• Login
  • Desa Wisata

    Desa Wisata Nusa : Wisata Alam Bercampur Kebudayaan Lokal

    Hai Sobat Digi! Kali ini, Digimin punya satu artikel yang akan membahas mengenai Desa Wisata Nusa atau biasa dikenal dengan sebutan Gampong Nusa. Terletak di bumi Serambi Mekkah tepatnya Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Desa Wisata Nusa merupakan sebuah desa yang kembali bangkit setelah adanya kejadian Tsunami Aceh 2004 silam. Tapi, kebayang nggak sih Sobat Digi betapa gigihnya warga Kecamatan Lhoknga untuk tetap berdiri membangun wisata dengan segala sumber daya yang ada meski sempat terpuruk akibat bencana? Bangkitnya Desa Wisata Nusa ini bisa dijadikan contoh yang baik dan berhasil bagi kemandirian masyarakat dalam mengangkat potensi lokal yang mereka miliki. Jadi, kalau dari Digimin sih, udah dapat 2 acungan jempol!

    Konsep yang dibawa oleh Desa Wisata Nusa yaitu wisata alam yang masih dibalut dengan kebudayaan, maka tak heran konsep inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Saat Sobat Digi berkunjung, kalian akan disuguhi panorama alam yang indah, mulai dari hamparan sawah hijau serta pemandangan bukit yang berjejer mengelilingi Desa Wisata Nusa. Udara di Desa Wisata Nusa juga nggak perlu diragukan lagi deh Sobat Digi, sejuk nan asri banget! Jadi hal itulah yang memberi kesan pedesaan yang sesungguhnya di Gampong Nusa ini. 

    Desa Wisata Nusa adalah satu diantara desa lainnya di Aceh yang terus bergerak mengembangkan desa wisata berbasis masyarakat. Gampong Nusa berupaya menggali potensi lokal yang dimiliki menjadi berbagai atraksi wisata yang memiliki karakter masyarakat dan budaya lokal yang khas. Wah ngomong-ngomong soal wisata, kira-kira ada hal menarik apa aja yaa dari Desa Wisata Nusa? Ini dia 5 pengalaman seru yang bakal Sobat Digi dapatkan kalau berlibur ke Desa Wisata Nusa!

    1| Tarian Selamat Datang


    (sumber : KBA.one)

    Welcome dance atau tarian selamat datang rupanya nggak cuma ada di bandara dan hotel aja lho Sobat Digi, di Desa Wisata Nusa juga ada! Tarian ini akan ditampilkan oleh komunitas Al-Hayah Gampong Nusa yang bertujuan untuk menyambut wisatawan yang berkunjung secara berkelompok atau ketika ada permintaan khusus dari pengunjung.

    2| Permainan Tradisional


    (sumber : kumparan.com)

    Siapa yang sampai sekarang masih suka dan tertarik dengan permainan tradisional Indonesia? Kalau kamu salah satunya, berarti cocok banget nih untuk datang ke Desa Wisata Nusa. Gampong Nusa atau Desa Wisata Nusa menawarkan permainan tradisional seperti galah panjang, boie, patok lele, kelereng dan masih banyak lainnya. 

    3| Menikmati Perbukitan Sambil Mendaki


    (sumber : instagram.com/renaldiad)

    Dengan adanya perbukitan yang ditumbuhi rumput tipis hijau, Desa Wisata Nusa memanfaatkan lokasi ini sebagai objek wisata mendaki dan juga berkemah, baik untuk pengunjung lokal maupun manca negara. Wilayah topografi dan letaknya yang cukup tinggi, sering kali dijadikan tempat untuk berburu sunrise maupun sunset dari sudut pandang yang sangat cantik. Ditambah lagi suasananya yang syahdu dengan udara sejuk, makin sulit deh untuk meninggalkan lokasi yang satu ini!

    4| Mencicip Makanan Tradisional


    (sumber : RRI)

    Sobat Digi nggak perlu keliling seluruh Aceh untuk bisa merasakan makanan tradisionalnya, cukup ke Desa Wisata Gampong, Sobat Digi sudah bisa mencoba beberapa makanan khas Aceh lho! Kalian bisa merasakan sendiri sensasi rasa makanan khas Aceh seperti keumamah, sawi laot, kuah beulangong, udeung tumeh, dan lainnya. 

    5| Membuat Kria dari Barang Bekas


    (sumber : mongabay)

    Desa Wisata Nusa merupakan desa dengan masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi dalam hal pengelolaan sampah. Mereka pandai dalam memilih dan memilah sampah organik maupun non organik, dan kemudian dijadikan berbagai hiasan rumah tangga serta tas yang unik. Nantinya hasil kerajinan tangan ini akan dijual kepada para pengunjung yang datang. Jadi selain menghasilkan pundi-pundi keuntungan, sekaligus sebagai dukungan dalam pemanfaatan sampah dan menjaga lingkungan. 

    Yap! Itu dia tadi ulasan dari Digimin mengenai Desa Wisata Nusa yang ada di Lhok Nga, Aceh Besar. Ada banyak kegiatan seru dan tentunya bermanfaat juga yang bisa Sobat Digi lakukan ketika berada di Desa Wisata Nusa. Jadi, tunggu apa lagi? Kalian sudah bisa membeli tiket masuk Desa Wisata Nusa sekarang juga. Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket masuk desa wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket.

    Leave A Comment