• Login
  • Destinasi

    Desa Wisata Pandanrejo: Mendaki Gunung Gajah hingga Memerah Susu Kambing Etawa

    Dewa Pandan merupakan sebutan bagi Desa Wisata Pandanrejo yang berlokasi di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Dewa Pandan termasuk dalam 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Dengan prestasi tersebut, potensi wisata Desa Wisata Pandanrejo tidak diragukan lagi. Mulai dari bentang alam, budaya, kuliner, hingga sosial masyarakatnya siap menyambut setiap wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pandanrejo.

    Nah, kali ini DigiMin akan membagikan berbagai atraksi wisata di Desa Wisata Pandanrejo yang bisa menjadi referensi bagi Sobat Digi saat datang ke Desa Wisata Pandanrejo, Kaligesing

    • Bukit Siboetrong

    Bukit Siboetrong adalah destinasi utama yang wajib didatangi Sobat Digi. Saat berkunjung ke Bukit Siboetrong, Sobat Digi harus menyiapkan tenaga dan kondisi tubuh yang prima. Ada 69 anak tangga yang menanti untuk didaki menuju puncak bukit. Setelah tiba di puncak bukit, rasa lelah akan segera terbayarkan dengan pemandangan berupa hamparan pepohonan hijau dan barisan bukit yang menyegarkan mata. Di puncak bukit juga terdapat lahan yang cukup luas yang bisa digunakan sebagai camping site bagi Sobat Digi yang ingin berkemah. 


    Sumber: https://wisata.harianjogja.com/

    Selain itu, ada yang unik di Bukit Siboetrong yaitu gugusan batu yang mirip dengan batu karang. Di sela-sela batu terdapat bongkahan batu lintang yang mengkilap dan memantulkan cahaya apabila terkena cahaya matahari

    •  Gunung Gajah

    Bagi Sobat Digi yang menyukai wisata tracking, Gunung Gajah adalah destinasi tepat. Untuk mencapai puncak Gunung Gajah diperlukan tracking selama kurang lebih 15 menit dari area parkir. Namun, semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan alam yang terhampar di depan mata. Daya tarik utama dari Gunung Gajah adalah pemandangan lima gunung, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet yang bisa Sobat Digi nikmati melalui gardu pandang. Puncak Gunung Gajah berada diketinggian 835 mdpl, sehingga Sobat Digi akan merasakan udara segar nan sejuk di sana. 


    Sumber: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/

    Selain itu, Sobat Digi jangan sampai melewatkan pemandangan sunset atau matahari terbenam saat berkunjung ke Gunung Gajah.


    Sumber: https://dinparbud.purworejokab.go.id/

    • Kampung Cantik

    Setelah lelah mendaki Bukit Siboetrong dan Gunung Gajah, Sobat Digi bisa mengunjungi Kampung Cantik. Di Kampung Cantik, Sobat Digi juga bisa mencari homestay untuk menginap. Terdapat banyak rumah yang disewakan sebagai homestay dengan kebersihan dan kenyamanan yang terjamin.


    Sumber: Facebook Visit Jawa Tengah

    Suasana alami dan asri khas pedesaan akan menyambut Sobat Digi saat memasuki Kampung Cantik. Berbagai tanaman hias seperti anggrek, pakis, talas hias, dan kuping gajah menambah kesan hijau dan asri di Kampung Cantik. Lingkungan Kampung Cantik juga bersih dan rapi sebagai hasil dari budaya sambatan atau kegiatan membersihkan lingkungan rumah setiap pagi. Keramahan masyarakat Kampung Cantik juga membuat Sobat Digi betah berlama-lama di Kampung Cantik.  

    • Sentra Kambing Etawa

    Ada kegiatan menarik yang bisa Sobat Digi lakukan saat berkunjung ke Desa Wisata Pandanrejo yaitu, belajar beternak kambing etawa. Desa Pandarejo merupakan sentra kambing etawa di Pulau Jawa karena banyak warga yang berprofesi sebagai peternak kambing etawa. Sobat Digi akan diajak melihat perawatan kambing etawa, mencoba memerah susu kambing, sekaligus mencicipi susu kambing segar yang baru diperah.


    Sumber: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/

    Untuk Sobat Digi yang tertarik dengan kambing etawa, Sobat Digi bisa datang ke Pasar Seton atau pasar hewan yang hanya digelar setiap hari sabtu di Desa Pandanrejo. Di Pasar Seton Sobat Digi bisa menemukan ratusan hingga ribuan kambing PE (peranakan etawa) yang berkualitas.  

    • Kuliner

    Sebagai desa wisata terbaik, Dewa Pandan tentunya memiliki kuliner yang khas. Salah satunya adalah Dawet Goreng. Mendengar kata dawet, mungkin yang ada dibayangan Sobat Digi adalah minuman manis sejenis es cendol. Namun, Sobat Digi justru akan menemukan dawet unik yang lain dari dawet biasa.

    Ternyata Dawet Goreng bukan minuman manis berisi cendol, santan, dan gula merah. Dawet Goreng adalah jajanan tradisional khas dari Desa Pandanrejo yang terbuat dari pati glancong yang dibentuk menyerupai cendol kemudian disiram juruh (air nira aren yang dimasak), dilengkapi dengan bawang goreng, potongan seledri, dan sambal. Kuliner ini memiliki rasa yang unik dan sangat khas. Sobat Digi harus mencoba Dawet Goreng saat berkunjung ke Desa Wisata Pandanrejo.


    Sumber: https://dinparbud.purworejokab.go.id/

    Ada lagi kuliner khas Dewa Pandan yang bisa Sobat Digi nikmati, yaitu Nasi Gugah atau Sego Gugah kuliner khas yang bisa ditemui saat mengunjungi Gunung Gajah. Kuliner ini mirip dengan lontong, tetapi proses pembuatannya dibakar dan diberi isian ikan teri. Perpaduan aroma khas dari pembakaran dan gurihnya rempah-rempah pasti akan menggoda Sobat Digi untuk mencicipinya.  Tidak lupa, Nasi Gugah juga dilengkapi dnegan lauk pauk seperti tahu bacem dan telur puyuh kecap. Nasi Gugah bahkan pernah menyabet Juara Empat Kategori Kuliner Favorit dalam Jambore Pokdarwis 2020.

    Sumber: https://jadesta.com/paket/35008

    Selain dua kuliner di atas, masih banyak kuliner khas Dewa Pandan yang wajib Sobat Digi catat untuk dicicipi saat berkunjung ke Desa Pandanrejo. Ada Geblek, Sengek, Lapis Telo, Sego (nasi) berkat, dan lain-lain.

    Wah, sepertinya sudah terlalu panjang referensi atraksi wisata yang DigiMin berikan. Eitss, tapi masih banyak lho atraksi wisata lain yang bisa Sobat Digi temukan saat berkunjung ke Desa Wisata Pandanrejo.

    So, daripada penasaran segera beli tiket Desa Wisata Pandanrejo di DigiTiket. Tersedia tiket masuk reguler, tiket Paket Walking Tour Dewa Pandan, dan homestay. Khusus Paket Walking Tour telah mencakup 10 atraksi wisata yang tersedia di Desa Wisata Pandanrejo. Untuk informasi lebih lengkap, Sobat Digi bisa menuju ke tautan ini. 

    Ciptakan momen tak terlupakan di Desa Wisata Pandanrejo bersama DigiTiket!


    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.