• Login
  • Informasi

    5 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba di Mandalika Lombok!

    Hai hai Sobat Digi! Hari ini Digimin akan mengulas makanan khas yang ada di salah satu Destinasi Super Prioritas Indonesia, yaitu Mandalika! Apalagi di tahun ini, Mandalika menjadi lokasi perhelatan balapan motor kelas dunia alias MotoGP. Waah makin keren ya! Jadi, tempat yang satu itu begitu menjadi sorotan bagi seluruh warga Indonesia. Selain terdapat banyak surga dunia yang cantik, Mandalika juga punya beberapa kuliner khas yang patut Sobat Digi coba kalau pergi ke sana. Penasaran ada makanan apa aja? Ini dia, 5 makanan khas yang wajib banget dicoba saat ke Mandalika Lombok!

    1| Ayam Taliwang 

    (sumber: orami)

    Pecinta makanan pedas, mari merapat! Pastinya Sobat Digi udah nggak asing lagi ya dengan olahan ayam khas Nusa Tenggara Barat yang satu ini, yap, ayam taliwang! Rasa ayam yang dipadukan dengan racikan bumbu tradisional menjadikan ayam taliwang mendunia karena kelezatannya. Kombinasi antara lembutnya daging ayam pedas manis dengan rempah-rempah yang melimpah, bisa membuat siapapun jatuh cinta dengan kenikmatan ayam taliwang. Bahkan, saat tiba di Lombok, twitter pembalap Marc Marquez pun ramai dibanjiri mention dari teman-teman Indonesia yang menyarankan untuk mencoba ayam taliwang lho!

    2| Sate Bulayak 

    (sumber: pikiran rakyat)

    Kalau berkunjung ke Mandalika, Sobat Digi jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Makanan bernama sate bulayak, tersaji dari nikmatnya perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang lembut. Perbedaan sate bulayak dengan sate lainnya terdapat di bumbunya. Bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan, sehingga cita rasanya mirip seperti bumbu kari. Uniknya lagi, lontong yang disajikan berbarengan dengan sate bulayak khas Lombok dibungkus dengan menggunakan daun aren. Penasaran pengen cobain?

    3| Sayur Ares

     (sumber: kompas.com)

    Batang bambu muda atau rebung sudah biasa diolah menjadi sayur, tapi tahu nggak Sobat Digi kalau pelepah pisang juga bisa lho disulap menjadi masakan enak oleh masyarakat Lombok Mandalika! Sayur ares dimasak dari pelepah atau batang pisang muda dengan santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam. Sayur ares ini memiliki julukan lain yaitu jukut ares, biasanya jukut ares disantap pada saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh.

    4| Nasi Balap Puyung 

    (sumber: line today)

    Di daerah Jawa, nasi bungkus kerap kali disebut sebagai nasi rames atau nasi kucing. Lain halnya dengan Mandalika, mereka juga punya hidangan nasi khas yaitu nasi balap puyung yang juga dikenal dengan nasi puyung saja. Nasi ini merupakan hidangan berbahan nasi putih dengan ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang atau buncis sebagai lauk pendampingnya. Cocok banget nih untuk mengisi tenaga dan perut kosong sebagai menu sarapan di pagi hari!

    5| Sambal Beberuk Terung 

    (sumber: wowkeren.com)

    Sobat Digi ada nggak nih yang pecinta beraneka macam sambal Indonesia? Nah, Mandalika ini juga punya sambal unik lho Sobat Digi, namanya adalah sambal beberuk terung. Yang membuat sambal ini menarik adalah komposisi bahannya yang terdiri dari sayur-sayuran segar seperti potongan terong bulat, tomat, dan kacang panjang dengan siraman sambal cabai merah yang pedas. Mau menikmati kenikmatan yang berlipat? Sobat Digi bisa memadukan sambal beberuk terung bersama ayam taliwang atau makanan seafood lainnya. Yummy!

    Yap! Itu dia tadi 5 makanan khas yang ada di Mandalika Lombok, ada ayam taliwang, sate bulayak, sayur ares, nasi balap puyung dan sambal beberuk terung. Kalau Digimin sih paling penasaran dengan sate bulayak, kalau Sobat Digi gimana? 

    Leave A Comment