• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Pertempuran 10 November : Bukti Perjuangan Pahlawan

    Halo Sobat Digi, kali ini DigiMin bakal bawain info seputar virtual Tour yang bakal diadain sama DigiTiket yang bertepatan sama hari spesial nanti! kira-kira apa ya? Yup berkaitan dengan pertempuran 10 november. Jadi, DigiTiket mau ngadain virtual tour pertempuran 10 november, dimana Sobat Digi bisa ngerasain virtual tour ke tempat yang berhubungan sama peristiwa pertempuran 10 November.
    Berikut ini adalah beberapa tempat yang DigiMin ulas dan pastinya masuk dalam Virtual Tour pertempuran 10 november nanti.

    1. Hotel Majapahit, tempat ikonik tentang pertempuran 10 november

      Hotel Majapahit Surabaya (sumber : travelingyuk.com)

      Tempat ini adalah tempat yang ikonik untuk sebuah perstiwa pertempuran 10 november, karena disana lah terjadi perobekan bendera belanda menjadi bendera Indonesia. Bangunan tempat perobekaan bendera itu masih kokoh dan dapat dilihat hingga saat ini. Sampai saat ini bangunan tersebut masih dijadikan tempat untuk membuat drama teatrikal yang bertemakan perjuangan dalam pertempuran 10 november. Tempat ini terletak di Jl. Tunjungan No.65, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275.

    2. Pelabuhan Tanjung Perak

      Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (sumber : jejakpiknik.com)

      Pelabuhan ini adalah pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok. Tak hanya itu dilansir dari Pelindo pelabuhan ini lagi-lagi juga yang terbesar kedua setelah pelabuhan Tanjung Priok. Dengan letak yang berada di timur pulau jawa, yaitu Surabaya, pelabuhan ini menjadi pusat perdagangan menuju timur khususnya Jawa Timur. Tak hanya memiliki nilai ekonomis atas letaknya yang strategis dan menjadi pusat perdagangan, namun pelabuhan ini juga memiliki nilai sejarah didalamnya. Yang pada saat itu pelabuhan Tanjung Perak menjadi pemberhentian Brigjen AWS Mallaby, Brigade 49 yang membawa sekitar 4.000 personel pasukan Gurkha pada tanggal 25 Oktober. Menggunakan kapal perang Inggris HMS Wavenley, pasukan Inggris itu turun di dermaga Modderlust Surabaya. Kini, bangunan Modderlust, tempat pemantauan kapal yang keluar masuk pelabuhan kala itu sudah tak tampak lagi. Di lokasi bekas berdirinya gedung itu, hanya terdapat sebuah monumen di sana.


    3. Benteng Kedung Cowek
      Benteng Kedung Cowek (sumber : indonesia.go.id)

      virtual Tour pertempuran 10 november kali ini sampai pada benteng kedung cowek. Benteng ini adalah sebua bangunan bersejarah peninggalan Hindia Belanda. Tujuannya dibangun benteng ini adalah untuk pertahanan Belanda saat melawan Jepang pada masa perang pasifik. Belanda menyiapkan amunisinya di benteng ini. Tak hanya Belanda dan Jepang yang memiliki sejarah dari benteng ini, namun Indonesia juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan pertempuran 10 November. Saat pertempuran 10 November, benteng ini dijadikan basis pertahanan oleh Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan Sriwijaya. Mereka bertempur melawan musuh menggunakan senjata meriam yang masih tersimpan bekas peninggalan Belanda dan Jepang.

    4. Jembatan Merah

      jembatan Merah (sumber : suarasurabaya.com)

      Jembatan ini berlokasi di Jl. Kembang Jepun No.192, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161. Jembatan ini menjadi saksi bisu saat pertempuran 10 november dulu. Pertempuran yang melibatkan arek-arek Suroboyo dengan para penjajah yang ingin menguasai tanah Surabaya pada saat itu. Pada masa penjajahan, jembatan ini merupakan satu-satunya akses penghubung Kalimas dan Gedung Residensi Surabaya.

    5. Monumen Tugu Pahlawan

      Monumen Tugu Pahlawan (sumber : kompasiana.com)

      Virtual tour pertempuran 10 november yang terakhir adalah di Monumen Tugu Pahlawan. Monumen ini didirikan pada tanggal 10 November 1951 dan diresmikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden RI, Ir. Soekarno, dengan tujuan untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tak hanya itu, monumen ini juga dibangun untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 november dalam mempertahankan wilayah Indonesia khususnya Surabaya. Pada tanggal 10 November 1991 mulai dibangun Museum Sepuluh November dengan luas 1366 m2 pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan tanah di areal Kompleks Tugu Pahlawan, Jl. Pahlawan-Surabaya yang bertujuan untuk mendukung keberadaan Tugu Pahlawan serta melengkapi fasilitas sejarahnya dan diresmikan pada tanggal 19 februari 2000 oleh Presiden RI, KH. Abdul Rahman Wachid

    Itu tadi beberapa tempat yang nantinya bakal ada di event virtual tour DigiTiket. Sobat Digi jangan lupa beli tiket virtual tour pertempuran 10 november ya, karena bakal ada beberapa tempat lagi yang belum di spill disini. So tunggu apa lagi, yuk ikutan event virtual tour dari DigiTiket dan rasakan keseruan jalan-jalan secara online!

    Leave A Comment