• Login
  • Desa Wisata

    Mau Liburan Anti-Mainstream? Yuk ke Desa Wisata Saung Ciburial!

    Hai hai Sobat Digi! Gimana kabar kalian semua? Digimin harap Sobat Digi dalam keadaan sehat dan bahagia selalu yaa! Sambil menemani Sobat Digi mengisi waktu, Digimin punya satu artikel mengenai rekomendasi desa wisata indah yaitu Desa Wisata Saung Ciburial. Desa Wisata Saung Ciburial adalah salah satu destinasi wisata tersembunyi yang menawan di Jalan Waluran, Sulaksana, Samarang, Garut, Jawa Barat. 

    Letaknya yang ada di kawasan dataran tinggi tepatnya di ketinggian 1.019 membuat udara dan atmosfer suasana pedesaan serta sejuknya angin pegunungan begitu terasa di sini. Meskipun berada di dataran tinggi, akses menuju Desa Wisata Saung Ciburial bisa dibilang mudah. Sobat Digi dapat pergi kesana menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Selanjutnya, ada pengalaman unik apa ya yang bisa Sobat Digi dapat di Desa Wisata Saung Ciburial? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini!

    Ngagogo Lauk 

    (sumber: jadesta)


    Ngagogo, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah cara menangkap binatang air tanpa menggunakan alat atau dengan kata lain menangkap ikan dengan tangan kosong. Biasanya tradisi ngagogo lauk dilaksanakan dalam hajat desa, khususnya setelah diadakan pemilihan kepala desa. Tapi tenang aja! Sobat Digi juga bisa mencoba kegiatan seru ini di Desa Wisata Saung Ciburial lho! Selain seru, pastinya ini akan menjadi salah satu pengalaman berlibur yang anti-mainstream

    Kabarulem 

    (sumber: Miindonews)

    Kaulinan Barudak Lembur atau Kabarulem adalah suatu upaya dari Desa Wisata Saung Ciburial untuk melestarikan tradisi permainan anak-anak zaman dahulu yang dikemas menjadi sebuah pertunjukan. Sobat Digi pun bisa turut serta untuk terlibat di dalam berbagai permainan yang ditampilkan. Mungkin ini satu-satunya wisata Garut yang punya wisata unik semacam ini. 

    Kenal Lebih Dekat dengan Domba Garut! 

    (sumber: nazwa production)

    Kalau mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial, Sobat Digi bisa bertemu dengan puluhan domba garut yang ada di sana. Ada juga atraksi ketangkasan domba garut sebagai bentuk pelestarian budaya yang dapat Sobat Digi tonton dan nikmati. Nggak hanya itu, Sobat Digi juga bisa mencoba memandikan, memberi pakan, sampai dengan belajar menggembala domba! Berani coba?

    Bermain Air Lewat Rafting dan Papalidan 

    (sumber: sehatq.com)

    Buat Sobat Digi yang suka menghabiskan waktu libur untuk bermain air, destinasi wisata ini cocok banget buat kamu! Aliran Sungai Cimanuk yang mendukung permainan rafting, bisa banget nih Sobat Digi coba ketika berkunjung ke sana. Ada juga papalidan atau yang lebih dikenal sebagai river tubing yang dikemas menjadi kegiatan wisata keluarga dengan memanfaatkan keberadaan Sungai Cikamiri. Sobat Digi lebih pilih yang mana, rafting atau papalidan?

    Gowes Kamojang 

    (sumber: travel kompas)

    Menikmati sejuknya udara pedesaan sambil bersepeda adalah salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan penat dan pikiran. Gowes Kamojang ini hadir untuk wisatawan yang ingin mencuci mata sambil berkeliling desa menggunakan sepeda. Sobat Digi akan banyak melihat persawahan dan bukit yang hijau di sepanjang perjalanan mulai dari start rute Kamojang Ecopark dan finish di Saung Ciburial. 

    Serunya Sensasi Menginap di Homestay Lokal 

    (sumber: saungciburial.com)

    Di Desa Wisata Saung Ciburial, Sobat Digi bisa bermalam dengan menginap di salah satu Local Homestay alias di rumah warga lho! Sudah pernah coba belum? Kalau belum, Digimin sarankan untuk mencoba ya ketika pergi ke sana! Karena nantinya Sobat Digi juga bisa berinteraksi dengan warga atau wisatawan lain secara langsung, suasananya pun pasti akan terasa lebih hangat dan juga kekeluargaan. Sampai saat ini ada sekitar 80 rumah warga yang siap digunakan di Desa Wisata Saung Ciburial sebagai homestay. Wah seru banget nih!

    Menikmati Teh Kewer dan Kopi Akar Wangi 

    (sumber: kompasiana)

    Berkunjung ke suatu tempat rasanya ada yang kurang ya Sobat Digi kalau belum mencoba kuliner khasnya. Di Desa Wisata Saung Ciburial, mereka mempunyai salah satu inovasi menarik yaitu Teh Kewer dan Kopi Akar Wangi. Teh Kewer adalah teh dengan rasa kopi dan dipercaya dapat menghilangkan pegal-pegal, sedangkan Kopi Akar Wangi merupakan hasil ekstraksi akar wangi yang bisa merelaksasi tubuh.

    Yap! Itu dia tadi ulasan mengenai Desa Wisata Saung Ciburial yang mengusung konsep wisata edukasi dan budaya di Garut Jawa Barat. Beragam kegiatan seru seperti belajar menggembala domba garut, menginap di homestay lokal, sampai dengan menikmati teh kewer bisa Sobat Digi dapatkan di sini. Tertarik untuk berlibur ke desa wisata yang satu ini? Sobat Digi sudah bisa membeli tiket masuk ke Desa Wisata Saung Ciburial sekarang juga. Selain itu, Sobat Digi dapat membeli tiket masuk ke desa wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket.  

    Leave A Comment