• Login
  • Destinasi

    Wisata Heritage Keren di Kampung Pecinan Surabaya

    Halo Sobat Digi, ketemu lagi sama DigiMin di website blog-nya DigiTiket. Kali ini berbau imlek DigiMin juga mau nyampein informasi yang sesuai dengan suasana nih xixi. Nah kali inni DigiMin bakal bahas tentang Kampung Pecinan Surabaya yang khas dan kental banget, apanya khas? Yuk langsung simak aja artikel ini sampe habis!

    Informasi Umum


    Sumber : jawa pos
     
    Sobat Digi tau nggak, tempat wisata ini didirikan baru-baru ini lho, tepatnya pada bulan Februari 2021 lalu. Tepat satu tahun lalu erarti ya Sobat Digi. Kampung bernuansa cina ini didirikan di belakang Klenteng Boen Bio. Lokasi khususnya ada di Jl. Kapasan Dalam I Kapasan Lor No.3, RT.002/RW.09, Kapasan, Kec. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur 60141.
     

    Ornamen Khas yang Bermakna

    Sumber : humas.surabaya.go.id
     
    Ornamen khas chinese yang kental di kawasan kampung ini menjadi keunikan utama yang dimiliki oleh kampung di Surabaya ini. Kampung ini dihiasi oleh banyak lampion yang cantik dan mewarnai langit ketika malam hari dengan sinarnya. Tak hanya lampion, berbagai macam hiasan mural mempercantik kawasan ini dan menambah nuansa tiongkok dalam kawasan ini.
     
    Ternyata kampung ini juga menyimpan sejumlah sejarah didalamnya. Mulai dari hiasan mural yang ada di Kampung Pecinan ini, semua menyimpan makna yang ternyata jika dibedah mengandung unsur atau alur Dinasti Cing, hal ini dilansir dari Kumparan.com
     

    Saksi Sejarah di Surabaya

    Sumber : pressreader.co.id
     
    Selain secara tersurat dalam hiasan dan mural yang dipasang, ternyata kampung ini dulunya juga menjadi saksi sebuah perjuangan bagaimana masyarakat tionghoa yang bertahan dalam pemerintahan kolonial Belanda. Bahkan bukti nyatanya pun ada, berupa bangunan gedung kayu tua yang masih berdiri kokoh hingga kini yang telah berusia 200 tahun.
     
    Itu tadi beberapa informasi penting buat Sobat Digi yang pengen berkunjung dan mencari destinasi wisata yang kental akan budaya tionghoa, dan untuk Sobat Digi yang merayakan Gong Xi Fat Chai. Jangan lupa untuk mengunjungi website utama DigiTiket buat tahu beberapa info menarik lainnya ya!

    Leave A Comment