• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Borobudur (Desa Wisata)

    Virtual Tour Borobudur (Desa Wisata) Kawasan Borobudur selalu menjadi primadona bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ciri khasnya yang identik dengan wisata sejarah dan budaya senantiasa membuat wisatawan yang datang ingin berkunjung lagi dan lagi. 

    Nah, kali kita tidak akan membahas kemegahan Candi Borobudur, tetapi kita akan bergeser sedikit ke desa wisata yang masih berada di kawasan ini. Oleh karena itu, bagi Sobat Digi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang desa wisata di kawasan Candi Borobudur bisa banget mengikuti Virtual Tour Borobudur yang diadakan oleh DigiTiket.

    Sebelum masuk lebih dalam, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan istilahdesa wisata itu sendiri. Menurut Wiendu (1993), desa wisata merupakan suatu bentuk interaksi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. 

    Kira-kira ada empat kata kunci nih Sobat Digi dalam desa wisata, yakni terdapat atraksi, akomodasi, fasilitas, dan tata cara atau tradisi. Gimana udah paham, belum? Desa wisata biasanya berdekatan dengan objek wisata lain yang lebih luas. Di sini sudah jelas, ya, ada Candi Borobudur sebagai patokannya. Selain itu, umumnya suasana di lingkungan desa wisata masih asri dan menyegarkan. Karena sudah paham, ayo simak beberapa desa wisata yang berada di sekitar kawasan Candi Borobudur.

    Desa Wisata Candirejo

    Desa ini terletak kira-kira empat kilometer di sebelah timur Candi Borobudur, lebih tepatnya di Jl. Raya Candirejo, Sangen, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Kata ‘Candirejo’ berasal dari dua kata, yaitu Candi dan Rejo. Artinya, tanah bebatuan yang tetap subur. Di sini pengunjung akan diajak menyelami kekentalan dan atraksi budaya Jawa. Wisatawan dapat berjalan kaki atau menaiki kereta kuda (andong) untuk mengelilingi desa wisata yang unik ini.

    Salah satu kegiatan yang membuat wisatawan tertarik, yakni Upacara Adat Nyadran. Upacara ini merupakan tradisi yang biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadan tiba. Masyarakat akan bergotong royong membersihkan pemakaman dengan cara yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. 

    Desa Wanurejo

    Desa Wanurejo merupakan desa wisata terdekat dengan Candi Borobudur, sekitar 600 meter. Lokasinya yang berada di sekitar pematang sawah nan hijau membuat jiwa raga pengunjung akan sehat dan segar. 

    Wisatawan akan disajikan dengan berbagai keindahan dan keunikan budaya Jawa. MulaI dari kuliner, kerajinan, hingga tradisi turun-temurun. Aneka ragam makanan tradisional, seperti nagasari, kue clorot, dan jenangsirat akan memanjakan lidah pengunjung yang menyantap hidangan ini. 

    Desa Tanjungsari

    Salah satu keunikan yang akan dijumpai pengunjung ketika bertandang ke desa wisata ini adalah peternakan lebah madunya. Yap, di desa ini kamu akan diajak merasakan sensasi untuk mengambil madu, beternak lebah madu, dan memperoleh pengetahuan penting tentang madu. Jarak tempat ini kurang lebih tiga kilometer dari Candi Borobudur. Jadi, jangan lupa untuk singgah, ya

    Desa Bumiharjo

    Desa wisata yang satu ini akan mengajak pengunjung mengenang kembali masa-masa kecil mereka lewat aneka permainan tradisional. Mulai dari sunda manda, congklak, engklek, hingga gobak sodor. Bukan hanya wisata hiburan semata, tetapi juga pelajaran yang didapat tentang permainan tersebut. Hitung-hitung kita ikut melestarikan permainan tradisional ya,sob! Tidak usah bingung menemukan desa ini karena jaraknya kira-kira 2 km dari Candi Borobudur. 

    Desa Kebonsari

    Suasana perdesaan yang menyatu dengan alam membuat desa wisata yang satu ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Hampir seluruh penduduk di sini berprofesi sebagai pengrajin bambu. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa belajar membuat kerajinan bambu langsung dari pengrajin. Wah, keren banget nih. Oh ya, jangan lupa membawa pulang cendera mata yang dijual di sini ya. 

    Referensi

    Gimana Sobat Digi sudah punya bayangan belum mengenai desa wisata di sekitar kawasan Candi Borobudur? Nah, supaya lebih jelas lagi kamu bisa ikut Virtual Tour Borobudur yang diadakan oleh DigiTiket. Acaranya sendiri akan dipandu langsung oleh pemandu tour Borobudur. Sampai jumpa. 

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.