• Login
  • Informasi

    Ini Dia 7 Jenis Makanan yang Bisa Menaikkan Imun Tubuh di Masa Pandemi!

    Hai hai Sobat Digi! Di masa pandemi seperti sekarang ini, Sobat Digi setuju nggak kalau menjaga imun adalah suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan? Kalau Digimin sih setuju banget karena itu bisa jadi salah satu penguat tubuh di saat-saat seperti ini. Nah, salah satu cara menjaga kekebalan tubuh yaitu bisa dengan mulai mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi. So, kali ini Digimin akan membahas 7 jenis makanan yang bisa menaikkan imun tubuh nih Sobat Digi. Ada makanan apa aja yaa? Yuk simak selengkapnya melalui artikel berikut ini!  

    1| Yoghurt


    (sumber: halodoc)

    Di masa pandemi, dokter, pemerintah, dan para ahli menganjurkan, bahkan kerap mengingatkan kita semua untuk selalu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol untuk memastikan tangan supaya tetap bersih. Meskipun hand sanitizer mampu menghilangkan kuman, tapi ternyata mereka juga bisa menghilangkan bakteri baik yang penting untuk membangun kekebalan tubuh lho Sobat Digi!

    Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik alami yang bisa membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh. Sobat Digi bisa mengonsumsi yoghurt yang berlabel tulisan "kultur hidup dan aktif", karena kultur inilah yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan penyakit.

    2| Jeruk


    (sumber: detikfood)

    Vitamin C dari buah jeruk berfungsi baik untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh kita. Dikatakan begitu karena vitamin C bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Tetapi, perlu kita tahu kalau tubuh kita tidak memproduksi atau bahkan menyimpan vitamin C dalam jumlah yang besar atau sedikit sekalipun. Jadi, kita butuh vitamin C harian untuk menjaga tubuh tetap vit dan tentunya membangun kekebalan tubuh. 

    3| Kerang


    (sumber: theasianparent)

    Sobat Digi pernah terbayangkan nggak kalau ternyata kerang-kerangan bisa membantu meningkatkan imun tubuh kita lho! Beberapa jenis kerang yang mengandung seng bisa berperan penting dalam membantu sel kekebalan agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sobat Digi bisa pilih jenis kerang yang kaya seng seperti tiram, kepiting, lobster, dan kerang itu sendiri. Tapi, perlu dicatat ya Sobat Digi bahwa terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung seng juga tidak dianjurkan ya!

    4| Brokoli


    (sumber: halodoc)

    Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat, menjadikan sayur brokoli ini kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan, brokoli juga sering kali dikatakan sebagai sayur paling sehat diantara sayuran lainnya. Kunci supaya kandungan baik di dalam brokoli tetap terjaga adalah dengan memasaknya sesingkat mungkin, atau lebih baiknya lagi tidak dimasak sama sekali. Wah kalau Digimin sih suka makan sayur hijau yang satu ini, kalau Sobat Digi gimana?

    5| Biji Bunga Matahari


    (sumber: zwitsal.co.id)

    Biji bunga matahari kaya akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B6 dan E. Dari vitamin E inilah yang bisa berperan penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan. Nutrisi baik juga bekerja sebagai antioksidan yangmampu menetralisir radikal bebas. Adapun kandungan lain dari biji bunga matahari yaitu adanya selenium yang sangat tinggi. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa nutrisi ini dapat secara efektif membantu melawan infeksi virus. 

    6| Bawang Putih


    (sumber: kompas health)

    Nggak hanya bisa menambah cita rasa lezat pada makanan, bawang putih juga merupakan makanan anti virus alami yang bisa memberikan perlindungan dari flu musiman. Selain itu, konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin, juga membuat bawang putih dapat membantu menambah kekebalan tubuh. Bentuknya yang kecil ini rupanya kaya manfaat ya Sobat Digi!


    7| Kiwi


    (sumber: liputan6)

    Kiwi secara alami mengandung nutrisi yang penuh akan manfaat seperti folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Sama seperti jeruk, vitamin C pada kiwi membantu meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh. Sementara, nutrisi lainnya juga bekerja secara optimal untuk menjaga tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik. 

    Yap! Itu dia tadi 7 jenis makanan yang bisa menaikkan imun tubuh di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Yuk Sobat Digi, kita mulai membiasakan untuk mengontrol jenis makanan yang akan dikonsumsi dan juga rutin berolahraga meskipun di rumah saja. Stay safe dan stay healthy ya Sobat Digi!

    Leave A Comment