• Login
  • Destinasi

    5 Wisata Sejarah yang cocok Untuk Study Tour SMA di Indonesia

    Hayo siapa disini yang senang dengan kegiatan study tour sekolah ??? hmmm pastinya semua pelajar ya, baik dari tingkat SD/SMP/SMA. Tapi, tahukah kamu apa pengertian serta manfaat dari Study Tour Sekolah ? Study tour merupakan serangkaian kegiatan yang telah ditentukan dari pihak sekolah untuk para muridnya. Biasanya digunakan untuk memberikan pengalaman, hiburan, pengetahuan dan juga wawasan langsung mengenai suatu tempat atau daerah yang dikunjungi. 

    Ada beberapa perbedaan tempat Study Tour SMA dengan SD maupun SMP. Pada tingkatan SD/SMP biasanya akan memilih tempat hiburan atau rekreasi, sedangkan SMA akan cenderung mengunjungi tempat atau daerah yang memiliki sejarah. Walaupun Study Tour SMA mengunjungi tempat atau daerah bersejarah kalian tidak perlu khawatir akan merasa bosan, karena di Indonesia banyak memiliki wisata sejarah yang menyenangkan dan tidak kalah seru dari tempat rekreasi atau hiburan. Berikut 8 rekomendasi wisata sejarah yang cocok untuk Study Tour SMA :


     1. Candi Borobudur, Yogyakarta


    Sumber Gambar : https://images.app.goo.gl/B5UxTGxaG8xxMrJg9

    Candi borobudur merupakan bangunan bersejarah yang dibangun sekitar abad ke 8 dan 9 dengan luas sekitar 121,38 meter, panjang 121,66 meter dan tinggi 35,40 meter. Bentuk candi ini dibangun dengan gaya mandala yang mengartikan alam semesta pada agama Buddha. Dengan struktur berbentuk kotak dikelilingi dengan empatt pintu masuk dan titik pusat berbentuk bulat atau lingkaran. Pada dinding candi juga dihiasan panel relief yang sekaligus berguna untuk menceritakan tingkatan agama buddha.

    Di sekitar candi terdapat dua museum yang dapat kita kunjungi yaitu Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Candi Borobudur ini juga dilengkapi dengan pemandangan yang indah serta bukit dan gunung disekitarnya. Selain menambah pengetahuan mengenai sejarah, tempat ini juga banyak digunakan sebagai hunting foto, dan tempat membeli suvenir dll.

    2. Candi Prambanan, Yogyakarta

    Sumber Gambar : https://images.app.goo.gl/aXyyShi5g931DMRK9

    Candi Prambana merupakan bangunan yang sudah ada pada masa kerajaan mataram. Disekitar kompleks candi terdapat juga candi lain, seperti : Candi Wahana, Candi Apit, dan Candi Syiwa. Selain itu, Candi Prambanan juga selalu mengadakan pertunjukkan kisah Ramayana setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 19.30-21.30. Tak kalah menarik, pemandangan disekitar Candi Prambanan ini juga sangat indah dan sering dijadikan tempat untuk berfoto-foto.


    3. Monumen Pancasila Sakti, Jakarta


    Sumber Gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTI_GhHR03Fhh-L8gTt5v0jkrH3iO8yAwcdqA&usqp=CAU


    Monumen Pancasila Sakti atau lebih dikenal dengan sebutan Lubang Buaya merupakan tempat wisata sejarah, yang sengaja dibangun untuk mengenang kejadian G30S-PKI. Didalam bangunan tersebut, terdapat tujuh patung pahlawan dan relief yang menggambarkan peristiwa atau kejadian G30S-PKI. Di sekitar kompleks lubang buaya, terdapat satu Museum Pengkhianatan PKI beserta foto dan diorama.

    Selain itu, ada juga sumur maut yang digunakan sebagai tempat pembuangan pahlawan, ruangan khusus memajang pakaian dan senjata yang masih berlumur darah dan masih banyak lagi tempat yang dapat dikunjungi disana. Banyaknya sejarah dalam bangunan ini membuat wisatawan ramai untuk mengunjunginnya. Monumen ini banyak memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai sejarah Indonesia serta perjuangan tokoh atau pahlawan.


    4. Lawang Sewu, Semarang



    Sumber Gambar : https://images.app.goo.gl/secUWH9NTWYEBy3Z7


    Lawang sewu merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang wajib dikunjungi Ketika pergi ke Semarang. Bangunan ini merupakan peninggalan Belanda, yang dikenal dengan cerita mistisnya. Tapi jangan khawatir, tempat ini juga memiliki cerita mengenai sejarah kereta api Indonesia karena dulu tempat ini sempat dijadikan sebagai pusat Kereta Api. 

    Lawang Sewu yang memiliki arti seribu pintu ini sebenarnya hanya memiliki 342 buah saja, kemegahan bangunan ini membuat banyaknya pengunjung yang tertarik untuk sekedar berfoto maupun menikmati suasana disana. Kalian juga dapat menemukan banyak sejarah mengenai perkembangan kereta di Indonesia loh !!!


    5. Benteng Fort Rotterdam, Makassar



    Sumber Gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQQmDWGFHg0sY8SEg2pHbClVeTzqX54zNAqiQ&usqp=CAU


    Kalau kamu sedang mencari wisata bersejarah di Makassar, maka Benteng Fort Rotterdarm lah pilihannya. Benteng yang biasa dikenal dengan nama Benteng Ujung Pandang ini merupakan wisata yang banyak mengandung sejarah, bangunan yang dibangun sejak tahun 1545 sekaligus merupakan saksi kejayaan Raja Gowa ke X yang dulunya merupakan tempat untuk menyimpan rempah hasil penjajahan Belanda.

    Benteng Fort Rotterdarm memiliki bentuk yang khas yaitu menyerupai penyu apalagi ketika dilihat dari ketinggian pantai, selain itu di sekitar bangunan terdapat juga taman yang dikelilingi oleh 2 bangunan tua dan didalam benteng tersebut tersedia museum yang menyimpan benda-benda bersejarah, gambaran kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, Benteng ini juga menyediakan tempat penjualan suvenir loh !!!


    Nah itulah beberapa tempat wisata sejarah yang cocok untuk menjadi pilihan Study Tour SMA, jika kalian tertarik dengan wisata tersebut pastinya kalian bisa mengunjungi DigiTiket disana terdapat wisata-wisata menarik lagi loh. Yuk segera booking tiket sekarang juga !!!

    Leave A Comment