• Login
  • Rekomendasi Tempat Outbound Asik di Pulau Jawa

    Berpetualang menjadi salah satu cara untuk menciptakan momen kesenangan tersendiri. Dengan berpetualangan dapat memacu adrenalin serta menikmati keseruan-keseruan yang ada. Mengelilingi hutan? berkemah sambil menyalakan api unggun? atau berpetualang di dunia air, seperti bermain arun jeram (rafting)? Wah tentunya ada berbagai cara nih untuk menikmati petualangan yang menyenangkan, salah satuntya dengan melakukan kegiatan outbound trip.

    Outbound sendiri menjadi kegiatan yang tidak asing didengar. Kira-kira outbound seringkali diidentikan dengan apa sih? Permainan Flying fox? Rafting ? Permainan kelompok? Rantai nama? panjat tebing? atau apa nih? Outbound pada umumnya diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan di luar atau di alam bebas. Kegiatan outbound sering dilakukan dalam berbagai kegiatan, seperti pramuka, study tour, dan kegiatan lainnya. Ada beberapa tempat yang menjadi rekomendasi  untuk melakukan outbound, yuk simak infonya!

    Bumi Perkemahan Cibubur

    Sumber. Artikelragam

    Bagi kalian pecinta pramuka tentu tidak asing dengan tempat ini. Ya, Bumi Perkemahan Cibubur menjadi salah satu tempat legendaris dalam kegiatan pramuka, bagaimana tidak? Jambore Nasional yang ditujukan bagi para pegiat pramuka terbaik se-Indonesia seringkali dilakukan ditempat ini sejak tahun 1973. Wah sudah lama sekali ya!

    Tempat ini menjadi kawasan perkemahan dan outbound yang terletak di Jakarta Timur, tepatnya di daerah Cibubur Kecamatan Ciracas.  Lokasinya mudah diakses karena hanya membutuhkan jarak tempuh 30 menit dari Jakarta Pusat. Harga tiket masuk ke kawasan ini dipatok dalam beberapa kategori, bagi kegiatan pramuka diharuskan membayar Rp. 3000, Pelajar Rp. 4000, Umum Rp. 6000, Mobil Rp. 8000, Bus/Truk 15.000, Sepeda Motor Rp. 4000. Tentunya biaya ini belum termasuk dengan biaya lain untuk menikmati berbagai fasilitas disana.

    Lokasi yang masih alami dengan hamparan lapangan rumput yang luas dan tingginya pohon-pohon menjadi pemandangan seru dalam menikmati outbound. Kalian juga bisa memesan berbagai paket outbound yang tersedia, seperti sewa tempat, peralatan camping untuk menginap disana. Tidak hanya itu, terdapat danau yang dapat kalian gunakan untuk melakukan kegiatan outbound lainnya.

    Rafting Sungai Citatih dan Citarik Sukabumi

    Sumber. jejakpiknik.com

    Bagi kalian pecinta olahraga air, rafting menjadi salah satu pilihan yang tidak boleh terlewatkan. Rafting menjadi kegiatan yang sesuai untuk menguji adrenalin kalian. Kegiatan ini dilakukan dengan mengarungi sungai atau jeram-jeram dengan menggunakan perahu, tentunya perahu yang digunakan sesuai dengan standar rafting. Kerjasama kelompok menjadi kunci utama dalam menghadapi arus sungai yang deras dan banyaknya bebatuan yang akan menghadang.  

    Ada beberapa tempat seru yang bisa dijadikan tujuan untuk melakukan rafting, salah satunya yaitu Sungai Citati dan Citarik Sukabumi. Kedua sungai tersebut sesuai bagi kalian yang ingin melakukan outbound disana. Diantara dua sungai tersebut, Sungai Citarik lebih dikenal banyak orang, karena pernah menjadi lokasi lomba rafting kelas dunia yang dikenal dengan “World Rafting Championship” pada tahun 2015. Wah terpilihnya lokasi tersebut menunjukan, bahwa Sungai Citarik memperoleh pengakuan internasional. Sungai Citatih juga tidak kalah seru dengan Citarik. Arusnya yang dikenal liar dapat menantang kalian untuk melakukan rafting bersama teman, keluarga atau rekan-rekan kerja.

