• Login
  • Virtual Tour: Menelusuri Perjalanan Warisan Budaya Keraton Yogyakarta

    Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan budayanya. Banyak sekali warisan budaya yang tersimpan di kota ini, baik berbentuk fisik ataupun non fisik. Seperti warisan budaya di Keraton Yogyakarta. Saat memasuki tempat ini, kalian bisa melihat secara langsung berbagai situs bersejarah yang tersusun rapi di rak kaca yang tersebar di berbagai ruangan. Seperti Senjata, foto, miniatur, dan sejumlah koleksi keraton lainnya. Di sekitar area keraton juga terdapat museum batik yang menyimpan banyak sejarah.

    Keraton Yogyakarta yang masih berdiri sejak tahun 1755 ini memiliki warisan budaya berbentuk non fisik yaitu tarian adat, wayang dan tembang Jawa. Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta dapat menyaksikan pertunjukan gamelan secara langsung. Pertunjukan seni yang disediakan seperti gamelan, wayang orang, wayang golek dan seni tari. Semua pertunjukan seni di Keraton Yogyakarta tidak terlepas dari musik pengiringnya yaitu gamelan.

    Budaya keraton yang masih dilestarikan hingga saat ini yaitu Upacara Sekaten. Perayaan upacara sekaten ini untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan di Keraton Yogyakarta. Budaya lain yang masih dilestarikan yaitu upacara Tirakatan. Kegiatan ini sebagai memperingati kemerdekaan Republik Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan. Selain itu, terdapat Upacara Labuhan. Upacara ini dilaksanakan dengan maksud untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. Wah, ternyata budayanya masih sangat kental dan dilakukan hingga kini loh!. Tidak heran tempat ini menjadi objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, karena di tempat ini banyak sekali menyimpan situs benda bersejarah dan warisan budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Di tempat ini juga wisatawan dapat menyaksikan secara langsung budaya Jawa yang terus dilestarikan.

    Lokasi Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kalian berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Keraton Yogyakarta ya! Namun, di saat pandemi, berkunjung ke berbagai destinasi wisata masih belum memungkinkan. Tetapi, kalian tidak usah khawatir, karena DigiTiket menyediakan virtual tour yang bisa kalian nikmati untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang terkenal dengan warisan budayanya. Terkait harganya jelas lebih terjangkau. Karena dipandu oleh tour guide yang profesional serta host kece dari tim DigiTiket. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftar dan nikmati virtual tournya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi web https://digitiket.com.

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.