• Login
  • Destinasi

    Desa Wisata Samiran: Paket Komplet Wisata Alam, Budaya, dan Edukasi

    Kehidupan perkotaan seringkali membuat jenuh dan bosan. Sehari-hari hanya melihat jalanan macet dan gedung-gedung bertingkat. Agar pikiran kembali segar, “kabur” dari hiruk pikuk perkotaan adalah solusinya. Desa wisata bisa menjadi pilihan “kabur” yang tepat. Desa wisata menyajikan pemandangan alam yang indah sekaligus menawarkan berbagai kegiatan yang menarik.

    Desa Wisata Samiran atau sering dikenal sebagai Dewi Sambi merupakan salah satu desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Desa Wisata Samiran berlokasi di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.600 mdpl sehingga memiliki suhu udara yang sejuk. Desa Wisata Samiran diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.


    Sumber : https://official.cbtindonesia.com/admin/imgpost/3178_medium.jpg

    Hijaunya hamparan lahan pertanian dan panorama kedua gunung menjadi daya tarik utama desa wisata ini.  Wisata tracking merupakan salah satu pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bagi wisatawan yang menyukai petualangan. Wisatawan bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu lebih dekat. Kegiatan lain yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Desa Wisata Samiran adalah berburu golden sunrise. Untuk melihat golden sunrise, wisatawan harus siap pagi-pagi sekali untuk mendapatkan momen terbaik.


    Sumber: https://jadesta.com/admin/imgpost/3233_medium.jpg

    Desa Wisata Samiran juga menawarkan berbagai atraksi wisata lain, salah satunya pertunjukan tari tradisional. Biasanya tarian yang ditampilkan adalah Tari Soreng dan Tari Topeng Ireng sebagai tarian penyambutan. Di desa ini juga terdapat pasar tradisional yang menggunakan uang batok kelapa sebagai alat transaksinya. Pasar ini menawarkan berbagai pilihan menu sarapan tradisional. Wisatawan juga akan  diajak melihat produksi susu sapi khas Boyolali dan memetik sayuran langsung dari kebunnya. Olahan Susu dan sayuran tersebut bisa menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang para wisatawan. Selain itu, di waktu-waktu tertentu, Desa Wisata Samiran menggelar ritual budaya khas masyarakat Jawa seperti Sadranan, Ruwah, dan sedekah gunung.


    Sumber: https://jadesta.com/admin/imgpost/3237_medium.jpg

    Desa Wisata Samiran merupakan paket komplit wisata alam, budaya, dan edukasi yang wajib dikunjungi. Selain atraksi wisata yang telah dijelaskan sebelumnya, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Samiran. Daripada penasaran mending langsung “kabur” ke Desa Wisata Samiran.

    Sekarang tiket Desa Wisata Samiran bisa dibeli di DigiTiket. Sobat Digi tidak perlu mengantre, cukup dengan smartphone/PC, Sobat Digi sudah bisa membeli tiketnya. Yuk kunjungi website DigiTiket untuk informasi lebih lanjut.

      

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.