• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Alas Purwo Banyuwangi

    Ketika hendak menyisir ujung timur Pulau Jawa, kalian akan menemukan bentang keindahan alam yang begitu cantiknya, dan di situlah tempat Alas Purwo berada. Taman Nasional Alas Purwo berlokasi di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, dan tepat berada di perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo. Dengan ragam flora dan fauna yang tersimpan di dalamnya, tak heran Alas Purwo ini menjadi salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.

    Disebut sebagai hutan hujan alami di Pulau Jawa, kita dapat menjumpai 580 jenis flora dan 50 jenis fauna yang tersebar di seluruh penjuru hutan. Luasnya yang mencapai 43.420 hektar, membuat Alas Purwo terbagi menjadi empat zona bagian. Ada zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. Kita dapat menjumpai berbagai tanaman yang mungkin jarang ditemui di sekitar kita seperti bumbu manggong, herba, liana, kepuh, ketapang, dan lainnya. Beberapa fauna pun turut melengkapi keindahan alam yang ada di Alas Purwo. Ada banteng (Bos javanicus), ajag (Cuon alpinus), babi hutan (Sus scrofa), macan tutul (Panthera pardus), kera abu-abu (Macaca fascicularis) dan juga biawak. Tak hanya itu, 236 ragam jenis burung darat dan air juga bisa dijumpai di Taman Nasional yang satu ini.  

    Jika ditelisik dari namanya, Alas Purwo berasal dari Bahasa Jawa. Alas yang artinya hutan dan Purwo berarti kawitan atau permulaan. Sesuai dengan namanya, Alas Purwo memang merupakan hutan tertua yang ada di Pulau Jawa. Masyarakat Banyuwangi juga meyakini bahwa Alas Purwo adalah tempat yang keramat dan angker. Mereka juga meyakini di sana ada istana jin yang merupakan tempat berkumpulnya para jin dari seluruh Pulau Jawa. Tercatat dalam sejarah, Alas Purwo adalah tempat pelarian bagi rakyat Majapahit dari penyebaran agama islam. Misteri dan hawa mistis ini masih diyakini oleh masyarakat sekitar sampai dengan saat ini. 

    Terlepas dari keangkeran yang menyelimuti sisi demi sisi di Alas Purwo, tetap tidak ada yang bisa memungkiri keindahan alamnya yang masih terjaga. Kira-kira di sana ada apa aja ya, Sobat Digi? Kali ini, DigiMin akan mengajak kalian untuk Virtual Tour Alas Purwo Banyuwangi melalui artikel ini. Yuk simak destinasi wajib yang bisa kamu singgahi ketika berkunjung ke sana!

    Savana Sadengan


    (sumber: Taman Nasional Alas Purwo)

    Salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi di Alas Purwo, nih! Setiap menyapu pandangan, hamparan rumput hijau yang cantik selalu memikat mata para pengunjungnya. Tak lupa dengan aneka satwa, pemandangan indah, dan juga birunya langit. Bisa nih untuk disebut sebagai Afrika ala Indonesia. Namun perlu dicatat, pengunjung tidak boleh sembarang memasuki area Savana Sadengan tanpa pemandu. Oleh karenanya, dibangunlah sebuah menara pandang. Menara ini terbuat dari kayu kokoh dengan 3 susunan lantai. Fungsinya untuk mengamati kehidupan satwa liar yang ada di Savana Sadengan. Seru banget ya! Bisa dapat sensasi menegangkan, tetapi tetap aman pastinya! 

    Pura Giri Selaka dan Situs Kawitan


    (sumber: Semangat Banyuwangi)

    Situs kawitan diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Sudah sejak tahun 1968, kegiatan keagamaan rutin dilaksanakan di situs ini. Menurut masyarakat setempat, kita dapat melihat beberapa gapura gaib yang merupakan gapura milik Kerajaan Majapahit. Namun jika hanya dengan mata telanjang, mata kita tidak dapat menangkap gapura gaib tersebut. Pengunjung memerlukan ritual khusus berupa meditasi selama tiga hari tiga malam tanpa makan dan minum. Waah, kalau Sobat Digi kira-kira bisa nggak nih ikutan ritual yang ada di sana?

