• Login
  • Informasi

    Wedang Ronde Jago : Ronde Legendaris di Salatiga

    Hai Sobat Digi! Siapa nih yang merupakan penikmat minuman hangat dari jahe? Kalau kamu salah satunya, wedang ronde bisa menjadi salah satu menu yang cocok untuk dinikmati ketika ingin kehangatan. Wedang Ronde adalah minuman hangat berisi ronde yang berasal dari perpaduan budaya Tionghoa dengan nusantara. Ronde terbuat dari beras ketan dan air, dibentuk bulat, kemudian direbus sampai matang dan mengapung. Selanjutnya, ronde biasa disajikan dalam kuah jahe hangat dan campuran gula. 

    Wedang ronde pertama kali mulai populer di daerah Jawa Tengah seperti di Kota Salatiga dan Solo. Di Salatiga, kota kecil nan cantik ini, ada satu tempat wisata kuliner yang buka pukul 13.00 sampai dengan 21.00 dan sudah melegenda nan besar namanya, yaitu Wedang Ronde Jago. Sejak tahun 1960-an Wedang Ronde Jago dikenal sebagai kudapan penangkal udara dingin Kota Salatiga. Wah menarik banget ya Sobat Digi! Masih penasaran dengan Ronde legendaris yang satu ini? Kalau iya, yuk baca ulasannya melalui artikel berikut ini ya!

    Berdiri Sejak Tahun 1964 


    (sumber : instagram.com/rondejago)

    Diberi nama "Jago" karena pada awalnya, kedai ini juga menjual aneka macam jamu, mulai dari jamu untuk anak-anak hingga untuk orang dewasa. Meski telah berusia lebih dari setengah abad, istilah jago rupanya masih melekat di benak para pelanggan, sehingga sampai saat ini namanya masih menggunakan unsur tersebut. Saat tahun 1965, kedai yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman nomor 9 ini sempat berhenti beroperasi. Namun, siapa yang menyangka, setelah 3 tahun kemudian kembali melayani pelanggan, Wedang Ronde Jago tidak pernah sepi pengunjung sampai saat ini. 

    Turun Temurun Hingga Tiga Generasi


    (sumber : instagram.com/rondejago)

    Namanya Jhonny Indra, bersama istrinya, ia adalah generasi ketiga dari pemilik awal Wedang Ronde Jago ini pertama berdiri. Eits tapi jangan diragukan lagi, meski sudah turun temurun dan berganti tangan, rasa dari wedang ronde di sini tidak pernah berubah dan tetap otentik. Rasa wedang ronde yang dihasilkan kedai Wedang Ronde Jago tetap menjadi juaranya di antara kedai wedang ronde yang lain. 

    Perpaduan Ronde dan Sekoteng yang Pedasnya Menggigit


    (sumber : instagram.com/rondejago)

    Menu yang paling spesial dan menjadi primadona di Wedang Ronde Jago adalah ronde sekoteng. Resepnya juga spesial dengan 9 ramuan yang berkhasiat baik untuk kesehatan lambung sampai dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Ada 4 bahan dasar yang menjadi ciri khas bagi Wedang Ronde Jago yaitu manisan tangkwe, manisan kulit jeruk, agar-agar hunkwe, dan rumput laut. Karena menggunakan kuah jahe, Wedang Ronde Jago selalu menawarkan tingkat kepedasan yang diinginkan para pelanggannya. Jadi, mereka akan menyiapkan semangkuk wedang ronde sesuai dengan permintaan pelanggan.

    Camilan Enak di Wedang Ronde Jago


    (sumber : instagram.com/rondejago)

    Selain ronde sekoteng, Sobat Digi juga bisa memesan ronde kacang tanah yang tak kalah menariknya di Wedang Ronde Jago. Bedanya, ronde kacang tanah tidak menggunakan kuah jahe, namun diganti menggunakan sari kacang tanah yang lezat. Bisa jadi cocok nih untuk Sobat Digi yang ingin mencoba wedang ronde, tetapi tidak suka kuah jahe. Kalau lapar, Sobat Digi juga bisa memesan siomay yang dijual di Wedang Ronde Jago ini lho! Biasanya para pengunjung menikmati siomay dengan bumbu kacang yang melimpah dan wedang ronde sebagai minuman penutupnya. Yummy!

    Kedai Sederhana yang Dihiasi Testimoni Artis Ibukota


    (sumber : instagram.com/rondejago)

    Sama dengan warung wedang ronde lainnya, tempat yang disediakan oleh Wedang Ronde Jago ini bisa dibilang sangat sederhana. Tempatnya yang kecil, sering kali membuat antrean panjang dan bangku yang berdesakkan di kala akhir pekan. Meski begitu, ternyata rata-rata pengunjung yang datang bukan sembarangan. Dilihat dari beberapa ornamen yang menempel di dinding, banyak artis ibukota yang pernah mampir dan menuliskan testimoni saat mereka merasakan sensasi pedasnya Wedang Ronde Jago ini. 

    Yap! Itu dia tadi ulasan mengenai wisata kuliner legendaris di Salatiga, Wedang Ronde Jago. Pas banget nih untuk dikunjungi Sobat Digi di saat musim hujan seperti sekarang ini. Sensasi pedas dan hangat yang dihasilkan dari kuah jahenya, akan menjadi penangkal dari dinginnya udara Kota Salatiga. Digimin tunggu kehadiran dan cerita kalian saat mengunjungi Wedang Ronde Jago yaa!

    Leave A Comment