• Login
  • Destinasi

    Liburan Low Budget dan Memorable Bersama Keluarga di Danau Kerinci

    Liburan bersama keluarga tentunya adalah sebuah keinginan setiap orang. Hal ini merupakan sesuatu yang berharga dan memorable. Namun, pilihan destinasi yang membutuhkan banyak biaya menjadi hambatannya. Lalu, dimana sih destinasi yang terjangkau tapi meorable?


    Danau Kerinci memang jarang diketahui orang, namun objek wisata ini memiliki keindahannya tersendiri. Bagaimana tidak? Pemandangan yang memanjakan mata, cuaca yang adem, dan fasilitas lainnya membuat betah untuk berada disini.


    Pesona Danau Kerinci


    Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci. Selain menjadi tempat wisata danau ini juga memiliki peran penting untuk mengairi sawah dan juga menjadi sumber air minum masyarakat setempat. Menawarkan panorama berupa pegunungan dan deretan perbukitan disekitarnya.


    Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Kerinci. Danau ini memiliki luas wilayah 5000 meter persegi dengan memiliki ketinggian 783 meter di atas permukaan laut.

    Menelusuri keindahan alam Kerinci selalu menghadirkan pengalaman seru dan menarik. Danau Kerinci merupakan salah satunya, tak lengkap rasanya jika sedang berada di Kerinci namun tak berkunjung ke danau ini.

    Danau ini telah menjadi salah satu ikon pariwsata Kerinci. Pengunjung akan dibuat betah berlama-lama di danau ini, dengan berbagai sajian panorama alam nan menawan. Gerombolan burung belibis yang terkadang menampakkan wujudnya, menjadi fenomena unik yang jarang didapatkan. 

    Jernihnya air yang memenuhi danau digunakan sebagai sumber air minum bagi masyarakat setempat. Selain itu, banyak pula warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Demi menjaga kelestarian danau, masyarakat pun mencari ikan dengan peralatan tradisional ramah lingkungan. Uniknya para nelayan mencari ikan pada malam hari, dan tanpa alat bantu pernafasan.

    Berbagai jenis ikan konsumsi diketahui memang hidup di danau, salah satunya adalah ikan semah. Bagi wisatawan yang gemar memancing pun dapat memuaskan hobinya disini. Menurut informasi, setiap tahunnya ikan yang dihasilkan dari danau bisa mencapai 700 ton. Jumlah ini dapat mencukupi kebutuhan Kabupaten Kerinci dan daerah sekitarnya.

    Ketika berada di danau wisatawan bisa piknik bersama keluarga, bermain air ataupun berkeliling dengan menyewa perahu motor. Hamparan air jernih, berpadu langit biru dan megahnya gunung seakan menciptakan komposisi panorama alam memukau.

    Setiap tahunnya, di sekitar danau diselenggarakan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci yang telah berlangsung sejak tahun 1999. Kegiatan ini menyajikan berbagai macam pertunjukan kesenian dan budaya daerah. Festival ini juga memamerkan aneka kerajinan tangan dan berbagai kuliner tradisional Jambi.

    Fasilitas di Danau Kerinci

    Fasilitas yang terdapat di danau ini dapat dikatakan cukup lengkap. Pengunjung bisa menemukan aneka fasilitas layaknya toilet, tempat parkir yang luas, serta mushola dan masjid. Di tepi danau juga tersedia gazebo-gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan. Selain itu, pengunjung juga disediakan perahu-perahu motor apabila ingin berkeliling danau.

    Tak lengkap rasanya berwisata di danau, tetapi tak mencicipi aneka kuliner khas Kerinci. Disekitar danau pun wisatawan bisa menemukan berbagai makanan nan menggugah selera. Salah satu kuliner favorit di tempat ini adalah Gulai Ikan Semah yang terkenal lezat. Sambil mengisi perut, wisatawan akan ditemani dengan pemandangan danau yang indah.

    Di Kabupaten Kerinci terdapat beberapa hotel yang bisa digunakan menginap. Selain hotel, tersedia pula pilihan homestay yang jauh lebih murah biaya sewanya. Selain di Kerinci, wisatawan juga bisa menemukan hotel di Kota Sungai Penuh.

    Danau Kerinci dapat menjadi objek wisata yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Berikut adalah macam-macam kegiatan yang bisa pengunjung lakukan ketika berwisata di danau.

    Menikmati Panorama Alam

    Danau yang menjadi salah satu wisata andalan di Kerinci ini menawarkan pemandangan yang tak kalah menawan dengan danau-danau di daerah lainnya. Disini kamu bisa menikmati panorama alam berupa pegunungan nan megah, perbukitan, dan hamparan air danau yang membentang luas. Kamu bisa bersantai di gazebo-gazebo sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

    Jika kamu masih belum puas, kamu bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu motor. Berkeliling dengan perahu motor pun memberikan pengalaman berbeda dan cukup mengasyikkan. Disini kamu juga bisa memancing, berenang dan bermain air di tepian danau. Jernih dan segarnya air danau seolah akan melepas rasa lelah yang hinggap ditubuh.

    Camping

    Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk bercamping bagi wisatawan. Kamu pun bisa melakukannya, bawalah tenda sendiri karena masih belum ada persewaan tenda disekitar danau. Kamu pun bisa mengajak beberapa teman dekat atau keluarga agar camping semakin seru dan ramai.

    Saat kamu camping, kamu pun akan disajikan sisi lain dari keindahan danau. Kamu akan menjumpai fenomena unik, yaitu para nelayan yang tengah mencari ikan didanau. Kamu pun bisa membuat api unggun, untuk mengobati rasa dingin yang semakin malam kian terasa. Malam pun terasa semakin indah, jika kamu bernyanyi bersama teman dengan iringan gitar.

    Hunting Foto

    Panorama alam di danau ini pun bisa kamu jadikan sebagai objek memotret, jika kamu hobi fotografi. Kamu pun bisa berfoto, dengan memanfaatkan panorama pegunungan sebagai background. Pesona alam yang dimiliki danau pun sangat cocok untuk lokasi pemotretan foto prewedding.

    Ingin berkunjung ke objek wisata Danau Kerinci? Langsung pesan tiketnya di Digiket dan dapatkan promo menarik!


    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.