• Login
  • Informasi

    7 Tips Liburan Aman di Saat Pandemi!

    Hai hai Sobat Digi! Waaah nggak terasa ya pandemi Covid-19 sudah dua tahun bersama-sama kita semua dan ikut turut dalam kehidupan. Itu artinya, selama dua tahun juga, kita semua telah menjalani aktivitas sehari-hari dengan kewaspadaan serta protokol kesehatan yang ketat.

    Kalau di rumah terus, Sobat Digi sering merasa bosan nggak? Kalau iya, berarti tandanya Sobat Digi juga butuh liburan untuk menghilangkan beban fisik dan pikiran. Bicara soal liburan, sebetulnya aman nggak sih pergi berlibur di tengah pandemi seperti ini? Nah, kali ini Digimin akan membahas 7 tips merencanakan liburan aman selama pandemi. Ada apa aja ya? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini!

    1| Hindari Kawasan Zona Merah

    (sumber: CNN Indonesia)

    Tips pertama ini benar-benar yang harus diperhatikan pertama kali saat hendak berlibur ya Sobat Digi. Kita semua tahu kalau beberapa daerah di Indonesia masih memiliki kasus harian covid dengan angka yang bisa dibilang cukup tinggi. Untuk itu, penting bagi Sobat Digi ketika hendak liburan, pastikan dulu destinasinya adalah kawasan yang aman dan bebas dari zona merah yaa. Kemudian, pilihlah tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Bisa dengan memantau dari website atau sosial media dari tempat wisata tersebut. 

    2| Pilihlah Aktivitas Outdoor

    (sumber: dolan dolen)

    Aktivitas di luar ruangan bisa banget nih dijadikan alternatif untuk liburan saat pandemi karena bisa dibilang minim risiko penularan. Hah kok bisa? Jadi hal ini disebabkan udara segar di luar ruangan akan terus berganti sehingga meminimalkan kemungkinan penularan dari droplet ketika batuk, bersin, maupun berbicara. Meskipun aktivitasnya outdoor, Sobat Digi harus tetap menghindari kerumunan yaa.

    3| Bawa Safety Kit

    (sumber: kompas)

    Nah, tips yang satu ini juga nggak kalah penting nih Sobat Digi, yaitu selalu bawa dan sedia safety kit kemanapun kalian berpergian. Safety kit yang dimaksud disini yaitu ada hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, vitamin, masker, peralatan ibadah pribadi, dan peralatan makan. Menurut Digimin, starter pack pandemi ini bisa menambah rasa aman dan nyaman kita ketika pergi berlibur.

    4| Pilihlah Tempat Menginap yang Menerapkan Prokes

    (sumber: backpack buddy)

    Mau berlibur lebih dari satu hari dan butuh menginap? Sobat Digi perlu perhatikan tips yang satu ini ya! Kalian bisa mencari informasi mengenai penginapan yang tersertifikasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan melalui internet. Lalu kalau ingin menikmati fasilitas umum dari penginapan tersebut seperti kolam renang, restoran, atau bar, usahakan saat tidak padat pengunjung. 

    5| Booking Jauh-Jauh Hari

    (sumber: suara.com)

    Liburan di masa pandemi seperti ini memang sensasinya terasa lebih menantang dan bisa berisiko. Selain harus menentukan destinasi tujuan yang aman, Sobat Digi juga perlu melakukan perencanaan dari jauh-jauh hari untuk menghindari adanya kerumunan. Oleh karena itu, Sobat Digi wajib banget untuk selalu memantau situs-situs online yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebelum berangkat, baik untuk tempat wisata maupun penginapan.

    6| Menggunakan Kendaraan Pribadi

    (sumber: kompas otomotif)

    Tips aman liburan saat pandemi yang selanjutnya adalah menggunakan kendaraan pribadi. Kalau Sobat Digi berpergian dengan kendaraan pribadi, sudah dipastikan akan lebih aman tentunya daripada menggunakan kendaraan umum, karena minim kontak dengan orang asing. Tapi kalau keadaan mendesak untuk menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, atau bus, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yaa!

    7| Staycation!

    (sumber: liputan 6)

    Alternatif berlibur untuk menghindari rasa bosan di rumah terus yaitu bisa dengan staycation. Sobat Digi yang ingin merasakan suasana baru untuk menikmati liburan hanya dengan berkumpul bersama keluarga, bisa banget nih untuk menyewa hotel atau villa berbintang. Selain tidak banyak bertemu orang lain, lebih praktis, staycation juga lebih ramah di kantong. 

    Yap! Itu dia tadi 7 tips berpergian aman di saat pandemi. Jadi kalau nanti Sobat Digi sudah punya rencana untuk berlibur, jangan lupa untuk menerapkan tips dari Digimin yaa! Stay safe and stay healthy semua!

    Leave A Comment