• Login
  • Desa Wisata

    Menikmati Sedapnya Ikan Patin dan Pesona Cantik Desa Wisata Koto Mesjid

    Halo, Sobat Digi! Siapa nih yang ingin pergi tamasya ke sebuah tempat yang dapat menghilangkan stres? Kali ini, DigiMin akan mengajak Sobat Digi semuanya untuk terbang ke Provinsi Riau. Di sana ada sebuah desa wisata yang akan menghipnotis kamu dengan keindahan yang ditawarkannya. Yuk kita meluncur dan cari tahu Desa Wisata Koto Mesjid yang terdaftar di 50 besar kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.
     
    Dilansir dari laman situs riau.go.id, Desa Wisata Koto Mesjid terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Di tempat inilah desa wisata ini tumbuh dan berkembang menjadi salah satu tempat wisata yang berpotensi di sektor pariwisata. Desa wisata ini merupakan pemekaran dari Desa Pulau Gadang di tahun 1991. Desa Wisata Koto Mesjid diinisasi oleh Suhaimi. Idenya untuk menciptakan kolam ikan patin menjadi daya tarik utama, sehingga Desa Wisata Koto Mesjid memiliki sebutan lain, yaitu Kampung Patin. Pemikiran briliannya membawa desa ini menjadi salah satu destinasi yang juga membantu perekonomian dan kesejahteraan warga lokal di sana.
     
    Desa wisata ini berkembang melalui kolaborasi apik dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau beserta pemerintah dan beberapa perusahaan sejak tahun 2019. Menariknya, meskipun terbilang baru, prestasi yang ditorehkan sudah sangat luar biasa, ya, Sobat Digi, hingga mendapat juara 2 untuk kategori suvenir di ADWI 2021. Tentunya bikin kalian semakin penasaran nih, apa saja ya yang bisa kita eksplor di sana? 
     

    Keindahan Sungai Gagak


    Pemandangan surgawi Sungai Gagak yang menjadi salah satu daya tarik
    Desa Wisata Koto Mesjid (sumber: catatanriau.com)
     
    Salah satu tempat tujuan para wisatawan di Desa Wisata Koto Masjid ini dahulu adalah sebuah hutan belantara yang memiliki aura menyeramkan dan ditakuti masyarakat. Dicetuskan oleh Rizky Hidayat yang juga selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata Sungai Gagak, air terjun tujuh tingkat yang sebelumnya hanya dimanfaatkan sebagai sumber air yang dialirkan menuju rumah-rumah warga karena letaknya yang dekat dengan rumah para warga.
     
    Rizky Hidayat tentunya tidak sendiri membangun dan mengembangkan Sungai Gagak hingga dikenal oleh masyarakat di luar Desa Wisata Koto Mesjid. Ada peran para pemuda yang secara aktif dan sukarela berkontribusi agar sebuah tempat memiliki potensi menjadi tujuan wisata. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin sektor pariwisata di Kabupaten Kampar dapat hidup. Wah, dibalik kesuksesan pengembangan Sungai Gagak, ada cerita inspiratif luar biasa ya, Sobat Digi.
     
    Saat ini, kekaguman akan pemandangan Sungai Gagak yang cantik tidak hanya timbul dari masyarakat lokal, tetapi menarik hati banyak wisatawan dari luar Kabupaten Kampar, sehingga banyak media yang meliput keindahannya. Di era normal baru, Sungai Gagak banyak didatangi pengunjung yang membludak karena Desa Wisata Koto Mesjid yang memenangkan penghargaan di ADWI 2021 dan menjadi viral. Keren, kan?
     

    Wisata Alam Lembah Aman yang Menyejukkan


    Air terjun di Lembah Aman (sumber: youtube.com)
     
    Ada yang suka main ke lembah? Nah, Lembah Aman di Desa Wisata Koto Mesjid wajib untuk kamu datangi. Sobat Digi dapat berendam di air terjun yang ada di Lembah Anai. Pemandangannya yang menyejukkan mata dan hati bikin kamu enggan beranjak dari tempat ini. Cocok untuk Sobat Digi yang perlu menjauh sementara dari hiruk pikuk kesibukan kota. Kamu bisa mencoba tiga air terjun yang ada di lembah ini. Kamu pun hanya perlu merogoh kocek 10 ribu untuk bisa menikmati air terjun di Lembah Anai.
     
