• Login
  • Wisata Kerajinan Khas Bali

    Dalam artikel sebelumnya, kami membahas beberapa destinasi wisata kerajinan Indonesia yang terdapat di Pulau Jawa seperti: wisata kerajinan batik di Solo, kerajinan wayang di Yogyakarta, dan kerajinan keramik di Klaten. Kali ini, kami akan membahas wisata kerajinan yang terdapat di Pulau Bali. Seperti yang kita ketahui, Bali sangat terkenal dengan pariwisata pantai dan berbagai wisata alam yang sangat memikat. Bali juga terkenal dengan warisan budaya, kesenian, dan kerajinan yang khas. Hal tersebut tentunya dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Bali. Berikut kami rangkum beberapa wisata kerajinan khas Bali.

    Desa Celuk – Kerajinan Emas dan Perak

    (Sumber: liputan6.com)

    Desa Celuk Gianyar terkenal sebagai desa pengrajin emas dan perak sejak tahun 1976. Masyarakat yang bertempat tinggal di desa tersebut mayoritas berprofesi sebagai pengrajin emas dan perak, sehingga mutu dan kualitas produk kerajinan terjamin. Desa Celuk ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli perhiasan dan pajangan khas Bali. Di sini wisatawan pun dapat melihat atau ikut serta dalam proses pembuatannya.

    Desa Batuan – Kesenian Lukisan

    (Sumber: aswindrajaya.com)

    Karya seni lukis berkembang di Desa Batuan, Gianyar sejak 1930-an. Lukisan yang dibuat oleh sneiman Desa Batuan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu mengandung filosifi dan biasanya mengangkat cerita rakyat Bali seperti Calon Arang, Rajapala, dan Tantri. Pembuatannya pun masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan 6 tahap: nyeket (membuat sketsa), nyawi (memperjelas sketsa), nyigar (memperkuat warna hitam dan putih), membuat motif, ngarsir (mempertegas atau meredupkan gambar), dan yang terakhir pemberian warna. Karena banyaknya minat dari wisatawan, dibangunlah Museum Seni Batuan yang didirikan oleh I Dewa Gede Sahadewa. Dalam museum ini dipamerkan kurang lebih 800 lukisan khas Batuan.

    Desa Mas – Seni Ukir Patung

    (Sumber: ihategreenjello.com)

    Desa Mas memiliki seni ukir patung yang bercirikan humanisme dan naturalisme. Patung berbentuk menusia, hewan, dan arca banyak ditemui di sini. Desa Mas menjadi surga bagi para pecinta patung karena di sini pengunjung dapat menemui berbagai pengrajin patung dengan harga beragam dan dengan kualitas patung yang baik.

    Jadi, itulah beberapa tempat wisata kerajinan Bali yang dapat SobatDigi kunjungi. Jika berkunjung ke Bali, SobatDigi dapat memesan tiket di web digitiket.com. Di sini kami menyediakan berbagai tiket wisata dan tour bali yang pastinya ramah dikantong. Yuk kepoin webnya untuk berbagai penawaran menarik lainnya. Jangan sampai ketinggalan ya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.