• Login
  • Destinasi

    Primadona di Desa Wisata Dangean

    Jawa Tengah memiliki banyak sekali destinasi berlibur sesuai dengan minat masing-masing wisatawan. Kamu juga dengan mudah dapat menemui desa-desa yang berkonsep wisata di sekitar Jawa Tengah karena jumlahnya yang memang bisa dibilang cukup banyak.

    Jika Sobat Digi ingin mendapatkan edukasi dan menikmati budaya atau tradisi desa jawa, maka tempat satu ini cocok untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Desa Wisata Dangean dikenal sebagai desa yang memproduksi susu dan sayuran organik. Ada beberapa destinasi dan kegiatan yang bisa kamu nikmati di Desa Wisata Dangean, berikut adalah dua rekomendasi primadona desa yang tidak boleh dilewatkan versi DigiMin.

    1. Candi Lawang


    (Sumber: Harian Jogja)
    Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang beragama Hindu dari perkiraan tahun 700-800 Masehi. Letaknya di lereng timur Merapi pada ketinggian 932 meter dan di atas lahan sebesar 500 meter persegi dengan tebing di sisi utara dan timur. Seperti kebanyakan candi, tulisan-tulisan di Candi Lawang menggunakan aksara jawa kuno yang berkembang pada masanya. Walaupun fondasinya tidak begitu mewah, ada corak-corak seperti bunga dan geometris yang bisa kamu amati, Sobat Digi. Konstruksi candi sendiri terdiri dari satu bangunan utama dan lima bangunan perwara yang menghimpit bangunan utama. Candi ini bisa dibilang masih jarang dilihat oleh banyak orang, jadi Sobat Digi wajib banget mengunjungi Candi Lawang jika sedang berlibur ke Desa Wisata Dangean, ya!

    2. Pasar Ngatpaingan


    (Sumber: Kompas)
    Kamu suka kuliner dan ingin mencoba makanan khas tradisional? Pasar ini adalah destinasi yang tepat untukmu! Namun, jangan lupa untuk berkunjung pada Minggu Pahing saja, ya, karena pasar ini hanya buka pada waktu itu. Kendati demikian, kamu bisa merasakan sensasi tradisional perdesaan di mana seluruh elemen warga Desa Wisata Dangean ikut andil dalam pagelaran pasar. Pasar Ngatpaingan sendiri diadakan untuk menunjukkan potensi kerajinan dan makanan tradisional dari desa. Selagi berkeliling, kamu juga bisa bertanya-tanya mengenai asal-usul makanan atau kerajinan yang dijual, kok. Jadi tenang saja, interaksi yang kamu dapatkan di Pasar Ngatpaingan pasti tidak akan terlupakan, Sobat Digi! Di mana lagi, ‘kan, kamu bisa mendapatkan sensasi demikian?

    Itu dia dua primadona dari Desa Wisata Dangean rekomendasi DigiMin, Sobat Digi. Eits! Destinasi yang bisa kamu kunjungi tidak sebatas itu saja, kok. Desa ini juga menyediakan wisata edukasi seperti memerah susu, belajar bertani, outbond, bahkan homestay. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat warga desa melakukan tradisi sadranan atau atraksi seni tari untuk momen-momen tertentu.

    Menarik banget, ‘kan, desa satu ini? Masih bingung pesan tiket Desa Wisata Dangean bagaimana? Nah, DigiTiket hadir dengan solusi, nih. Kamu tinggal mengunjungi website kami dan pesan tiket di sana, Sobat Digi. Tanpa perlu ribet, kamu sudah bisa masuk ke Desa Wisata Dangean, loh! Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiketmu di DigiTiket!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.