• Login
  • Destinasi

    Destinasi Wisata Dieng yang Penuh Legenda

    Dieng berasal dari Bahasa Sanskerta, Di berarti tempat tinggi atau pegunungan dan Hyang berarti leluhur atau dewa-dewa. Sesuai dengan namanya, Dieng diperkirakan menjadi pusat keagamaan tertua di Pulau Jawa yang dibuktikan dengan penemuan candi dan situs purbakala di beberapa penjuru Dieng. Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian 2000 mdpl dan masuk ke dalam 3 wilayah administrasi yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Batang.

    Dieng merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang menarik perhatian wisatawan setiap tahunnya. Berbagai destinasi wisata dapat Sobat Digi temukan di Dataran Tinggi Dieng, mulai dari candi, telaga, kawah, bukit, hingga pendakian gunung yang penuh pesona alam. Tidak hanya itu, Kawasan Dieng juga menyimpan berbagai cerita legenda yang menarik untuk ditelusuri.

    DigiMin akan mengajak Sobat Digi jelajah wisata Dataran Tinggi Dieng dan mengulik cerita legenda dibalik keindahannya versi DigiTiket.

    Lest check this out…

    1.  1Komplek Candi Arjuna

    Komplek Candi Arjuna merupakan salah satu dari beberapa candi yang tersebar di penjuru Dieng. Komplek Candi Arjuna bisa disebut sebagai komplek candi yang masih utuh dibanding kelompok candi lain di kawasan Dieng. Komplek Candi Arjuna terdiri dari Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembrada, dan Candi Puntadewa yang berderet dari utara-selatan. Ada juga Candi Semar yang berdiri menghadap ke Candi Arjuna.

    sumber: dokumentasi penulis

    Komplek candi ini ditemukan tahun 1814 oleh tentara Inggris dalam keadaan tergenang air telaga. Berdasarkan sejarah, Komplek Candi Arjuna merupakan candi bercorak Hindu aliran Syiwa. Hingga saat ini asal usul pendiri candi-candi di Dieng masih menyimpan misteri. Namun, diperkirakan pembangunan candi dimulai sejak akhir abad ke-7. Peneliti juga memperkirakan candi-candi di Dieng dibangun atas perintah raja-raja Wangsa Sanjaya dari Mataram Kuno. 

    sumber: dokumentasi penulis

    Berada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, lokasi komplek candi ini cukup mudah dicapai. Sobat Digi bisa dengan mudah menemukan papan petunjuk menuju kawasan candi. Di waktu-waktu tertentu, Komplek Candi Arjuna dijadikan sebagai tempat prosesi ruwatan rambut gembel. Selain itu, kawasan candi ini juga menjadi lokasi Dieng Culture Festival yang setiap tahun digelar.

    So, jangan sampai melewatkan Komplek Candi Arjuna saat berkunjung ke Dieng. 

    1.    2Kawah Sikidang

    Terbentuknya Dataran Tinggi Dieng berasal dari proses geologi yang panjang. Proses tersebut menyebabkan munculnya beberapa telaga dan kawah yang tersebar di penjuru Dieng. Hingga kini, belasan kawah vulkanis masih terus aktif. Salah satunya adalah Kawah Sikidang yang berlokasi di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

    Kawah Sikidang merupakan destinasi wisata di Dieng yang wajib Sobat Digi kunjungi. Dari kawasan kawah, Sobat Digi bisa melihat aktivitas perut bumi secara langsung. Lubang besar berisi cairan yang mendidih dipenuhi asap yang membumbung tinggi dan bau belerang yang menyeruak. Selain itu, Sobat Digi juga akan disuguhkan oleh pemandangan menakjubkan dari pegunungan Dieng.

    sumber: dokumentasi penulis

    Berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat, Kawah Sikidang berasal dari kisah Shinta Dewi yang meminta dibuatkan sumur oleh Pangeran Kidang Garungan sebagai syarat diterimanya lamaran. Namun, Shinta Dewi sebenarnya berniat menolak lamaran tersebut sehingga ia menimbum Pangeran Kidung Garungan di dalam sumur yang sedang digali. Sumur tersebut kemudian meledak dan membentuk sebuah kawah yang dikenal sebagai Kawah Sikidang.