    Sehubungan dengan ritual-ritual mistis yang ada di situs kawitan, maka dibangunlah Pura Giri Selaka. Pura ini dimanfaatkan oleh masyarakat umat hindu dalam melakukan kegiatan keagamaan. Jadi, nggak heran kan kalau situs kawitan dan Pura Giri Selaka ini terkenal sangat keramat dan bukan sembarang situs. 

    G-Land atau Pantai Plengkung


    (sumber: Agen Bromo)

    Sekarang, yuk kita bergeser ke arah pantai melihat sesuatu yang biru dan menyegarkan. Masih di kawasan yang sama, kita juga dapat menemukan salah satu pantai yang terkenal di dunia dengan sebutan "The Giant 7 Wave Wonder". Julukan tersebut diberikan oleh peselancar asing yang sempat singgah di "G-Land". Nama G-Land tidak sembarang diberikan begitu saja. Huruf G yang disematkan di dalamnya, mengandung tiga arti berbeda. Yang pertama adalah "great", mengacu pada keindahan ombaknya yang begitu besar, panjang dan juga menantang. Selanjutnya "green" karena G-Land terletak di hutan tropis Alas Purwo dengan hamparan hijau yang subur. Dan yang terakhir "grajagan", diambil dari salah satu nama teluk, yaitu Teluk Grajagan. Bisa kebayang belum nih Sobat Digi betapa eksotisnya pantai yang satu ini? Apalagi disebut sebagai surganya peselancar dunia! Wow!

    Ngagelan Penangkaran Tukik


    (sumber: kompas)

    Ini dia nih, surganya penyu di Banyuwangi! Buat Sobat Digi yang tertarik dengan penangkaran penyu, Pantai Ngagelan bisa banget untuk menjadi jawabannya. Untuk menempuh ke sana, diperlukan waktu sekitar 30 menit dari pos masuk Alas Purwo dengan berjalan kaki. Tapi, tenang aja! Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan hijau dari rimbunan pepohonan yang menjulang tinggi ke udara. Selain keindahannya, Pantai ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Alas Purwo sebagai tempat penangkaran penyu. Jadi, Sobat Digi bisa berwisata ke pantai sekaligus memanfaatkannya untuk belajar mencintai lingkungan; khususnya mengenai penangkaran penyu. Pssst! Kalau waktu berkunjungnya pas, kamu juga bisa berkesempatan melepas tukik-tukik kecil ini ke lautan lho!

    Gua


    (sumber: detik travel)

    Jalan-jalan ke Alas Purwo, rasanya tidak lengkap jika melewatkan salah satu gua yang ada di sana. Ada tiga gua terkenal yang menjadi primadona di Alas Purwo, yaitu Gua Istana, Gua Mayangkoro, dan Gua Padepokan. Sebaiknya jika ingin mengunjungi gua di Taman Nasional Alas Purwo, pilihlah Gua Istana. Karena Gua Mayangkoro dan Gua Padepokan dianggap keramat dan merupakan tempat sakral untuk bersemedi. Jadi, perlu diingat ya harus mengikuti arahan dari pemandunya!

    Jadi, gimana? Seru banget kan jalan-jalan ke Alas Purwo? Satu tempat, namun berjuta pilihan destinasi untuk disinggahi. Meskipun terdapat misteri yang menyelimuti Alas Purwo, keindahannya sangat disayangkan jika dilewatkan. 

    So, tunggu apa lagi? Yuk bersama dengan DigiTiket, ikutan Virtual Tour Alas Purwo Banyuwangi untuk merasakan sensasi eksotis alam yang dibalut misteri. Kalian bisa beli tiketnya di sini untuk bersama-sama menyusuri pesona indahnya Alas Purwo. Masih ada destinasi lainnya lagi seperti Pantai Pancur, Pantai Parang Ireng, Mangrove Trail, Ekowisata Bedul, dan juga Teluk Biru. Jangan sampai ketinggalan agenda kita untuk Virtual Tour Alas Purwo Banyuwangi yaa!

    Leave A Comment