• Login
  • Informasi

    Rumah Atsiri Indonesia : Rekreasi Sambil Mengulik Minyak Atsiri

    Hai Sobat Digi! Di artikel kali ini, Digimin akan membawakan informasi mengenai salah satu tempat wisata hits yang ada di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, yaitu adalah Rumah Atsiri Indonesia

    Rumah Atsiri Indonesia adalah sebuah pabrik berusia 50 tahun yang telah direnovasi dengan sentuhan modern, namun tetap tidak menghilangkan unsur desain aslinya. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang telah terintegrasi dengan tanaman aromatik, fasilitas laboratorium/penelitian, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko, dan juga butik fasilitas MICE. Rumah Atsiri Indonesia hadir di tengah masyarakat untuk memperkenalkan warisan industri minyak atsiri Indonesia melalui rekreasi yang mengedukasi. 

    Saat ini, Rumah Atsiri digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan rekreasi, penelitian dan pengembangan minyak atsiri, sampai dengan kegiatan produksi. Nah, Sobat Digi penasaran nggak nih kira-kira ada spot-spot apa aja ya yang bisa kita kunjungi ketika ke Rumah Atsiri Indonesia? Langsung aja yuk baca informasi selengkapnya di bawah ini!

    The Gardens

    1| Taman Koleksi

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Tercatat ada lebih dari 80 tanaman minyak atsiri asli Indonesia dan luar negeri, tertanam cantik di koleksi taman Rumah Atsiri Indonesia. Uniknya, masing-masing tanaman ini memiliki cerita, aroma, dan karakteristiknya tersendiri. Sobat Digi juga bisa lho sepuasnya mencium atau mencicipi beberapa tanaman di sana, namun dengan syarat meminta izin pemandunya ya!

    2| Rumah Kaca

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Bangunan rumah kaca ini terdapat di dalam Taman Koleksi Rumah Atsiri yang dirancang sebagai taman dalam ruangan. Adanya taman di tengah-tengah ruangan memberikan kesan kenyamanan dan ketenangan tersendiri bagi siapapun yang masuk ke dalam Rumah Kaca. Lalu ketika malam hari, rumah kaca akan berubah fungsi menjadi tempat makan pribadi. 

    3| Rumah Produksi

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Rumah Produksi yang diberi nama Rumah Atsiri Production Farm adalah sebuah kebun seluas 2,5 hektar dan merupakan wilayah terluas di Rumah Atsiri Indonesia. Kebun yang ada di Rumah Atsiri Production Farm memasok beberapa tanaman untuk keperluan penelitian dan pengembangan, juga kebutuhan produksi Rumah Atsiri. 

    4| Marigold Plaza

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Fungsinya adalah sebagai tempat titik bertemu pengunjung di kompleks Rumah Atsiri Indonesia. Hamparan warna kuning yang dihasilkan dari Bunga Marigold mampu menarik perhatian bagi siapapun pengunjung yang datang ke Rumah Atsiri Indonesia. Ada satu fakta dari Bunga Marigold untuk Sobat Digi nih, yaitu bunga ini dapat mekar sebulan sekali dalam rentang waktu 2 minggu. 

    The Museum

    1| Museum Rumah Atsiri

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Di sini, Sobat Digi dapat mengikuti perjalanan sejarah mengenai awal mula minyak atsiri ditemukan dan bagaimana mereka menyebar ke seluruh dunia. Museum Rumah Atsiri juga merupakan tempat untuk melestarikan beberapa peralatan dan alat asli yang digunakan untuk menghasilkan minyak esensial.

    The Learning Hubs

    1| Rumah Atsiri Lab

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Ada dua jenis program yang ditawarkan: yang pertama dikonversikan ke kurikulum mitra sekolah dan yang kedua adalah kursus musiman Rumah Atsiri bagi pengunjung yang datang. Lab Rumah Atsiri memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk bereksperimen dengan minyak esensial dan 'merasakan' aroma minyak atsiri. 

    2| Rumah Aromaterapi

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Ketika ke rumah aromaterapi, Sobat Digi akan diberikan pengetahuan dasar dari cara memanen tanaman minyak esensial hingga melakukan riset pasar untuk produk minyak atsiri. 

    Shop

    1| Rumah Atsiri Aroma Shop

    (sumber : instagram.com/rumahatsiri)

    Mana nih Sobat Digi yang suka berbelanja ketika mengunjungi tempat wisata? Nah tentunya nggak lengkap dong kalau belum mampir ke Rumah Atsiri Aroma Shop, di sini Sobat Digi diberi berbagai pilihan minyak esensial dan turunannya seperti parfum, sabun, sampo, dan produk perawatan pribadi lainnya. 

    Yap, itu dia tadi ulasan mengenai tempat wisata dengan konsep rekreasi yang mengedukasi bernama Rumah Atsiri Indonesia. Gimana Sobat Digi, tertarik kah untuk mengunjunginya? Jangan lupa bagi cerita kalian ketika mampir ke Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu ya!

    Leave A Comment