• Login
  • Perjalanan Mengelilingi Pesona Ujung Timur Pulau Jawa

    Pesona Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai keindahan wisatanya menjadi daya tarik tersendiri. Dari Sabang sampai Merauke, dari berbagai ujung Indonesia selalu memberikan kejutan bagi para pencari surga. Itulah kenapa Indonesia seringkali dijuluki dengan surganya dunia. Pulau-pulau yang membentang, hutan-hutan yang rindang, pegunungan yang menjulang memberikan sensasi wisata alam.

    Pulau Jawa memberikan keunikan tersendiri, selain jumlah penduduknya yang padat, berbagai wisata alam hidup di pulau ini. Jika kalian mengunjungi Ujung Timur Pulau Jawa, terdapat surganya dunia yang tak kalah elok dengan wisata lainnya. Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu wilayah yang sedang gencar-gencarnya menawarkan berbagai keindahan alamnya. Dijuluki sebagai “Sunrise of Java” menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Julukan tersebut sesuai dengan letak geografis Banyuwangi yang menjadi tempat pertama terbitnya matahari di Pulau Jawa. Tidak hanya itu, terdapat makna yang menjelaskan bahwa masyarakat Banyuwangi dikenal dengan etos kerja yang baik karena selalu bangun lebih pagi. Wah menarik sekali ya, kira-kira jika berkunjung ke Banyuwangi destinasi apa yang memiliki pesona terbaik ? Simak infonya yuk!

    Kawah Ijen

    Sumber. hotliputan6.com

    Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Banyuwangi. Destinasi alam ini berupa kawah yang berwana akibat adanya belerang. Terdapat api biru di sekitar kawah yang dapat kalian nikmat. Harga tiket masuk relatif terjangkau bagi wisatawan lokal, sekitar Rp. 5000-7500 dan untuk wisatan luar sekitar Rp. 150.000-200.000. Kawah itu memiliki jam operasional sekitar 00.00-12.00 siang. Lokasi kawah berada di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Akses menuju destinasi ini cukup menantang, jika kalian melakukan perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi, perjalanan darat dapat kalian lakukan hingga 15 km menuju Kecamatan Licin. Setelah itu, kalian dapat menenukan penanda arah yang menunjukkan rute Paltuding, kemudian petualang akan dimulai. Kalian diharuskan untuk melakukan pendakian. Tips untuk melakukan pendakian, pastikan kalian menggunakan pakaian yang sesuai karena kondisi dinginnya sekitar kawah.

    Pantai Pulau Merah

    Sumber. AGolf.xyz

    Pantai Pulau Merah menjadi salah satu destinasi lain yang dapat kalian kunjungi ketika berkeliling ke Ujung Timur Pulau Jawa. Warna pasir pantainya yang merah menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai destinasi untuk berselancar. Tidak hanya itu, air laut yang biru dan bersih mengundang wisatawan untuk berenang. Kalian juga dapat berkemah disekitar pantai dan memancing sambil menikmati matahari terbit dan tenggalam. Wah pemandangan yang sang indah. 

    Harga tiket masuk pantai sangat terjangkau, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8000. Lokasi pantai juga mudah diakses, berada di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran dapat ditempuh dengan jalur darat menggunakan mobil, sepeda motor atau minibus.

    Taman Nasional Alas Purwo

    Sumber. rimbakita.com

    Mendengar kata Alas Purwo cukup tidak asing ditelinga, apalagi tempat ini seringkali diidentikan dengan hal-hal mistis. Namun, taman ini menawarkan pemandangan hutan yang rindang dan wajib dikunjungi. Berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo, menjadi salah satu kawasan konservasi hutan yang dilindungi oleh pemerintah. Terdapat berbagai jenis flauran dan fauna yang hidup dalam taman ini. Ada beberapa lokasi yang menarik dikunjungi seperti Hutan Bambu, Situs Kawitan yang menawarkan sejarah Kerajaan Majapahit, Gua Istana dan beberapa pantai. 

    Akses untuk menuju taman ini dapat dari beberapa tempat, jika dari Pelabuhan Ketapang hanya perlu menempuh 5 km untuk mencapai lokasi ini. Jika kalian dari Pusat Kota Banyuwangi, perlu menempuh jarak sekitar 15 km. Transportasi menuju tempat ini hanya dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak tersedianya transportasi umum.

    Air Terjun Lider

    Sumber. Sinarharapan.co

    Air Terjun Linder menjadi destinasi alam yang wajib masuk dalam daftar list perjalanan liburan kalian. Meskipun akses menuju air terjun seringkali tidak mudah, tapi ketika sampai akan terbayarkan dengan kesegaran dan pemandangan yang ditawarkan. Derasnya air suara yang terjatuh dapat memberikan ketenangan tersendiri. Selain itu, dibeberapa bagian terdapat 4 air terjun kecil yang dapat menarik perhatian kalian. Jika beruntung, kalian dapat menemui beberapa kera, burung dan hewan yang mendiami tempat tersebut.

    Air Terjun Linder menjadi salah satu air terjun tertinggi di Banyuwangi, dengan ketinggan mencapai 60 m. Lokasinya terletak di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Jika kalian ingin mengunjungi destinasi ini wajib untuk mengetahui terlebih dahulu medan yang akan di lewati. 

    Nah, itu beberapa pesona di Ujung Timur Pulau Jawa yang dapat kalian masukan ke daftar list perjalanan. 

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.