• Login
  • Destinasi

    Menikmati Budaya Asli Jawa di Desa Wisata Candirejo

    Haloooo sobat Digi, pada artikel ini Digimin mau mengajak kalian mengenal salah satu desa yang masih menanamkan kehidupan dan kebudayaan tradisional Jawa di masyarakat setempat. Hmmm, hayok kira-kira desa apa ya ? daripada penasaran, langsung aja yuk kita bahas.


    Itug2FI.jpg

    Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4Piod7mhBxSGtZhXDAgS8dFXsmYMOL4jpDw&usqp=CAU 


    Desa Wisata Candirejo merupakan salah satu desa wisata yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang dengan jarak 3 kilometer dari candi Borobudur. Desa ini dikenal karena adanya keindahan alam serta kebudayaan tradisional kunonya yang masih melekat. Candirejo terdiri dari 2 kata yaitu “candi“ yang berarti batu dan “rejo” yang artinya subur sehingga tempat ini diartikan warga setempat sebagai wilayah yang memiliki banyak batu tetapi tetap subur. Kawasan ini juga menjadi salah satu desa wisata yang banyak diminati dan dikunjungin oleh penduduk lokal sampai turis mancanegara. 


    9HRxLVQ.jpg

    Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQy9lH23UxNGf8Yx2GM70HHLxKDcXl0uhstTQ&usqp=CAU


    Kehidupan masyarakat setempat di desa ini ialah bertani dengan menggunakan metode pertanian tumbang sari, di desa ini kalian juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai sejarah Jawa, seperti beberapa tradisi yang masih diterapkan yaitu nyadran. Upacara adat Nyadran merupakan salah satu daya tarik bagi didesa ini karena kegiatan ini hanya dilakukan setiap tahun untuk mendoakan para leluhur menurut kalender Jawa dengan menjalankan ritual pemberian di Gunung Mijil, dan juga terdapat berbagai kegiatan industri rumah tangga khas warga setempat. seperti makanan dan kerajinan tangan yang dikembangkan didesa ini. 


    yRg9Rm1.jpg

    Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQTcf54KLj0QPr0jxNs-oD7aqMQ6rvSXC73Cw&usqp=CAU


    Tak kalah menarik, disini kalian juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti Wisata Menoreh yang merupakan paket wisata untuk mendapatkan pengalaman mengenai kehidupan sehari-hari masyarakat di Menoreh dengan menikmati keindahan kebun serta pertanian yang ada dikawasan ini. Paket kedua adalah wisata sungai  dikomunitas “Nylantrang” dengan para penangkap ikan, kalian bisa menikmati keseruan menangkap ikan, berenang dan mandi disungai dan terakhir kalian dapat menginap di homestay desa Candirejo dan mengenal kehidupan warga desa dari alat-alat masak tradisional, sampai kesenian asli khas Jawa.


    GBdbSqI.jpg

    Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQTcf54KLj0QPr0jxNs-oD7aqMQ6rvSXC73Cw&usqp=CAU


    Dikawasan ini juga terdapat tempat peninggalan sejarah yaitu Watu Kendil yang menyerupai kendil atau ulekan dikelilingi tanaman pandan dengan tinggi 7 meter yang terletak di pinggir perbukitan Monoreh. Selain itu, ditempat ini kita juga dapat menikmati keindahan area sekitar bukit Monoreh.


    65YhPHa.jpg

    Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/EbdkPzFiNL5zB8Yp8


    Nah itulah beberapa kegiatan yang dapat kalian nikmati jika berada di kawasan Magelang, Jawa tengah. Jika kalian bosan dengan suasana wisata perkotaan yang itu-itu saja, dan ingin sesekali menikmati suasana desa yang masih asri dan dapat menambah pengetahuan hmmm pas banget ! yuk untuk segera berlibur ke Desa Wisata Candirejo ! karna, selain kamu dapat menikmati wisata alam, dan budaya kalian juga bisa menambah pengetahuan anda mengenai sejarah khas Jawa hingga kegiatan tradisionalnya dll. Yuk, beli tiketnya sekarang juga di Digitiket !

    Leave A Comment