• Login
  • Virtual Tour Tenun di Labuan Bajo

    DigiTiket.com – Masuk ke dalam destinasi wisata superprioritas Indonesia membuat Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) nampaknya semakin diminati oleh wisatawan. Mulai dari bentangan alamnya nan memesona, wisata kuliner yang menggoyang lidah, hingga kebudayaannya yang begitu kaya.


    Kali ini kita akan mengeksplorasi salah satu bentuk kebudayaan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yaitu tenunannya. Tidak usah bingung karena telah Virtual Tour Tenun di Labuan Bajo yang diselenggarakan oleh DigiTiket untuk membawamu lebih mengenali salah satu kebudayaan di Labuan Bajo ini. So, don’t miss it.


    Hasil tenunan oleh pengrajin di Labuan Bajo selalu menjadi perhatian dan sering digunakan oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Mungkin kamu sering melihat foto teman-temanmu yang datang ke Labuan Bajo dan kain tenun ini kerap kali ini digunakannya saat berfoto. Oleh karena itu, mari kita mengenali lebih dalam tenunan dari Labuan Bajo ini.


    Forlavivian Centra Tenun Ikat


    Salah satu tempat yang bisa kita kunjungi melihat kain tenun ini adalah Forlavivian Centra Tenun Ikat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Di sini pengunjung bisa menemukan berbagai kain tenun khas NTT. Tempat ini berlokasi di Wae Kesambi di deket Gereja Wea Kesambi. Tenun ikat yang terpajang di sini adalah hasil penenun-penenun lokal.



    Produk-produk tenun dari Forlavivian Centra Tenun Ikat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (© Instagram.com/forlavivianartshop).

    Ada beberapa produk tenun ikat yang sering menjadi favorit bagi pengunjung, seperti selendang biasa, selendang selimut, kain, dan sarung. Presiden Joko Widodo sendiri pernah menggunakan kain tenun tradisional Manggarai dan topi songke dari centra tenun ini.


    Rumah Tenun Baku Peduli


    Tempat tenun yang satu ini beralamat di Jl. Trans Flores KM 10 Watu Langkas Nggorang, Komodo, Labuan Bajo, Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Rumah tenun ini berfokus untuk melestarikan budaya tenun, pusat pengetahuan dan informasi, serta sebagai sumber penghasilan dari pengrajin tenun lokal setempat.



    Salah satu pengrajin tenun lokal di Rumah Tenun Baku Peduli (© Instagram.com/rumahtenunbakupeduli).

    Di sini terdapat aneka jenis tenun NTT dari 17 wilayah yang berbeda. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat langsung alat-alat tenun yang digunakan selama penenunan berlangsung. Saat penenunan pengrajin di rumah ini menggunakan bahan pewarna alami karena ramah lingkungan; dalam artian menjaga alam Manggarai.


    Referensi


    https://voxntt.com/2020/03/30/kemolekan-kain-di-forlavivian-centra-tenun-ikat-labuan-bajo/60546/

    https://nationalgeographic.grid.id/read/132242116/ney-dinan-jangan-sebut-tenun-manggarai-sebagai-tenun-labuan-bajo?page=all

    Gimana, sobat sudah dapat gambaran bukan mengenai tenun di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat? Jika kamu berkunjung ke sini jangan lupa singgah ya untuk membeli kain tenun dari pengrajin lokal. Oh ya, buat mengetahui lebih banyak tentang tenunan ini kamu bisa gabung di Virtual Tour Tenun di Labuan Bajo dari DigiTiket, ya. See you!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.