• Login
  • Informasi

    5 Fakta Menarik Bungeoppang, Jajanan Kue Ikan Khas Korea

    Hai hai Sobat Digi! Siapa nih diantara Sobat Digi yang suka nonton drama korea? Biasanya di drama korea tuh nggak hanya manjain penontonnya dengan jalan ceritanya aja, tapi kadang juga terselip beberapa makanan khas dari daerah Korea Selatan. Memang hal itu disengaja untuk memperkenalkan makanan khas dari negeri ginseng tersebut. Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas Korea, kali ini Digimin akan membahas salah satu salah satunya, yaitu ada Bungeoppang! Di bawah ini Digimin akan bahas 5 fakta menarik dari jajanan tersebut. Penasaran? Yuk kita simak bersama di artikel berikut ini!

    1| Bungeoppang Adalah Kue Waffle dengan Bentuk Ikan Mas


    (sumber: welifeinkorea.blogspot.com)

    Buat Sobat Digi pecinta waffle, kalian pasti akan suka dengan Bungeoppang! Karena, sebetulnya bungeoppang ini memanglah kue waffle, namun bentuk waffle yang biasanya adalah persegi, bulat, atau segitiga. Nah, waffle ala Korea bernama bungeoppang dicetak dengan bentuk seperti ikan mas. Secara etimologi dalam bahasa Korea, "bungeo" memiliki arti ikan mas dan kata "ppang" merujuk pada roti. Itulah yang menjadi asal usul penamaan kue ikan yang satu ini. Oiya Sobat Digi, meskipun bentuknya ikan, pembuatan bungeoppang tidak ada unsur ikannya sama sekali. 

    2| Mirip Taiyaki dari Jepang


    (sumber: beanfish.net)

    Konon, Bungeoppang ini sering dianggap satu saudara dengan kuliner dari Jepang bernama taiyaki. Kue ikan bungeoppang ini pertama kali muncul di Korea sekitar tahun 1930-an. Bungeoppang dan taiyaki sebetulnya sama-sama sebuah kue yang dipanggang dalam cetakan berbentuk ikan. Bedanya, bungeoppang lebih sederhana karena isiannya hanya satu jenis yaitu kacang merah. Sedangkan taiyaki memiliki isian yang lebih padat dan beragam seperti kacang merah, cokelat, sosis, bacon, dan banyak lagi pilihan lainnya. Kalau Sobat Digi tim yang mana nih, bungeoppang atau taiyaki?

    3| Renyah di Luar, Lembut di Dalam


    (sumber: cookin.id)

    Tekstur dari kue pada umumnya adalah lembut dari luar lalu memiliki isian di dalam dengan tekstur yang lembut pula. Tapi, kue ikan yang satu ini bukan seperti kue biasanya. Ketika digigit, Sobat Digi akan merasakan kerenyahan bungeoppang, lalu saat gigitan sudah sampai ke bagian tengah, cita rasa kacang merah pada bagian dalamnya akan langsung lumer ke seluruh permukaan mulut dengan tekstur kue yang lembut. Selain kacang merah, bungeoppang juga bisa dikreasikan dengan isian berupa krim custard dan namanya akan berubah menjadi "chou-cream bungeoppang". 

    4| Jajanan Berkelas di Kedai Kaki Lima


    (sumber: lokadata.id)

    Setelah ditelusuri, ternyata kue ikan ini bukanlah makanan yang bisa dipesan di restoran lho Sobat Digi. Kalian bisa membeli bungeoppang dengan mudah dan murah di penjaja kaki lima yang ada di Korea. Bungeoppang sendiri merupakan makanan yang bisa menciptakan kelezatan berkali-kali lipat jika disantap selagi masih hangat. Oleh sebab itu, kedai yang menjual bungeoppang akan lebih laris dipadati pengunjung saat musim dingin tiba. 

    5| Cara Makan Bungeoppang Menunjukkan Karakter Seseorang


    (sumber: kompas)

    Ada cerita yang mengungkapkan bahwa cara makan bungeoppang ternyata bisa menunjukkan karakter seseorang lho Sobat Digi. Kalau memakan bagian kepala dahulu, maka memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Kemudian Sobat Digi akan dikatakan sosok yang lebih senang bekerja sendiri jika memakan bagian sirip atas terlebih dahulu. Beda lagi jika memakan bagian perut terlebih dahulu, berarti tandanya adalah sosok yang senang bergaul. Yang terakhir, kalau memakan ekor untuk gigitan pertama, berarti Sobat Digi merupakan orang yang bijaksana. 

    Yap! Itu dia fakta-fakta menarik seputar kue waffle berbentuk ikan bernama bungeoppang yang berasal dari Korea. Mulai dari filosofi namanya, teksturnya, sampai kembarannya pun sudah Digimin ulas di atas. Melihat dari bentuknya sih Digimin pengen banget buat cobain selagi masih panas, Sobat Digi gimana? Kalau suatu saat Sobat Digi akan pergi ke Korea, jangan lupa untuk mencicipi bungeoppang ya!

    Leave A Comment