• Login
  • Desa Wisata

    Melekat dengan Alam, Ini 4 Daya Tarik Desa Wisata Alamendah

    Halo, Sobat Digi! Adakah Sobat Digi sekalian yang berencana berlibur ke Bandung di akhir pekan? Kalau ada, pas banget nih, karena DigiMin mau memberikan informasi menarik seputar desa wisata yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Pasti sudah kebayang ya udara sejuk dataran tinggi yang bebas polusi, rindang, asri, dan pemandangan alamnya yang akan membuatmu jatuh hati. Semua itu bisa kamu dapatkan ketika menjejakkan kaki di Desa Wisata Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.
     
    Desa Wisata Alamendah yang masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini ditetapkan sebagai Desa Wisata berdasarkan Keputusan Gubernur No. 556. 42/kep.71-DISBUDPAR/2011 pada tanggal 2 Februari 2011. Jadi sudah satu dekade nih Desa Wisata Alamendah dibuka untuk sektor pariwisata di daerah Bandung. Ketika pertama kali dibuka untuk umum, Desa Wisata Alamendah masih belum memiliki paket wisata ataupun produk yang dapat mencuri perhatian wisatawan untuk datang. 
     

    Kebun teh di Rancabali (sumber: bobocantik.com)
     
    Hingga pada tahun 2019, atas inisiasi dari tim pengelola, Desa Wisata Alamendah mulai menitikberatkan pada pengembangan inovasi produk dan paket wisata yang menjadi unggulan. Dari agrowisata, wisata alam, pertunjukkan seni khas Tanah Sunda, sampai trek sepeda untuk mengelilingi kampung. Segala persiapan dan kerja keras tersebut membuahkan hasil yang manis dan pastinya nggak akan mengecewakan wisatawan yang berkunjung. Tahun 2019, Desa Wisata Alamendah sudah memiliki lebih dari 2500 wisatawan melalui rombongan keluarga, umum, sekolah, sampai institusi pemerintahan. Keren abis!
     
    Fasilitas di desa ini juga lengkap, Sobat Digi, diantarannya ada mesin ATM, kamar mandi untuk pribadi, bersama, dan umum, musholla, tempat makan, homestay, sampai Wi-Fi area. Lalu, apa saja ya tempat di Desa Wisata Alamendah yang dapat kamu kunjungi? Yuk ikut DigiMin menelusuri tempat sekaligus kegiatan seru yang dapat kamu lakukan untuk merekam momen terbaik bersama orang tersayang di Desa Wisata Alamendah.
     
    1. Memetik Stroberi dan Buah Kopi
     

    Kebun stroberi di Desa Wisata Alamendah (sumber: langit7.id)
     
    Kalau main ke Bandung, rasanya kurang lengkap ya kalau nggak mencoba ke perkebunan yang ada di sana. Di Desa Wisata Alamendah, Sobat Digi bisa memetik buah ranum yang merah nan cantik, yaitu stroberi. Sebagai informasi, Desa Wisata Alamendah merupakan salah satu desa agronomi termaju di Kecamatan Rancabali. Lalu, mayoritas pekerjaan para warganya adalah petani dan pedagang. Selain memetik, kamu juga bisa langsung coba stroberinya, Sobat Digi. Kegiatan edukatif lainnya ada belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian, serta pengemasannya. Sekalian juga nih berkeliling kebun stroberi yang dapat menghilangkan penat kamu.
     

    Kebun Kopi Curug Padjajaran di Desa Wisata Alamendah
    (sumber: Saluran YouTube Kemenparekraf)
     
    Menjadi salah satu pengekspor kopi di Indonesia, Desa Wisata Alamendah juga menawarkan kamu pengalaman memanen kopi sampai menjadi secangkir kopi yang dapat kamu seruput di sore hari. Dengan harga Rp 205.000, Sobat Digi bisa ikut ke lokasi kebun, menanam kopi, memetik buah kopi yang sudah siap panen, sampai mengolah biji kopi yang setelahnya dapat kamu minum. Di Desa Wisata Alamendah juga terdapat sebuah kafe yang menyajikan kopi luwak. Direkomendasikan banget untuk Sobat Digi yang pecinta kopi. Ditemani semilir angin sejuk di Bandung pasti lebih nikmat!

    2. Curug Awi Langit

    Keindahan Curug Awi Langit (sumber: wahanatravel.co)
     
    Salah satu wisata alam yang patut dijelajahi dan menjadi unggulan di Desa Wisata Alamendah adalah Curug Awi Langit. Keindahan undakan batu yang dihujani aliran air dapat membasuh hati dan pikiran yang sedang penat. Melihat hijaunya alam disekitarnya, Curug Awi Langit merupakan tempat yang tepat untuk Sobat Digi yang sedang mencari area camping. Air terjun yang terletak di Alamendah Arboretum Park Ciwidey ini dibuka untuk wisatawan dengan tiket seharga Rp20.000. Sobat Digi hanya perlu menambah Rp10.000 jika ingin menyewa tempat untuk camping bersama keluarga atau teman-teman. 

    3. Kawah Putih di Ciwidey, Permata Cantik di Desa Wisata Alamendah


    Pesona Kawah Putih di Ciwidey, Desa Wisata Alamendah (sumber: trivindo.com)
     
    DigiMin merekomendasikan Sobat Digi yang datang ke Bandung untuk datang ke Kawah Putih Ciwidey. Kenapa? Karena kamu akan melihat air danau yang memiliki warna unik, yaitu putih kehijauan. Sewaktu-waktu, warna air itu juga bisa berubah. Tanah di sekitar danau menyatu dengan belerang dengan warna putih. Menyerupai biru kristal, mata kamu akan dimanjakan dengan keunikan dan eloknya Kawah Putih. 
     
    Ada juga spot foto yang menjadi favorit para pengunjung yang bisa kamu jadikan latar potret terbaikmu. Ada Dermaga Ponton dengan pemandangan alam danau yang mengeluarkan asap, Skywalk Cantigi dengan hamparan Kawah Putih Ciwidey, dan Sunan Ibu bagi kamu yang ingin mengambil gambar peristiwa sunrise yang indah.

    4. Melihat Langsung Proses Pemerahan Susu Sapi

    Pemerahan Susu Sapi yang Menjadi Kegiatan Menarik di Desa Wisata Alamendah
    (sumber: Saluran YouTube Kemenparekraf)
     
    Nggak hanya kebun buah dan sayur yang bisa kamu eksplor di Desa Wisata Alamendah, sebab di desa ini juga ada peternakan sapi yang dimanfaatkan sebagai pusat pemerahan susu sapi. Ingin coba memerah susu sapi? Bisa, dong. Ikut memandikan sapi dan mencoba susu segar yang benar-benar baru diperah juga bisa. Selain susu yang siap minum, susu sapi di sini juga diolah menjadi yoghurt bercita rasa asam segar. 
     
    Semua kegiatannya mengasyikkan, bukan? Untuk kamu yang penasaran langsung aja datang ke Desa WIsata Alamendah. Tiket Desa Wisata Alamendah bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di DigiTiket pastinya. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang berlaku agar trip kamu di Desa Wisata Alamendah tetap aman dan menyenangkan. Kunjungi juga ya situs DigiTiket untuk Sobat Digi yang ingin eksplor tempat menarik di Indonesia!  

    Leave A Comment