• Login
  • Desa Wisata

    Desa Wisata Sungai Batang: Perpaduan Alam dan Budaya di Tepi Danau Maninjau

    Hai hai Sobat Digi! Kadang Digimin ngerasa bosen banget kalau liburan ke tempat-tempat yang ada di tengah perkotaan, Sobat Digi juga merasakan hal yang sama nggak? Kalau iya, Digimin punya satu artikel yang akan membahas mengenai desa wisata yang terletak di tepian danau yang ada di Sumatera Barat. Penasaran dengan desa yang satu ini? Yuk simak bersama artikel berikut tentang Desa Wisata Sungai Batang!

    Desa Wisata Sungai Batang merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Desa yang berhasil masuk ke 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 ini, menawarkan konsep wisata yang berbasis alam dan budaya. Tak hanya itu, Desa Wisata Sungai Batang juga merupakan tempat kelahiran tokoh agama pahlawan Indonesia, Buya Hamka. Maka tak heran jika Desa Wisata Sungai Batang juga terasa kental akan wisata sejarah dan religinya.

    Untuk menuju ke Desa Wisata Sungai Batang jika ditinjau dari jalan utama, Sobat Digi perlu melewati jalan kecil sejauh satu kilometer. Di sepanjang perjalanan nanti, Sobat Digi akan disuguhkan panorama yang indah dari perpaduan hijaunya sawah dan deretan perbukitan yang masih sangat asri. Buat Sobat Digi yang sudah terbiasa hidup di kota besar dan jarang melihat pemandangan desa, bisa dipastikan akan senang berlama-lama sambil mengabadikan suasana di sepanjang jalan masuk menuju Desa Wisata Sungai Batang. 

    Nah, setelah ini Digimin akan memberikan beberapa poin informasi menarik yang bisa Sobat Digi dapatkan ketika berada di Desa Wisata Sungai Batang. Check this out!

    Keindahan Danau Maninjau


    (sumber: instagram.com/andyadam.photography)

    Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang berada tepat di jantung Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau yang berada di tepi Desa Wisata Sungai Batang ini, terbentuk akibat erupsi vulkanik Gunung Sitinjau yang terjadi kurang lebih 52.000 tahun yang lalu. Dari erupsi itulah maka terbentuk kaldera baru dan berkembang menjadi sebuah danau cantik bernama Danau Maninjau. Kondisi alam di area ini masih sangat terjaga keasriannya, sehingga membuat Danau Maninjau dan wilayah sekitarnya termasuk Desa Wisata Sungai Batang memiliki udara yang sangat segar dan bersih. Oiya Sobat Digi, Danau Maninjau juga terkenal akan kejernihan airnya lho! Jadi, danau ini dijadikan sumber air bagi warga setempat dan dimanfaatkan juga untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Air Maninjau. 

    Mencoba Kenikmatan dan Renyahnya Ikan Rinuak


    (sumber: liputan 6)

    Sekarang kita bergeser ke kuliner yang ada di Desa Wisata Sungai Batang yuk Sobat Digi! Desa Wisata Sungai Batang memang adalah salah satu desa dengan penghasil komoditas ikan putih kekuningan bernama ikan rinuak. Ikan rinuak adalah jenis ikan air tawar dengan ukuran sangat kecil yang merupakan ikan endemik Danau Maninjau. Untuk menikmati ikan rinuak, Sobat Digi bisa singgah di Perkampungan Kuliner Nagari Gasan, Kecamatan Tanjung Raya, Sumatera Barat. Warga sekitar mengolah ikan rinuak ini menjadi berbagai makanan ringan yang gurih dan renyah tentunya. Ada palai rinuak, bakwan rinuak, dendeng rinuak, dan masih banyak lagi olahan lainnya yang terbuat dari ikan rinuak. Wah kelihatannya enak sekali ya Sobat Digi! Kalau Sobat Digi paling penasaran dengan ikan rinuak yang diolah seperti apa?

    Museum Rumah Buya Hamka


    (sumber: indonesia kaya)

    Seperti yang sudah Digimin jelaskan tadi, Desa Wisata Sungai Batang merupakan tempat kelahiran Buya Hamka, jadi rasanya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi rumah kelahirannya. Rumah yang kini disebut sebagai Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka itu, berjarak sekitar 4 kilometer dari jalan utama menyusuri Danau Maninjau. Di tempat bersejarah ini, Sobat Digi bisa melihat peninggalan penulis roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, buku-buku dari buah pemikirannya, koleksi tongkat, hingga pakaian yang biasa dikenakan Buya Hamka. Pada tahun 2021, museum ini sukses masuk ke dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori situs peninggalan sejarah terpopuler. 

    Yap! Itu dia tadi ulasan mengenai Desa Wisata Sungai Batang yang ada di Sumatera Barat. Eloknya alam pemandangan serta udara yang masih bersih dan terjaga, menjadikan nilai tambah bagi siapapun yang hendak mengunjunginya, termasuk Sobat Digi. Nah, nggak pakai antre nggak pakai ribet, Sobat Digi sudah bisa membeli tiket masuk ke Desa Wisata Sungai Batang sekarang juga. Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket masuk ke Desa Wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket

    Leave A Comment