• Login
  • Informasi

    6 Jenis Minuman Pemicu Kantuk Untuk Kamu yang Sulit Tidur

    Halo, Sobat Digi. Di masa pandemi seperti sekarang, ternyata cukup banyak, lho, yang merasakan sulit tidur atau insomnia. Istilah ini dapat kita sebut dengan Coronasomnia. Istilah ini muncul karena banyak orang yang tidak mudah untuk tertidur lelap dikarenakan stres dengan masalah yang muncul selama pandemi. Seperti yang kita tahu ya, Sobat Digi, pandemi mengubah banyak aspek dalam hidup kita. Contohnya seperti Sobat Digi yang stres karena hanya belajar secara daring atau munculnya masalah finansial. Nah, DigiMin punya solusi tepat untuk kamu yang mungkin merasakan kesulitan untuk tertidur lelap dengan 6 jenis minuman yang punya beragam rasa dan aroma.
     
    Jenis minuman yang akan DigiMin bahas tentunya alami dan punya manfaat baik untuk siklus tidurmu. Sebab, tidur selama 7-9 jam per hari secara teratur akan memberikan dampak baik bagi tubuh kita. Kita mempersiapkan tubuh agar dapat beraktivitas dengan badan yang bugar dan penuh semangat. Pasti Sobat Digi tahu dong kalau kurang tidur rasanya seperti apa. Di waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan banyak kegiatan produktif, kita malah akan merasakan lelah dan ngantuk yang mengganggu rutinitas. Penasaran 'kan minumannya apa saja? Scroll down, yuk!
     

    1. Susu Hangat

    Susu hangat, salah satu jenis minuman yang dapat mendatangkan kantuk (sumber: freepik.com)
     
    Siapa nih diantara Sobat Digi yang ketika masih kecil selalu diberikan susu hangat oleh Ibu sebelum tidur? Ternyata, minum susu hangat pada malam memang membuat rasa kantuk muncul. Jenis minuman ini mengandung senyawa tryptophan, yang mana salah satu bagian dari asam amino ini mampu memicu hormon serotonin dan neutrotransmitter menjadi meningkat. Keduanya punya peran penting agar rasa nyaman dan bahagia dapat kamu rasakan. Dengan perasaan hati yang tenang dan baik, tidurmu pasti lebih berkualitas, Sobat Digi. Susu hangat disarankan oleh peneliti untuk kamu yang sulit untuk terlelap.
     
    Selain serotonin, tryptophan dapat menaikkan hormon melatonin yang ada di dalam tubuh. Dengan melatonin, gangguan tidur dapat teratasi, seperti gangguan tidur karena jet lag, gangguan tidur pada pekerja dengan sistem shift, dan insomnia. Rasanya enak, memiliki banyak kandungan yang bagus untuk tubuh, dan membantu mengatasi susah tidur. Paket lengkap pokoknya! Pilihan tepat juga untuk kamu yang alergi kacang.
     

    2. Teh Lavender

    Teh lavender yang menenangkan (sumber: pexels.com)
     
    Teh lavender merupakan salah satu dari jenis minuman dengan bahan utama bunga-bungaan yang membantumu untuk bebas dari insomnia. Selain dimanfaatkan untuk pewangi alami atau kandungan untuk beberapa perawatan tubuh, bunga lavender bisa kamu manfaatkan dengan membuatnya menjadi teh. Saat ini, sudah banyak yang menjual bunga lavender kering untuk memudahkan kamu mendapatkannya. Kamu bisa tambahkan bunga lavender kering secukupnya ke dalam cangkir dan tambahkan air panas. Untuk penambah rasa, madu bisa menjadi pilihan untuk kamu, Sobat Digi.
     
    Dilansir dari kompas.com, studi dengan judul Effects of Lavender Tea in Fatigue Depression, and Maternal-Infant Attachment in Sleep-Disturbed Postnatal Women yang dilakukan di Taiwan menunjukkan bahwa lavender berkhasiat untuk memperbaiki kualitas tidur. Dengan mengonsumsi teh lavender sebelum tidur, kamu akan merasa sedikit penat, sehingga lebih mudah untuk tidur. Minum teh lavender sebelum tidur ditemani aroma menenangkan minyak esensial lavender bikin kamu ingin memejamkan mata dan beristirahat.
     

