• Login
  • Desa Wisata

    Menjajal 4 Kegiatan Seru di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu

    Halo, Sobat Digi! Jumpa lagi dengan DigiMin yang akan kasih kamu informasi serta referensi tempat wisata yang pastinya oke banget. Pada kali ini, DigiMin punya destinasi desa wisata yang lengkap, mulai dari budaya, asrinya alam di sekitarnya, dan beragam kuliner lezat. Simak yuk biar nggak makin penasaran!

    Destinasi kita kali ini adalah Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Sesuai dengan namanya, desa wisata ini terletak di Tanah Minang, tepatnya di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Mungkin ada dari Sobat Digi yang baru tahu mengenai desa wisata ini. Yuk kita kenalan lebih jauh. 

    Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu pernah meraih prestasi yang sangat membanggakan, lho. Dilansir dari liputan6.com, desa ini meraih juara keempat sebagai desa wisata terbaik kategori suvenir di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Keren banget, kan? Kamu perlu waktu sekitar dua jam dari Bandara Internasional Minangkabau untuk bisa sampai ke desa ini. Sebagai wisatawan, kegiatan menyenangkan apa saja ya yang dapat dilakukan di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu?

    1. Menikmati Panorama Alam


    Panorama Danau Singkarak di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu
    (sumber: traveltimes.id)
     
    Poin ini menjadi salah satu alasan banyak orang berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu menyuguhkan alam indah dan menawan yang membuat rasa penatmu hilang.
     
    Sobat Digi pasti familiar dengan Danau Singkarak yang juga menjadi bagian dari jalur balap sepeda internasional Tour de Singkarak. Nah, melalui desa ini, kamu bisa melihat pemandangan danau cantik yang berasal dari letusan gunung berapi ini. 
     
    Selain Danau Singkarak, Sobat Digi juga bisa menghirup udara bersih sembari melihat hamparan sawah yang tertata rapi atau trekking ke Puncak Tubia. Selain sehat, kamu dapat jalan-jalan menyusuri aliran sungai. Sempurna banget untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari kesibukan.
     

    2. Bermalam di Rumah Gadang 


    Rumah gadang, rumah tradisional khas Tanah Minang (sumber: jurnal10.com)

    Bagaimana ya rasanya tinggal di rumah gadang? Kini, Sobat Digi dapat menjajal tinggal di rumah gadang yang biasanya hanya kita lihat melalui foto atau video saja. Rumah tradisional yang disebut rumah Bagonjang ini masih terjaga keasliannya di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Dari 70 rumah unik yang ada di sini, tiga rumah diantaranya diperuntukkan sebagai homestay. Seru, kan?

    3. Menikmati Bermacam Kuliner Khas


    Proses pembuatan rendang khas Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu
    (sumber: lifestyle.sindonews.com)

    Soal kuliner, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu punya makanan yang bercita rasa khas. Sobat Digi dapat mencicipi rendang yang punya rasa berbeda dari rendang pada umumnya. Rendang lokal di desa ini memberikan rasa manis yang tipis namun tetap gurih. Jangan lupakan beragam rempah yang digunakan sebagai bumbu. Aromanya yang istimewa dan kelezatan yang diberikan pasti menggugah selera.

    Selain rendang, ada olahan ikan bilih yang merupakan jenis ikan endemik dari Danau Singkarak. Ikan bilih berukuran lebih besar dari ikan teri, berbentuk lonjong, dan juga pipih. Jangan lewatkan aktivitas mencoba menangkap ikan bilih atau sekadar melihat penangkapannya. Caranya pun masih tradisional dengan alat pancing atau jala manual. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat ikan bilih sangat cocok digoreng hingga dijadikan oleh-oleh. Selain digoreng, ikan bilih juga lezat dimasak menjadi masakan khas Minang lainnya, seperti pangek, singgang, dan bilih basantan.


    Pangek ikan bilih, kuliner istimewa Danau Singkarak (sumber: kaba12.co.id)

    4. Menelusuri Kesenian dan Budaya Minang


    Silat tradisional khas Sumpu (sumber: padek.jawapos.com)

    Pesona Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memang banyak, Sobat Digi. Desa wisata ini memiliki silat tradisional Sumpu. Ada juga kesenian tari dan randai yang bisa Sobat Digi saksikan. Menyaran dari jadesta.com, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memiliki empat perguruan silat tradisional, yaitu perguruan silat Pandeka Rajo, perguruan silat Pandeka Mudo, perguruan silat Pandeka Sutan, dan perguruan silat Pandeka Sati. Nah, silat tradisional yang ditampilkan khusus untuk wisatawan dikemas menjadi Silat Tradisional Sumpu yang alirannya berdasar dari keempat perguruan silat tersebut. 


    Pacu biduak, kompetisi laju sampan ala Danau Singkarak (sumber: republika.co.id)

    Jika kamu bertandang di waktu yang bertepatan dengan agenda wajib Pesona Sumpu, kamu berkesempatan menonton atraksi pacu biduak atau sampan tradisional yang hanya digelar satu kali dalam setahun saja. Sekadar informasi, di tahun 2017, pada Festival Pesona Sumpur Danau Singkarak 2017, tidak hanya atraksi pacu biduak saja yang yang ditampilkan. Ada lomba dekorasi dan modifikasi biduak yang memacu kreativitas para peserta. Seru, kan?

    Gimana, Sobat Digi? Semakin tertarik bukan untuk berkunjung dan merasakan kearifan lokal di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu? Yuk siapkan hari dan pesan tiketnya hanya di DigiTiket. Dengan harga yang terjangkau, Sobat Digi dapat berpelesir bersama keluarga atau teman-teman dan menikmati guyubnya Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Jangan lupa visit website DigiTiket untuk informasi menarik lainnya!

    Leave A Comment