    Ada hal unik yang harus dicoba Sobat Digi saat berkunjung ke Kawah Sikidang, yaitu merebus telur di air kawah. Sobat Digi tidak perlu takut, karena akan didampingi pemandu di area khusus. Sobat Digi akan merasakan sensasi makan telur rebus yang berbeda.

    sumber: dokumentasi penulis

    Kawasan Kawah Sikidang kini sudah cukup tertata. Sobat Digi hanya perlu berjalan menyusuri jembatan kayu untuk menikmati keindahan alam di Kawah Sikidang. Selain itu, terdapat beberapa penjual souvenir dan makanan yang bisa dijadikan tempat beristirahat saat lelah menghampiri. 

    1.     3Telaga Warna

    Sebagai hasil dari proses geologi yang terjadi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna merupakan salah satu ikon destinasi wisata di Dieng. Berlokasi di kawasan Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo, keindahan telaga dikelilingi rimbunnya hutan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

    Nama Telaga Warna berasal dari fenomena alam yang terjadi di telaga tersebut. Tidak seperti telaga pada umumnya, air Telaga Warna memiliki warna yang indah dan mencolok. Konon katanya air telaga juga bisa berubah warna, mulai dari hijau, kuning, ungu, hingga perpaduan warna Pelangi.

    sumber: dokumentasi penulis

    Keunikan telaga yang bisa berubah warna dikaitkan dengan beberapa legenda yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah asal-usul terbentuknya Telaga Warna yang dipercaya berasal dari cincin seorang bangsawan sakti yang terlempar ke dalam telaga. Luruhnya warna dari cincin sakti tadi menyebabkan perubahan warna pada telaga.

    Secara ilmiah, fenomena alam Telaga Warna disebabkan oleh kandungan sulfur pada air telaga yang tinggi. Saat terkena pantulan sinar matahari akan menciptakan warna yang bermacam-macam.

    sumber: dokumentasi penulis

    Lokasi telaga yang berada di tengah-tengah hutan menjadikan suasana di kawasan Telaga Warna sejuk dan menenangkan. Sobat Digi bisa berjalan menyusuri setiap sudut Telaga Warna sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang tersaji. Selain telaga, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa tempat bersejarah seperti, Goa Jaran, Goa Semar, Batu Tulis, dan lain sebagainya.

    Sobat Digi yang datang berkunjung ke Telaga Warna jangan lupa mengambil foto ya! Setiap sudut dari kawasan Telaga Warna merupakan spot foto cantik yang sayang untuk dilewatkan.

    1.  4Batu Ratapan Angin

    Satu lagi destinasi wisata terbaik di Dataran Tinggi Dieng yang wajib Sobat Digi kunjungi adalah Batu Ratapan Angin. Sesuai dengan namanya, kawasan ini merupakan tumpukan batu yang ada di sebuah bukit. Bata Ratapan Angin menjadi salah satu lokasi favorit, karena dari atas bukit Sobat Digi bisa melihat Dataran Tinggi Dieng dari atas bukit. Cantiknya telaga, hijaunya hutan dan lahan pertanian, serta gagahnya barisan pegunungan tersaji di depan mata.

    sumber: dokumentasi penulis

    Seperti destinasi lainnya, Batu Ratapan Angin juga memiliki cerita legenda yang berkembang di masyarakat. Konon ceritanya, berasal dari kisah cinta  antara seorang putri yang mengkhianati cinta suci dari seorang pengeran sakti. Karena rasa sakit hati yang terlalu besar, sang pangeran sakti mengutuk putri dan kekasih gelapnya menjadi batu.

    Destinasi wisata ini berlokasi di kawasan Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo. Untuk mencapai kawasan ini, Sobat Digi harus berjalan menaiki anak tangga selama kurang lebih 10 menit. Selama perjalanan, Sobat Digi akan disuguhi pemandangan alam khas pegunungan Dieng yang menyegarkan mata. 

    Tunggu apa lagi, masukan Dieng ke wish list liburan Sobat Digi! Selain 4 destinasi di atas, masih banyak destinasi wisata lain yang unik dan menarik menanti kedatangan Sobat Digi. For your information, waktu terbaik berlibur ke Dieng adalah bulan Juli-Agustus atau di musim kemarau karena biasanya suhu udara akan mencapai titik terendahnya. Sobat Digi akan merasakan sensasi liburan seperti musim dingin di Eropa.

    Untuk Sobat Digi yang membutuhkan informasi wisata lainnya, yuk kunjungi website DigiTiket untuk mendapatkan berbagai informasi wisata menarik dari dalam dan luar negeri. Sobat Digi juga bisa memesan berbagai pilihan tiket wisata dan virtual tour melalui DigiTiket. Jangan lupa untuk follow media sosial DigiTiket untuk update promo dan informasi setiap harinya. 



    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.