• Login
  • Desa Wisata

    Berwisata Religi di Desa Tidar Dudan

    Halo sobat Digi, seperti biasa disini Digimin mau ngeracunin kalian mengenai tempat-tempat wisata yang asik, seru tapi kali ini berbeda dari biasanya karena Digimin mau membahas mengenai wisata religi yang pastinya ga kalah seru untuk dikunjungi !!! Tapi apa si wisata religi itu ? dan apa sih tujuan dari adanya wisata religi ??? daripada bingung langsung aja yuk baca artikel ini !!! 

    Wisata Religi merupakan tempat wisata yang memiliki sejarah khusus mengenai suatu agama-agama tertentu dan juga memiliki makna bagi umatnya. Tujuan dibukanya wisata religi biasanya untuk memberikan wawasan mengenai perjuangan tokoh agama, memberikan edukasi mengenai penyebaran suatu agama, mendekatkan diri kita kepada sang pencipta, dll. Nah maka dari itu pada saat ini sudah banyak tempat wisata religi yang dapat dikunjungi, seperti salah satunya di Desa Wisata Tidar Dadun yang terletak di kota Magelang Jawa Tengah.

    Desa Wisata Tidar Dudan merupakan desa yang meraih juara satu sebagai destinasi baru wisata religi pada tahun 2018. Salah satu wisata religi didesa ini ialah, kompleks Makam Kyai Dudo. 

    Sumber : https://assets.promediateknologi.com/crop/0x0:0x0/750x500/photo/suaramerdeka/images/2018/12/05/kampung-wisata-5c077ed57bf44.jpg

    Sumber : youtube tanggal abang (MJTV)

    Kyai Dudo merupakan salah satu tokoh penyebaran agama Islam dan pengikut Pangeran Diponegoro, Makam ini memiliki atap yang berbentuk kerucut seperti gunung, dikompleks ini juga memiliki bangunan joglo yang digunakan sebagai tempat pertemuan wargai atau balai selain itu disini juga tersedia tempat wudhu berbentuk kendi yang dapat digunakan untuk para pengunjung mensucikan diri sebelum berjiarah. 

    Sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRRJdCBq3GsTZzPf1NqCWsKee6ueyBHjHE8uQ&usqp=CAU

    Sumber : youtube tanggal abang (MJTV)

    Sumber : youtube tanggal abang (MJTV)

    Didepan pintu masuk kita akan disambut dengan gapura dan juga gerbang dengan tulisan Jawa kuno yaitu  “Makam Kyai Dudo”. Bangunan ini telah ditata semenarik mungkin, dengan luas 500-600 Meter dari jalananya hingga penggunaan tembok berarsitektur modern dan selebihnya tetap mengandung adat Budaya Jawa. 

    Selain itu kompleks Makam Kyai Dudo juga selalu mengadakan kegiatan Mujahadah sekaligus berziarah. Kegiatan ini dilakukan setiap Jumat Kliwon, yang dibuka untuk umum. Makam ini sangat sering dikunjungi oleh para wisata baik lokal maupun turis apalagi pada saat bulan Syaban, tradisi Nyadran, dan hari raya Idul Fitri tiba. 

    Nah itulah artikel mengenai salah satu wisata religi yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Magelang Jawa Tengah, atau bagi kalian yang hanya sekedar menambah pengetahuan maupun berziarah. Jika kalian tertarik dan ingin mencoba menjelajahi makam Kyai Dudo ini, cus langsung aja pesen tiketnya sekarang juga di DigiTiket ! selain itu, DigiTiket juga punya tempat atau destinasi lain yang pastinya ga kalah seru. yaudah yuk, langsung aja cek websitenya DigiTiket sekarang juga !!!

    Leave A Comment