• Login
  • Destinasi

    Mengenal Sang Juara Desa Wisata Alam: Desa Wisata Bilebante

    Melalui BCA Desa Wisata Awards 2021, Desa Wisata Bilebante yang berlokasi di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat berhasil memenangkan kategori desa wisata alam dan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 50 juta. Selain itu, Desa Wisata Bilebante juga sudah mendapatkan Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dari Kemenparekraf.

    Nah, Sobat Digi nggak perlu ragu nih kalau ingin datang ke desa ini karena semuanya ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Tak hanya itu, Desa Wisata Bilebante juga mempunyai buku sendiri berjudul “Panduan Praktis: 10 Langkah Mengembangkan Desa Wisata Hijau” melalui proyek ISED. Bisa dibilang, Desa Wisata Bilebante sudah diakui secara nasional.

    Keren banget, ‘kan? Kalau Sobat Digi masih belum percaya, DigiMin perkenalkan nih tempat-tempat keren di Desa Wisata Bilebante yang bisa Sobat Digi kunjungi saat berlibur bersama teman atau keluarga.

    1. Pasar Pancingan

    (Sumber: Gemari.id)
    Sesuai dengan namanya, pesona utama dari pasar ini adalah memancing di mana hasil tangkapan bisa dimasak langsung. Lokasi pasar ini berjarak 10 meter dari Pondok Pesantren Hadil Ishlah Bilebante. Selain itu, pasar ini memiliki suasana tempo dulu di mana penjual duduk di anyaman bambu beserta barang jualannya. Ada berbagai macam kuliner yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Wadah makan pun menggunakan daun pisang, dan pembeli harus membayar dengan uang kepeng yang bisa ditukarkan di pihak pengelola. Kamu juga bisa menikmati atraksi panahan, loh, di Pasar Pancingan!

    2. Gong Gres

    (Sumber: Jadesta)
    Tempat satu ini adalah kolam pemandian yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Dahulunya, Gong Gres adalah terowongan kecil yang dijadikan tempat persembunyian warga Bilebante dari penjajah. Pemandangan yang disuguhkan di kolam sangat alami dan memanjakan mata di mana penuh dengan pepohonan dan air kolam jernih. Sobat Digi juga bisa menikmati mandi busa di hari weekend. Tak perlu repot-repot jika lapar sehabis berenang, Gong Gres mempunyai resto yang tentunya menyediakan makanan yang enak, Sobat Digi!


    3. Kebun Herbal

    (Sumber: Suarantb.com)
    Bekerja sama dengan Martha Tilaar, warga desa mengembangkan sebuah kebun herbal sebagai wisata hijau. Kebun ini menjadi pensuplai kebutuhan tanaman obat kunyit bagi perusahaan karena kualitasnya yang baik. Selain itu, Martha Tilaar juga memberikan pelatihan pada warga desa mengenai pengembangan tanaman herbal berkhasiat obat dan kesehatan. Ada 187 jenis tanaman di Kebun Herbal yang tentunya bisa Sobat Digi pelajari.

    Itulah 3 tempat yang menurut DigiMin menarik banget, nih. Tetapi wisata di Desa Wisata Bilebante tak sampai disitu saja, Sobat Digi bisa bersepeda, bercamping, kuliner tepi sawah, menginap di homestay, dan lain sebagainya.

    Pihak desa juga menyuguhkan paket wisata dan kuliner untuk para pengunjung dengan harga terjangkau. Tunggu apalagi, Sobat Digi? Yuk pesan tiket Desa Wisata Bilebante di DigiTiket

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.