• Login
  • Virtual Tour: Wisata Kerajinan Indonesia

    Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun terkenal pula dengan kerajinan tangan yang sangat beragam. Kerajinan menjadi mata pencaharian tersendiri bagi masyarakat desa. Dan tak jarang pula keunikan kerajinan menjadi daya tarik bagi penikmatnya dan berpotensi besar menjadi destinasi wisata. Dalam Virtual Tour ini, DigiTiket mengangkat tema Wisata Kerajinan Indonesia. Dengan dipandu oleh tour guide, SobatDigi dapat berkeliling melihat berbagai Wisata Kerajinan Indonesia secara online. Berikut kami rangkum beberapa destinasi wisata kerajinan yang dapat dikunjungi.

    Kerajinan Batik

    (Sumber: bisniswisata.co.id)

    Kampung Batik Laweyan menjadi kawasan sentra batik di Solo sejak zaman Kerajaan Pajang di tahun 1546. Di sini terdapat kurang lebih 70 toko yang menjajakan batik dengan berbagai motif. Tak hanya berbelanja, pengunjung dapat mempelajari sejarah, mengikuti pelatihan singkat mengenai  usaha kerajinan batik, dan belajar cara membatik.

    Kerajinan Wayang

    (Sumber: tatahsungging)

    Desa Wayang Pucung merupakan daerah wisata kerajinan wayang yang terletak di Bantul Yogyakarta, masyarakat desa ini terkenal dengan keahliannya membuat wayang yang telah ada sekitar tahun 1930an. Maka dari itu desa ini dinobatkan sebagai Sentra Kerajinan Wayang Kulit oleh Pemerintah. Di Desa Wayang Pucung, pengunjung dapat belajar berbagai jenis wayang serta mempelajari cara membuat Wayang Sungging mulai dari bahan baku hingga hasil akhirnya.

    Kerajinan Keramik

    (Sumber: okierfa.wordpress)

    Wisata kerajinan keramik dapat kita temui di Kecamatan Bayat, Klaten. Beragam kerajinan keramik mulai dari guci bermotif, tungku memasak, hingga peralatan masak – masakan anak dapat kita temui di sini. Hal yang menarik, desa Bayat ramai dikunjungi bukan hanya karena kerajinan keramiknya, namun di desa ini juga terdapat makam Sunan Pandanaran yang sangat ramai dikunjungi masyarakat.

    Nah jadi itulah gambaran singkat dari destinasi Wisata Kerajinan Indonesia dalam Virtual Tour yang diadakan DigiTiket. Jangan khawatir, masih banyak loh tema Virtual Tour yang dapat dibawakan. Untuk informasi selengkapnya kamu dapat mengunjungi website DigiTiket.com. Jangan sampai ketinggalan ya!

    Leave A Comment