• Login
  • Desa Wisata

    Berlibur ke Danau Toba? Coba Kunjungi Desa Wisata Sibandang yang Akan Melengkapi Liburanmu!

    Berlibur ke Danau Toba? ada hidden gems di dekat sana lho Sobat Digi! Nah kali ini DigiMin mau kasih tau info tentang destinasi wisata yang ada di dekat Danau Toba lengkap dengan budaya Batak yang kental yaitu Desa Wisata Sibandang.
    Desa Wisata Sibandang adalah sebuah desa yang terletak ditengah Danau Toba. Dilansir dari CNN Indonesia desa ini berlokasi di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Akses untuk bisa ke desa ini tidak begitu sulit, dengan waktu 45 menit dari Bandara Silangit, lalu ke arah Danau Toba dan menyeberanginya.

    Mulai dari saat turun di Pelabuhan Muara, kita sudah disuguhi dengan view yang indah dan juga sapaan yang lembut dari warga sekitar. Warga yang tinggal di desa sibandang terkenal dengan keramahannya kepada wisatawan karena memang senang jika daerahnya menjadi sebuah destinasi wisata. Desa Sibandang ini memiliki beberapa spot yang unik dan dapat kamu coba yang juga tak kala unik dengan destinasi wisata di danau toba.


    Pembuatan Kain Ulos di Desa Sibandang


    Penduduk yang menggunakan kain ulos khas desa Sibandang (sumber : kompas.com)

    Kain ulos adalah kain khas atau kain tradisional yang dimiliki suku Batak. Kain ini dibuat dengan cara ditenun manual dengan alat-alat yang masih tradisional dan khas serta tanpa menggunakan mesin. Di bagian desa Papande yang ada di Sibandang ini kamu bisa melihat pembuatan kain ulos secara langsung ketika sang pengrajinnya sedang menenun. Kain ulos yang paling terkenal di desa dekat danau toba ini adalah kain ulos Harungguan.


    Belajar Budaya Batak secara Mendalam disini


    Atraksi Hoda-hoda khas suku Batak (sumber : pariwisatasumut.com)

    Dibagian desa Sampuran di Sibandang ini kamu sebagai wisatawan disuguhi beberapa budaya Batak yang cukup kental. Tak hanya budaya Batak, namun kamu juga bisa meikmati beberapa pertunjukan atau atraksi khas Batak yaitu Hoda-Hoda yang mungkin familiar kamu temui di Pulau Jawa sebagai kuda lumping. Belum cukup 2 suguhan tadi, kalau kamu sedang beruntung kamu bisa melihat pembuatan perahu di desa ini.


    Situs Peninggalan Sejarah di Desa Sibandang


    Contoh rumah adat peninggalan bersejarah di desa Sibandang (sumber : kompas.com)

    Situs peninggalan bersejarah juga ada di desa yang terletak diantara danau toba ini. Situs tersebut berupa peninggalan rumah Kepala Nagari yang telah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Tak hanya itu, rumah adat Gukguk juga menjadi pilihan untuk berwisata di desa sibandang.

    Desa Sibandang ini digadang-gadang akan menjadi tempat pelengkap dari wisata Danau Toba yang didalamnya berisi taman, situs bersejarah sampai dengan homstay bagi para wisatawan. Itu tadi adalah beberapa contoh tempat unik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. 

    Kalau Sobat Digi belum ingin untuk mengunjungi secara langsung tempat-tempat di desa Sibandang ini karena khawatir pandemi dan adanya regulasi pengetatan kembali karena Covid-19, Sobat Digi bisa melakukan perjalanan secara virtual dengan DigiTiket melalui event Virtual Tour yang terjangkau dan memudahkan Sobat Digi dalam melihat-lihat sebuah destinasi wisata secara virtual. Untuk mengakses Virtual Tour Desa Sibandang bisa klik disini ya Sobat Digi.

    Leave A Comment