• Login
  • Desa Wisata

    Desa Wisata Dolok Martumbur

    Hai hai Sobat Digi! Siapa di sini yang suka berwisata ke tempat-tempat tinggi nan sejuk? Ditambah dengan panorama alam yang cantik pula! Kali ini Digimin akan kasih info nih seputar desa wisata yang ada di wilayah Sumatra Utara. Dari pada penasaran, yuk langsung aja baca artikel di bawah ini tentang Desa Wisata Dolok Martumbur! Check it out~

    Desa Wisata Dolok Martumbur merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatra Utara. Dengan ketinggian 900 mdpl, Desa Dolok Martumbur adalah lokasi yang cocok untuk menikmati keindahan Danau Toba yang ada di bawahnya. Lalu, bicara soal rute untuk menuju ke sana, Sobat Digi akan Digimin kasih rekomendasinya nih! Kalau dari pusat Kota Kabupaten Tapanuli Utara, kita masih harus menempuh jarak 47,6 km untuk sampai ke desa yang satu ini. Jika Dobat Digi memulai dari Bandara Silangit, jarak yang ditempuh cuma 18,5 km. Sedangkan dari Bandara Kualanamu jarak yang harus Sobat Digi tempuh 245 km dari Desa Dolok Martumbur. Wow! Lumayan jauh juga ya!

    Seperti yang sudah Digimin ceritakan di atas, Desa Wisata Dolok Martumbur memiliki potensi untuk dapat menikmati view Danau Toba dari ketinggian. Oleh karenanya, desa ini terpilih sebagai village business park dari Kementerian Desa PDTT dan juga terdapat sepuluh rumah yang diusulkan menjadi homestay (bedah rumah PUPR).

    Desa Wisata Dolok Martumbur mempunyai kontur tanah yang berbukit-bukit, juga memiliki area ladang yang luas. Jadi, penduduk Desa Dolok Martumbur memanfaatkan lahan potensial yang ada tersebut. Oh iya, ternyata desa ini adalah desa yang dikenal sebagai salah satu penghasil bawang merah terbanyak di Tapanuli Utara lho! Bahkan, bumbu dapur yang satu ini juga didistribusikan ke beberapa wilayah. Bukan cuma di kawasan Tapanuli Utara aja, tapi sudah menyebar luas sampai satu Pulau Sumatra. Nah selain bawang merah, desa ini juga merupakan desa penghasil panen tanaman perkebunan. Yaitu ada kopi, cokelat, dan juga terdapat banyak pohon aren yang tertanam di sana. 


    (sumber: Instagram Jeryvan)

    Nah, gambar di atas ini adalah salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Desa Dolok Martumbur. Cantik banget gak sih? Ini adalah bagian dari Kawasan Geosite Huta Ginjang. Ketika di sana, Sobat Digi dapat melihat hutan Pinus Merkuasi yang berada di Panatapan. Kemudian ditambah dengan lansekap Danau Toba dari ketinggian 900-1.135 mdpl, menambah keunikan tersendiri dari Desa Wisata Dolok Martumbur. 


    (sumber: Instagram wonderlaketoba)

    Masih membahas daya tarik wisata alam di Desa Dolok Martumbur nih! Ada yang namanya Panatapan Geosite Huta Ginjang yang letaknya berada di Dusun III Batu Guguk. Di sana, wisatawan yang hadir disuguhi pemandangan alam yang begitu menawan. Beruntung lagi kalau berkunjung ke sana di saat sunrise atau sunset. Sambil melihat hamparan hijau perbukitan yang mengelilingi danau toba, ditambah dengan cahaya oranye matahari yang terbit dan tenggelam. Dapat dua kepuasan sekaligus nih Sobat Digi!


    (sumber: Instagram visit sumut)

    Di Desa Wisata Dolok Martumbur juga terdapat icon baru bagi Kabupaten Tapanuli Utara loh! Namanya adalah Tugu Toga Aritonang. Sesuai dengan namanya, tugu ini didirikan oleh Marga Aritonang yang mencakup Ompu Sunggu, Raja Gukguk, dan Tuan Simare. Karena keindahan panorama alam dan juga tidak meninggalkan unsur budaya, Tugu Toga Aritonang sudah masuk ke dalam destinasi pariwisata Tapanuli Utara. Di sana, wisatawan dapat meyaksikan lanskap Danau Toba yang tentunya sangat disayangkan jika tidak diabaikan dalam foto. Ditambah lagi, view perbukitan hijau yang juga bisa mencuri perhatian mata kita. 

    Pemandangan indah Danau Toba juga bisa banget nih dilihat dari titik lainnya yang ada di Desa Wisata Dolok Martumbur, tepatnya di lokasi Monumen Prasasti Summit 2005. Monumen itu berisikan nama-nama dan ada tanda tangan dari para gubernur dari seluruh dunia yang pada saat itu hadir. Tak lupa juga ada beberapa nama pejabat lain yang mengikuti kegiatan "Ceremonial Planting of Trees" yang telah diselenggarakan pada tanggan 11 Maret 2005. Menariknya lagi nih, kalau berkunjung ke Momnumen Prasasti Summit 2005, wisatawan tidak harus mengeluarkan biaya sedikit pun. Jadi, bisa puas banget deeh lihat view Danau Toba dari atas sana. 

    Waaah ternyata menarik banget ya Desa Wisata Dolok Martumbur ini. Destinasi wisata di sana bercampur dengan keindahan alam dan juga view dari Danau Toba. Oiya, Sobat Digi juga bisa lho mengunjungi Desa Wisata lainnya dengan mengakses web DigiTiket. Kalau mau ke Desa Wisata Dolok Martumbur, nggak pakai ribet, Sobat Digi bisa langsung beli tiketnya di sini ya! Digimin tunggu cerita pengalaman kalian selama berkunjung ke sana.

    Leave A Comment