• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Karimunjawa

    Halo, SobatDigi! Tidak terasa, sebentar lagi kita akan sampai di penghujung tahun 2020. Setiap tahun, tradisi berlibur pada penghujung tahun adalah hal yang dinanti-nantikan banyak orang. Tak terkecuali tahun ini dong. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata yang selalu menjadi incaran wisatawan, baik domestik maupun internasional. Penasaran? Langsung kita bahas, yuk!

    Destinasi wisata kali ini adalah Kepulauan Karimunjawa. Terletak di Laut Jawa, tepatnya di Kabupaten Jepara Jawa Tengah, Karimunjawa telah berkembang menjadi wisata Taman Laut yang digemari wisatawan. Kepulauan ini memiliki luas daratan kurang lebih 1500 hektar, dan luas perairannya mencapai 110.000 hektar, lho. Tidak heran, kepulauan ini menjadi rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut. Beberapa fauna langka pun berhabibat di kepulauan ini, seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Selain itu, kepuauan ini juga memiliki tumbuhan khas, yaitu dewadaru, yang terdapat pada hutan hujan daratan rendah.

    Secara keseluruhan, kepulauan ini memiliki 27 pulau, dan hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk Karimunjawa. Jika kalian ingin berkunjung ke Karimunjawa, kalian dapat menggunakan dua akomodasi, yaitu kapal yang berangkat dari Semarang dan Jepara, atau pesawat yang berangkat dari Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru, Pulau Kemujan. Sesampainya kalian disini, kalian dapat menikmati berbagai wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, hingga religi. Nah, penasaran tempat apa saja yang dapat kalian kunjungi ketika mengunjungi Karimunjawa? Kita bahas di bawah ya!

    • Pantai Legon Lele
    (Source: pantainesia.com)

    Pantai di Karimunjawa adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun. Salah satu pantai yang cocok dijadikan tempat singgah adalah Pantai Legon Lele ini. Disini, kalian akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Jika kalian datang pagi, pemandangan sunrise yang muncul perlahan dari lautan juga dapat kalian nikmati di pulau ini. Cocok banget untuk bersantai dan healing, ya!

    • Bukit Joko Tuwo
    (Source: indonesiakaya.com)

    Bukit ini adalah bukit yang cukup istimewa. Disini, terdapat tiga hal istimewa. Pertama, kalian akan dapat menyaksikan sebuah kerangka mamalia raksasa yang kerap disebut orang dengan ikan paus. Kedua, terdapat juga sebuah tasbih raksasa yang terbuat dari batuan andesit yang dapat kalian saksikan. Terakhir, ada pertunjukan mengenai senandung senja, yaitu pertunjukan tentang matahari yang perlahan menenggelamkan diri ke batas cakrawala. Keren banget!

    • Bukit Love Karimunjawa
    (Source: rumahumkm.net)

    Setelah mengunjungi Bukit Joko Tuwo, kalian dapat melanjutkan perjalan ke Bukit Love karena letaknya yang berdekatan, masih satu punggung. Jika kalian ingin mengabadikan momen liburan ke Karimunjawa, tempat ini cocok banget nih untuk kalian. Ada beberapa ikon yang dapat dijadikan spot foto. Pertama, ada ikon ikan kakak tua berwarna hijau, yang melambangkan menu favorit wisatawan ketika bebakaran makan siang di pulau. Kedua, ada tulisan karimunjawa yang cukup besar dengan latar laut yang indah. Selanjutnya, ada ikon love yang sesuai dengan nama Bukit Love ini. Terakhir, ada instalasai berbentuk sarang burung yang cocok untuk berfoto ria. Jika tidak ingin berfoto, kalian juga dapat bersantai di sore hari sambal menunggu sunset dengan pemandangan pemukiman penduduk dan hilir mudik kapal di Karimunjawa

    • Tracking Mangrove di Pulau Kemujan
    (Source: Paket Wisata Karimunjawa)

    Kurang lengkap nih rasanya kalau ke Karimunjawa namun tidak merasakan tracking mangrove-nya. Di Pulau Kemujan, kalian dapat melakukan tracking di hutan mangrove Karimunjawa. Tenang saja, jangan takut tersesat ya! Disini sudah disediakan fasilitas seperti jalanan yang terbuat yang dari kayu, pos penjagaan, papan, serta pusat informasi tentang satwa dan fauna. Uniknya lagi, ada sebuah fasilitas yang dinamakan gardu pandang. Gardu pandang ini dibuat cukup tinggi sehingga kalian dapat melihat hamparan pohon mangrove, bukit, serta lautan di Karimunjawa. Asik banget deh!

    Itu tadi adalah sedikit dari wisata di Karimunjawa. Sebenarnya, masih ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi. Mulai dari kampung bugis, bako lolo, pantai annora, hingga makam Sunan Nyamplungan. Gimana? Pastinya sudah tidak sabar ya untuk merencanakan kegiatan liburan di Karimunjawa ini. Mulai dari itinerary, tempat menginap, hingga akomodasi, semuanya harus direncanakan. Sayangnya,  kondisi sekarang yaitu COVID-19 membuat belum cukup kondusif untuk kita bisa bepergian kemana-mana. Tapi tenang aja! DigiTiket kini menghadirkan paket Virtual Tour Karimunjawa  nih. Di Virtual Tour kali ini, kalian akan dipandu oleh guide yang berpengalaman untuk mengunjungi berbagai wisata yang ditawarkan di Karimunjawa. Pas banget untuk mengisi liburan kalian di tengah pandemi dan menghapus kerinduan akan jalan jalan nih . Tunggu apalagi, daftar disini yuk! Atau jika ingin tahu info lain mengenai virtual tour DigiTIket, kunjungi link ini ya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.