    Kedua sungai tersebut memiliki standarisasi rafting yang baik. Jadi aman buat kalian yang pemula untuk menikmati derasnya arus sungai. Biaya rafting yang harus kalian keluarkan juga cukup terjangkau sekitar Rp. 200.000-400.000 tergantung jarak yang akan dituju. Selain itu, ada beberapa paket yang tersedia bagi kalian yang ingin menginap dikawasan tersebut. Wah menarik yaa!

    Flying Fox di Pantai Taman Pacitan

    Sumber. Dolanbae

    Flying fox menjadi kegiatan outbound yang seringkali dilakukan. Flying fox sendiri merupakan kegiatan yang dimana badan kalian akan digantung menggunakan zipline sejenis katrol dan menuruni ketinggian. Selain menguji adrenalin diatas ketinggian, kegiatan ini juga memberikan pemandangan yang menarik. Kira-kira apa yang kalian bayangkan jika menaiki flying fox tertinggi di Indonesia?

    Pantai Taman Pacitan menjadi lokasi dari flying fox tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 74 m dengan panjang 415m. Kalian akan diajak bergelantung dengan kecepatan 50km/jam dan waktu tempuh sekitar 30 detik. Deburan ombak dan hamparan pasir akan menjadi pemandangan pantai yang indah. Wah sensasinya akan sangat luar biasa. Harga untuk menikmati fasilitas ini sangat terjangkau sekitar Rp. 30.000. 

    Flying Fox Cicalengka Dreamland Bandung

    Sumber. travel.tibunnews.com

    Bandung menjadi kawasan yang memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, sejarah, olahraga dan berbagai wisata lainnya dapat ditemui. Suasananya yang sejuk menjadikan Bandung sebagai tempat untuk melepaskan pikiran setelah melewati masa penat karena kesibukan kerja maupun sekolah. Bagi pencinta kegiatan adrenalin, flying fox menjadi salah satu kegiatan untuk melepaskan penat. Berteriak diatas ketinggian dan panjangnya katrol tali sangat sesuai untuk meluapkan rasa lelah. 

    Flying fox Cicalengka Dreamland memiliki panjang lintas sekitar 700 meter, yang menjadikan salah satu flying fox tertinggi di Indonesia. Harga tiket yang perlu dikeluarkan sebesar Rp. 85.000 akan terbayarkan dengan sensasi terbang sepanjang lintasan dengan disuguhkan pemandangan alami berbagai pepohonan hijau yang memanjakan mata. Harga tersebut termasuk transportasi untuk menuju tempat flying fox. Tidak hanya flying fox, jika kalian berkunjung ke Cicalengka Dreamland berbagai fasilitas outbound dapat kalian nikmati, seperti berkuda, memanah dan berbagai spot foto yang bisa kalian abadikan melalui potret kamera.

    Paintball di Puncak Bogor

    Sumber. Pinterest

    Paintball menjadi salah satu kegiatan outbound yang digandrungi oleh kaum muda-mudai. Kegiatan ini sangat menarik dilakukan, setiap orang atau kelompok akan saling bertanding seperti simulasi perang. Tiap orang akan menggunakan seragam seperti tentara dengan dilengkapi berbagai senjata seperti tembak. Tenang, tembak yang disediakan tidak terbuat dari peluru asli melainkan dari kapsul gelatin. Bagi target yang tertembak dia akan dinyatakan kalah. 

    Paintball Puncak menjadi salah satu lokasi yang dapat kalian kunjungi. Suasana alam yang asri akan menjadi teman dalam permainan ini. Kalian juga dapat bersembungi dari musuh diberbagai tempat yang telah disediakan. Biaya yang harus kalian keluarkan untuk menikmati permainan ini Rp.100.000-120.000/ pax. Dengan permainan ini kalian akan diajarkan banyak hal seperti kerjasama tim, strategi, kepemimpinan dan komunikasi.

    Wah itu beberapa rekomendasi tempat outbound yang bisa kalian kunjungi. Kira-kira adakah diantara rekomendasi tersebut yang sudah kalian kunjugi? coba tinggalkan jejak komentar dan ceritakan keseruannya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.