• Login
  • Destinasi

    3 Hal Keren yang Bisa Dinikmati di Desa Wisata Wanurejo

    Kabupaten Magelang adalah salah satu kawasan yang memiliki banyak desa berkonsep wisata. Letaknya yang tak jauh dari Candi Borobudur, menjadikan perdesaan di Magelang strategis karena sering dilalu-lalangi oleh wisatawan. Salah satu desa yang masih kental dengan tradisi dan terkenal dengan kerajinannya adalah Desa Wisata Wanurejo.

    Letak desa ini tak begitu jauh untuk ditempuh dari Candi Borobudur, yaitu hanya 1,5 km saja di arah timur. Desa Wisata Wanurejo memiliki tema yang berbeda dengan desa-desa lainnya di mana mereka mengusung wisata budaya dan kriya. Cocok banget, nih, untuk Sobat Digi yang suka dengan hal-hal berbau budaya dan kesenian. Yap, di desa ini Sobat Digi akan diajak membatik, menari, bahkan homestay, dan masih banyak lainnya.

    Selain itu, Desa Wisata Wanurejo juga termasuk ke dalam golongan 10 Destinasi Prioritas yang dikenalkan oleh Kementrian Pariwisata, loh! Eits, penasaran ‘kan kenapa desa ini seistimewa itu? Yuk, simak tiga hal keren yang bisa dinikmati dari Desa Wisata Wanurejo versi DigiTiket ini!

    1. Alam
    (Sumber: Jelajah Wanurejo Blogspot)
    Bentangan hijau dan pemandangan bahana dapat dengan mudah ditemui di Desa Wisata Wanurejo. Sehari saja mungkin tidak cukup untuk memandangi suguhan alam desa ini, tetapi tenang—kamu juga punya opsi untuk menginap di homestay yang tersedia agar punya waktu lebih banyak sekaligus refreshing dari hiruk pikuk perkotaan. Desa ini juga menyediakan wahana atau fasilitas seperti rafting, bersepeda, dan outbond yang pastinya tidak akan membuat kamu bosan berhari-hari singgah di sini. Di sisi lain, banyak spot-spot pemandangan yang bisa kamu kunjungi seperti Mandala View, Puthuk Setumbu, dan lain-lain.

    2. Kebudayaan
    (Sumber: Kompas)
    Masih bernuansa Jawa klasik, banyak tradisi-tradisi yang masih dibudidayakan di desa ini. Salah satunya adalah Tradisi Nyadran di mana para pendatang dan warga desa berkumpul untuk berkunjung ke makam leluhur. Kalau Sobat Digi adalah seseorang yang suka berasosiasi dengan budaya, jangan lupa untuk datang ke kegiatan tradisi ini yang diadakan setiap bulan ketiga di bulan Ruwah. Sobat Digi juga bisa mengunjungi Candi Pawon sebagai alternatif dari Candi Borobudur yang tak kalah keren.

    3. Kesenian
    (Sumber: Wisata Magelang)
    Desa Wisata Wanurejo memiliki warga desa yang kreatif sehingga tak dipungkiri bahwa kesenian adalah salah satu kebanggaannya. Di sini, kamu bisa mengunjungi galeri seni yang sama sekali tidak memungut biaya. Terkenal dengan kerajinan tangan yang beragam, Sobat Digi bisa terjun langsung pula untuk belajar dan membuat kerajinan. Kamu akan diajari membatik, membuat kerajinan dari fiber, atau lain sebagainya. Kalau lebih suka melakukan gerakan, kamu juga bisa mengikuti pembelajaran singkat menari di sanggar desa.

    Dengan ketiga hal tersebut, Desa Wisata Wanurejo berhasil mendapatkan juara pertama dari Trisakti Tourism Award yang diadakan oleh DPP PDI Perjuangan sebagai Desa Wisata Kreatif, loh! Memang tak diragukan lagi, desa ini menyuguhkan banyak wisata yang tak hanya bisa dinikmati tetapi juga bisa diikuti dan dirasakan secara langsung oleh para turis.

    Walaupun dekat dengan Candi Borobudur yang sudah berkelas internasional, Desa Wisata Wanurejo berhasil membuktikan bahwa mereka juga layak bersaing. Maka dari itu, tunggu apalagi, Sobat Digi! Cepat pesan tiket Desa Wisata Wanurejo di DigiTiket, ya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.