• Login
  • Desa Wisata

    Mengintip Desa Wisata Rigis Jaya: Kampung untuk Pecinta Kopi

    Hai hai Sobat Digi! Ada nggak nih diantara Sobat Digi yang suka minum kopi? Kalau ada, artikel yang satu ini akan menjadi istimewa buat Sobat Digi penggemar kopi! Sobat Digi tahu nggak, ada sebuah desa wisata andalan di Lampung yang menjadikan kopi sebagai penopang dan pergerakan ekonomi masyarakatnya lho, namanya Desa Wisata Rigis Jaya. Kelihatannya menarik banget nih untuk kita bahas lebih lanjut. Kalau gitu, yuk langsung aja kita baca artikel berikut ini. 

    Tentang Desa Wisata Rigis Jaya


    (sumber: kampungkopirigis.com)

    Desa Wisata Rigis Jaya adalah salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 yang terletak di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Untuk menuju ke Desa Wisata Rigis Jaya dari Bandara Internasional Radin Inten II Lampung, Sobat Digi akan memakan waktu sekitar 3 - 4 jam dengan jarak tempuh sejauh 183 km. Eits, tapi Sobat Digi nggak perlu khawatir karena selama dalam perjalanan, Sobat Digi akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan mata dengan panorama hamparan sawah dan hijaunya perbukitan. 

    Belajar Tentang Kopi


    (sumber: ottencoffee)

    Desa ini mengusung konsep wisata edukasi dan agrowisata khususnya kopi, jadi untuk Sobat Digi yang mau berkunjung bisa sambil belajar mengenai kopi mulai dari pembibitan, budidaya, pengolahan pasca panen, penyangraian, dan penyeduhan hingga menjadi secangkir kopi yang nikmat. Sepanjang kegiatan ini, Sobat Digi bisa berinteraksi secara langsung lho dengan para petani. Waah, biasanya suka minum kopi di cafe, sekarang bisa langsung ikut terjun dalam proses pembuatannya sambil mengobrol dengan para petani. Seru banget ya Sobat Digi!

    Bisa Ikut Melihat Aneka Produk Olahan dari Kopi


    (sumber: kampungkopirigis.com)

    Di poin sebelumnya, kopi diolah menjadi minuman nikmat mulai dari biji kopi. Tapi ternyata nggak hanya itu aja, di Desa Wisata Rigis Jaya, Sobat Digi juga bisa mengolah kopi untuk dijadikan berbagai macam produk lho. Contohnya ada parfum kopi, hand sanitizer kopi, sampai dengan lukisan pun juga dibuat dari ampas kopi. Ada juga produk ecoprint yang ternyata bisa dibuat dari bahan dasar kopi seperti totebag, hijab, pakaian, dan kain. 

    Melihat Warisan Leluhur Lampung Barat


    (sumber: travel kompas)

    Bukan Indonesia namanya kalau tidak memiliki warisan budaya yang turun temurun dan masih dilestarikan hingga saat ini. Bentuk warisan budayanya pun bermacam-macam di tiap daerah, di Lampung ini Digimin akan membahas mengenai motif kain. Ada satu peninggalan leluhur Lampung Barat, tepatnya di Desa Wisata Rigis Jaya yang memiliki warisan budaya yaitu kain motif Cilugam. Kain dengan motif perpaduan antara warna hitam, putih, oranye ini biasanya digunakan untuk pesta adat. 


    Menambah Ilmu Kebudayaan Lokal


    (sumber: sering jalan)

    Selain bisa melihat warisan leluhur, Sobat Digi juga bisa belajar kebudayaan lokal saat berkunjung ke Desa Wisata Rigis Jaya. Contohnya seperti arak-arakan dan tari sembah batik yang merupakan simbol penghormatan untuk para raja dan tamu istimewa yang hendak datang. Ada juga kesenian khas, misalnya tari sekura atau tari topeng, dan gamolan pheking yang mirip dengan gamelan Jawa. Yang membedakan adalah gamolan pheking terbuat dari bambu. Unik ya! Kalau Digimin penasaran nih dengan gamolan pheking, Sobat Digi gimana?

    Belanja Produk Ekonomi Kreatif


    (sumber: tribun)

    Kalau pergi ke suatu daerah, Digimin berpesan jangan sampai lupa untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Di Desa Wisata Rigis Jaya, ada beberapa UMKM yang sedang berkembang menjajakan sajian andalan yang hanya ada di desa wisata ini. Sobat Digi bisa membeli pempek makanan khas dari Palembang, tekwan, bakso bakar, es buah, madu, keripik pisang, keripiki tempe, keripik pare, kerupuk nika, kue getuk, dan dodol.

    Yap! Itu dia tadi ulasan mengenai sebuah desa bernama Desa Wisata Rigis Jaya yang terletak di Lampung. Banyak aktivitas di dalamnya yang bisa Sobat Digi coba ketika nanti berlibur ke sana. Dan yang pastinya, Desa Wisata Rigis Jaya menawarkan pengalaman berbeda dari tempat wisata lainnya yaitu dengan memfasilitasi wisatawan untuk belajar lebih dalam mengenai kopi. Yuk ke Desa Wisata Rigis sekarang juga karena Sobat Digi sudah bisa membeli tiket masuk ke Desa Wisata Rigis Jaya lho! Selain itu, Sobat Digi juga dapat membeli tiket masuk ke desa wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket

    Leave A Comment