    Kalau tidak mau bermain air di air terjun, ada kolam pemandian dan tempat santai yang sesuai untuk Sobat Digi camping bersama keluarga. Sungai kecil dan kolam pemandian yang tersedia tidak dalam, jadi aman untuk anak-anak. Ada pula saung yang dikelilingi rerimbunan pepohonan. Keadaannya pun bersih dan nyaman. Dan satu lagi, hampir tidak ada sampah berceceran di wisata alam yang satu ini. Makin betah dong pastinya berlama-lama di Lembah Aman.
     

    Puncak Kompe, Wisata Buatan yang Mirip dengan Raja Ampat


    Panorama eksotis di Puncak Kompe (sumber: atourin.com)
     
    Untuk Sobat Digi yang suka tempat wisata instagrammable dan kekinian, Desa Wisata Koto Mesjid punya dong destinasinya untuk kamu! Puncak Kompe jadi salah satu tempat liburan favorit masyarakat Provinsi Riau. Karena mirip dengan Raja Ampat, Puncak Kompe sampai disebut dengan 'Raja Lima'. Wisatawan bisa menikmati pemandangan danau yang dikelilingi bukit dan pulau kecil nan indah. Memang mirip, ya. Kamu bisa puas mengirup udara yang sejuk di Puncak Kompe. Stres auto hilang pokoknya.
     

    Salah satu spot foto di Puncak Kompe (sumber: bekawan.com)
     
    Seperti yang DigiMin katakan sebelumnya, tempat wisata ini instagrammable dan punya spot foto yang mendukung untuk pose keren kamu. Kamu bisa mencoba gardu pandang, ayunan, payung penuh warna, dan balon udara. Lengkap dan mempercantik potretmu. Lokasinya pun nggak jauh dari Kota Bangkinang, sehingga mudah diakses.
     

    Mencicipi Berbagai Olahan Ikan Patin


    Ikan patin yang menjadi ciri khas Desa Wisata Koto Mesjid (sumber: travel.tempo.com)
     
    Nama Desa Wisata Koto Mesjid adalah Kampung Patin, jadi sudah pasti ikan patin merupakan komoditi lokal dan utama di sini. Hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu kolam ikan. Hasil panen per hari mencapai 15 ton, lho! Banyak banget, kan? Hal ini dapat menambah kemajuan ekonomi bagi warga lokal di Desa Wisata Koto Mesjid. Jadi, desa wisata ini telah menyerap banyak tenaga kerja. Inovatif, bukan? Bahkan Desa Wisata Koto Mesjid juga memasok ikan patin fillet. Banyak juga para pelajar dan wisatawan yang belajar cara beternak ikan patin di desa wisata ini. 
     
    Olahan ikan patin sebagai oleh-oleh khas Desa Wisata Koto Mesjid (sumber: brilio.net)
     
    Selain ada ikan patin mentah, Sobat Digi juga bisa icip-icip menu olahan ikan patin yang rasanya nggak akan tertolak oleh lidah. Ada ikan asap atau salai patin, nugget, kerupuk, bakso, abon, siomay, pempek, serta kerupuk kulit. Rasa gurih ikan patin dijamin bikin kamu ketagihan.
     
    Gimana, Sobat Digi? Jadi makin pengen untuk ke Desa Wisata Koto Mesjid dong pastinya. Dengan berwisata ke destinasi lokal di Indonesia, kamu turut berkontribusi dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata yang sempat lesu akibat pandemi COVID-19. Kalau kamu sedang ada di Riau, boleh banget dong mampir ke Desa Wisata Koto Mesjid. Tiket Desa Wisata Koto Mesjid bisa kamu dapatkan dengan mudah di DigiTiket. Transaksinya mudah dan pilihan destinasi pun beragam! Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan selama liburan ya! 
     

    Leave A Comment