    3. Susu atau Smoothies Kacang Badam (Almon)

    Susu almon, olahan kacang almon yang menyehatkan dan membantu mengatasi insomnia (sumber: freepik.com)
     
    Sobat Digi ingin mencoba susu sapi hangat untuk memicu rasa kantuk tapi lactose intolerant dan seorang vegan? Susu kacang almon bisa kamu jadikan opsi untuk membantu menunjang rasa kantuk agar cepat tertidur dan pulas. Jenis minuman berbahan dasar kacang badam (almon) ini mirip dengan susu sapi yang cenderung kental. Di Iran, susu kacang almon sudah dimanfaatkan selama bertahun-tahun untuk pengobatan insomnia. Ini dikarenakan almon punya kandungan magnesium yang membantu menenangkan sistem saraf yang tegang. Hal ini berefek baik pada pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat kamu cepat ngantuk.
     
    Selain susu, ada pilihan lain untuk Sobat Digi. Kamu dapat mengolah susu almon menjadi jenis minuman lain, yaitu smoothies! Wah, nggak bakalan ragu deh pasti sama rasanya. Caranya dengan menambahkan pisang ke dalam susu kacang almon tawar. Pisang juga memiliki kandungan magnesium alami dan triptofan. Jadi, perpaduan kombo dari jenis minuman ini membantumu lebih mudah terlelap.
     

    4. Teh Hijau Dekafein

    Teh hijau dekafein, jenis minuman pemicu kantuk (sumber: bola.com)
     
    Eits, siapa bilang semua jenis teh mengandung kafein? Ada kok yang enggak. Teh hijau juga punya jenis lain yang non kafein. Selain tidak memiliki kafein yang bisa bikin kamu melek, jenis minuman ini merangsang tubuhmu untuk memproduksi teanin dan asam amino. Kedua kandungan alami pada teh hijau ini membuat kamu rileks dan nyaman, sehingga tidur kamu bisa nyenyak. Sobat Digi nggak perlu khawatir deh kalau ingin minum teh di malam hari. Bisa sekalian melepas stres karena rutinitas sehari-hari.
     

    5. Jus Ceri

    Jus ceri yang kaya vitamin dan baik untuk meningkatkan kualitas tidur (sumber: primadaily.com)
     
    Buah bercita rasa manis dan asam ini biasanya kita lihat diatas kue sebagai pugasan untuk mempercantik visual kue. Selain dapat dimakan langsung, disulap menjadi selai untuk roti, dan penambah rasa ketika makan kue, ceri juga dapat Sobat Digi ekstrak menjadi jus yang ampuh untuk membantumu mendatangkan rasa ngantuk. Ceri yang memiliki warna beragam ini punya melatonin dan zat anti-inflamasi yang berpengaruh pada kualitas tidurmu, Sobat Digi.
     
    Kalau kamu hendak mencoba jenis minuman ini untuk membuat kamu tidur nyenyak, coba konsumsi dua gelas jus ceri per hari. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum dua ons jus ceri selama dua minggu bisa menambahkan waktu tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus ceri. Gimana? Efeknya oke banget, kan? Pastikan jus yang kamu minum tanpa gula, ya. 
     

    6. Teh Kamomil (Chamomile)


    Teh kamomil yang manis dan wangi (sumber: freepik.com)
     
    Menyaran dari alodokter.com, teh kamomil adalah teh yang dibuat menggunakan bunga kamomil (Matricaria recuita) yang berasa dari Eropa. Kamomil memiliki rasa yang manis dan aroma harumnya yang khas. Khasiatnya untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama, seperti meredakan flu, meredakan tenggorokan yang meradang, sampai membantu meredakan nyeri ketika menstruasi. Selain itu, teh kamomil kerap kali diamnfaatkan untuk membantu melawan insomnia.
     
    Terapi alami ini membantu Sobat Digi yang merasakan insomnia agar kualitas tidur membaik dan memperpanjang durasi tidur kamu. Banyak orang yang insomnia karena stres atau cemas akan sesuatu. Nah, jenis minuman ini dapat menenangkan tubuh dan kecemasan yang timbul. Alhasil, rasa ngantuk perlahan akan muncul, Sobat Digi. Efek baik ini berasal dari kandungan zat apigenin yang terkandung di dalam bunga kamomil. Khasiat ini butuh diteliti lebih lanjut untuk mengidentifikasi manfaat lain dari bunga yang satu ini.
     
    Selalu ingat ya, Sobat Digi. Tidur yang cukup juga berpengaruh kepada kesehatan tubuhmu. Kurang tidur dapat memicu berbagai penyakit, bahkan berpengaruh pada kondisi jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kamu merasakan insomnia akhir-akhir ini, Sobat Digi bisa banget untuk mencoba 6 jenis minuman yang sudah DigiMin bahas agar tidurmu semakin nyenyak dan berkualitas!

    Leave A Comment