• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour : Nikmati Pesona Indah Melalui Kain Batik Nusantara

    Halo Sobat Digi, ketemu lagi sama DigiMin di blog DigiTiket. Nah kali ini DigiMin mau bahas yang seru seru nih, yang juga nambah pengetahuan Sobat Digi semua tentang Nusantara, nah kira-kira apa yaa? Kali ini kita bakalan bahas tentang beberapa motif Kain Batik Nusantara yang pastinya bikin Sobat Digi bangga jadi orang Indonesia. Daripada lama-lama mending langsung aja baca artikel ini sampai akhir!

    Kain Batik Jogja : Motif Kawung


    Sumber : museumnusantara.com

    Buat Sobat Digi yang udah pernah ke Jogja pasti familiar dengan motif kain batik ini. Motif kain batik ini memang mudah dijumpai di Indonesia khususnya di daerah Jogja dan juga Jawa Tengah. Motif kain ini bernama Kawung. Dilansir dari wikipedia, motif ini berupa bulatan mirip dengan buah kawung atau mungkin yang biasa kita sebut buah sejenis kelapa, aren atau kolang-kaling.
    Nah motif batik ini mungkin tergolong mudah digambar dan mungkin Sobat Digi pernah jadiin motif ini sebagai tugas menggambar batik dulu pas jaman sekolah ya, haha. Motif yang tertata rapi ini secara geometris ini asli asal Jogja dan kadang dianggap juga sebagai bunga lotus dengan keempat kelopaknya, memiliki arti panjang umur dan kesucian.

    Kain Batik Banyuwangi : Motif Gajah Oling


    Sumber : satuharapan.com

    Kali ini kita pindah ke bagian ujung timur dari Pulau Jawa, yaitu daerah Banyuwangi. Banyuwangi juga daerah yang memiliki motif batik yang cukup terkenal. Salah satu Kain Batik Nusantara yang ada di Banyuwangi adalah motif Gajah Oling. 

    Dilansir dari innagroup.co.id nama Gajah Oling berasal dari kata gajah dan uling yang berarti hewan sejenis ular yang hidup di air atau biasa kita kenal belut. Itulah mengapa desain dari Kain Batik Gajah Oling dari Banyuwangi ini berbentuk seperti tanda tanya. Selain itu bentuk yang meliuk seperti tanda tanya tersebut secara filosofis juga bermakna layaknya belalai gajah.

    Kain Batik Madura : Motif Lancor


    Sumber : infobatik.com

    Kain Batik Nusantara kali ini berasal dari Madura khususnya Pamekasan. Kain batik ini bernama Kain Batik Motif Lancor. Motif ini merujuk pada sebuah menara yang terletak di Alun-Alun Pamekasan Madura. Ciri khas dan juga keunikan pada Batik Lancor ini adalah warnanya yang terkesan tajam dan juga motifnya bunga-bunga dan juga daun. Pewarnaan batik ini menggunakan remasol dan juga naptol. Remasol untuk warna kuning, merah muda, biru langit, dll sedangkan naptol untuk warna yang lebih pekat seperti merah dan biru.

    Kain Batik Pekalongan : Motif Pagi Sore


    Sumber : bahankain.com

    Kali ini DigiMin bahas Kain Batik yang berasal dari tanah sentralnya langusng, yaitu pekalongan. Salah satu batik Pekalongan ini unik dan menarik, serta banyak diminati. Nama motif batik ini adalah Motif Batik Pagi Sore. Nama kain batik ini berhubungan dengan corak yang ada dalam kain batik. Batik yang satu ini memiliki 2 motif atau corak dalam satu kain, dan keduanya bertemu pada bagian tengah kain secara diagonal atau horizontal. Hal ini yang membuat batik ini berbeda dan terasa unik bahkan menarik untuk dicoba.

    Nah itu tadi Sobat Digi informasi seputar Kain Batik Nusantara. Buat Sobat Digi yang penasaran dan pengen liat visualisasinya lebih lanjut, bisa banget ikutan Virtual Tour Kain Batik Nusantara yang diadain  sama DigiTiket, dan link bisa di akses diatas. Oh iya, kalau Sobat Digi Penasaran sama beberapa informasi menarik lainnya kunjungi website resmi DigiTiket ya!

    Leave A Comment