• Login
  • Virtual Tour: Mengulik Keunikan Desa Adat Kete Kesu di Toraja

    Desa Kete Kesu menjadi salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi di saat liburan loh! kira-kira apa yang terlintas di kepala kalian ketika mendengar Toraja? Budayanya yang kental? Rumah dengan atap berbentuk Trapesium atau ada yang lain? Nah, Desa Kete Kesu menjadi salah satu wisata desa budaya atau adat yang memiliki keunikan tersendiri. Secara geografis terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja, untuk mencapai desa ini kalian kalian bisa melalui rute darat dari pusat Kota Makasar selama 11 jam. Wah cukup lama ya? apalagi kondisi saat ini yang masih pandemi. Penyebaran virus yang cukup pesat dan bertambahnya jumlah korban membatasi ruang gerak, terutama bagi kalian yang pecinta traveling. Tapi tenang, Digitiket.com punya solusi buat kalian nih! Virtual Tour (VT) menjadi salah satu cara buat kalian untuk menikmati Desa Kete Kesu, tak perlu melakukan perjalanan selama 11 jam dan tentunya hemat biaya loh! VT ini juga bisa kalian nikmati bersama keluarga, teman bahkan rekan kerja. Dipandu oleh host dan tentunya ada guide wisata yang akan memberikan informasi terkait wisata ini. Wah seperti apa ya gambaran tentang desa ini? yuk simak infonya!

    Suasana tradisional yang kental akan kalian rasakan ketika memasuki kawasan desa ini. Bangunan atap rumah yang berbentuk seperti Trapesium atau perahu menjadi ciri khas pemandangan yang akan kalian lihat. Menariknya lagi, dari bangunan rumah yang dihuni oleh Suku Toraja ini terdapat pintu yang menghadap keatas dan bangunan tersebut dikenal dengan Tongkonan. Menurut kepercayaan yang ada, Tongkonan harus dibuat menghadap utara. Kepercayaan tersebut dikarenakan, Suku Toraja meyakini bahwa keberadaan leluhur mereka berasal dari utara. Pembangunan Tongkonan juga tidak menggunakan paku yang pada umumnya dilakukan, bagian bawahnya seperti panggung yang memiliki kolong untuk digunakan memelihara hewan ternak. Di bagian lain bangunan akan digunakan untuk menyimpan jasad keluarga yang telah meninggal. Wah, terasa sekali bagaimana adat mereka yang masih lestari.

    Tidak hanya itu loh! desa ini juga menawarkan berbagai pemandangan lainnya, yaitu banyaknya peninggalan purbakala yang dapat memberikan pengetahuan kepada kalian bagaimana kondisi adat Suku Toraja dahulu kala. Berbagai makam kuno akan kalian temui, wah suasana akan terasa semakin mistis. Jika kalian beruntung, kalian dapat menyaksikan upacara adat kematian yang dilakukan oleh Suku Toraja. Ada juga kuburan batu yang diprediksi berumur selama ratusan tahun. Wah menarik ya, budaya yang kental bisa jadi pengetahuan baru loh!

    Apa kalian tertarik untuk mengunjungi desa ini? kalian bisa menghubungi Digitiket.com untuk melakukan pendaftaran, atau kalian punya rekomendasi desa budaya lain? Tenang tidak hanya Desa Kete Kesu, akan banyak desa budaya lainnya yang bisa kalian nikmati melalui VT yang diadakan Digitiket.com. Tunggu apalagi, kunjungi instagram Digitiket kami dan dapatkan berbagai informasi terbar terkait VT desa budaya.

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.