasa yang kuat serta lembut, bercita rasa kental seperti krim dan aroma almon yang menggoda membuat hidangan ini cocok untuk makanan penutup kamu. Sajikan hangat dengan selai cloudberry, ceri, stroberi, atau lingonberry. Pugasan es krim, buah-buahan, dan krim kocok bisa menjadi penambah rasa pada ostkaka yang membuat lidah kamu bahagia, Sobat Digi. 

    7. Kladdkaka


    Tampilan kladdkaka yang menggugah selera (sumber: thecafesucrefarine.com)

    Susah ya untuk menolak sensasi rasa coklat yang manis dan punya rasa sedikit pahit. Coklat memang mudah diolah dan cocok dipadukan untuk berbagai macam makanan manis, khususnya kue. Kalau ke Swedia, jangan lupa ke toko kue untuk menikmati sedapnya kue coklat yang disebut kladdkaka. Sentuhan manis coklat dipadukan dengan topping selai asam manis yang tersedia dalam berbagai pilihan, seperti stroberi, blueberry, dan beri khas negara Skandinavia yaitu lingonberry. Biasanya ditambahkan juga krim kocok atau gula halus diatasnya. Sobat Digi yang sweet tooth pasti jatuh cinta dengan rasanya. 

    8. Nyponsoppa (Rosehip soup)


    Nyponsoppa, sup manis yang cocok untuk sarapan (sumber: sarabackmo.se)

    Datang ke Swedia ketika suhu di sana sedang dingin-dinginnya? Yuk hangatkan tubuhmu dengan semangkuk rosehip soup atau nyponsoppa yang manis dan harum. Yes, bunga rosehip menjadi bahan utama dalam sup ini. Bisa juga kamu jadikan dessert atau sarapan di pagi hari dengan ditambahkan biskuit almon kecil. Berdasarkan situs swedishfood.com, kamu butuh bunga rosehip kering, air, gula, sedikit vanili, tepung kentang, serpihan kacang almon, krim kocok, es krim atau crème fraîche (krim asam kental). Di Swedia, rosehip soup instan juga menjadi favorit di sana.

    Itu dia daftar makanan khas Swedia yang dapat menjadi panduan kamu ketika berlibur ke Swedia, Sobat Digi. Dari makanan pembuka, makanan utama, sampai dessert pun lengkap. Patut dicoba nih. Bisa jadi cocok dengan lidah kamu. Resep-resepnya pun bisa kamu contek di internet, jadi mencoba memasak hidangan khas Swedia di atas juga oke banget!

    Leave A Comment