• Login
  • Informasi

    Sedang Ada di Lombok Tengah? Mampir Yuk ke 6 Destinasi Wisata Alam di Mandalika!

    Akhir-akhir ini, Lombok Tengah menjadi pusat perhatian di Indonesia dan internasional karena perhelatan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika. Dengan berhasilnya Lombok menjadi tuan rumah ajang balapan motor paling bergengsi, hal ini juga yang secara tidak langsung membuat wisatawan yang berkunjung ke Mandalika mengalami kenaikan dan meningkatkan sektor pariwisata di sana. Selain itu, kecantikan Mandalika yang begitu menawan membuatnya terasa spesial, Sobat Digi.

    Dilansir dari tripzilla.id, kawasan Mandalika memang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 dengan tujuan untuk mendongkrak perekonomian dan mutu hidup penduduk Nusa Tenggara Barat secara umum. Eksotisme tanah tropis di sana menyimpan potensi berharga yang masih belum banyak diketahui. Wisata alam apa saja yang dapat kamu datangi ketika berada di Mandalika? Simak ulasannya, ya, Sobat Digi!

    1. Bukit Merese

    Bukit Merese
    (Sumber: brobali.com)

    Angkat tangan kamu jika kamu seorang pecinta senja dan merasa tenang ketika melihat sinar jingga yang menghangatkan suasana. Siapa ya yang tidak senang melihat sunset? Mandalika punya spot yang tepat dan sempurna untuk menyaksikan terbenamnya sang surya yang mempesona, yaitu di Bukit Merese. Nuansanya? Nggak perlu diragukan lagi. Pemandangan bukit yang menyejukkan mata dengan warna hijaunya dan dipadukan peristiwa matahari terbenam membuat pesonanya sulit dilupakan, lho, Sobat Digi. Tenangnya air laut dan hembusan angin menambah kenyamanan ketika berada di Bukit Merese.

    2. Goa Kotak

    Goa Kotak
    (Sumber: tic.wonderin.id)

    Goa Kotak? Maksudnya gua yang berbentuk kotak? Tentu saja, Sobat Digi. Bentuk alami yang tidak biasa dari gua ini dapat kamu jamah sekaligus menikmati panorama lainnya yang terbentang merata di sekitar Goa Kotak. Kecantikannya nggak tertandingi, deh, khususnya pemandangan laut di ujung gua ini. Tanpa stalagmit atau stalagtit yang biasanya kamu temukan di gua lain, Sobat Digi dapat masuk kedalamnya dengan lebih aman dan leluasa.

    3. Pantai Tanjung Aan

    Pantai Tanjung Aan
    (Sumber: gadizalombok.com)

    Terasa kurang rasanya bila berkunjung ke Lombok tanpa menyambangi pantainya yang eksotis. Mencari wisata alam yang letaknya dekat dengan Sirkuit Internasional Mandalika? Pantai Tanjung Aan jawabannya! Hanya 7 menit perjalanan dengan menggunakan mobil, Sobat Digi. Pantai yang terletak di Kuta, Pujut, Lombok Tengah ini menyuguhkan bersihnya pasir putih yang terhampar ditemani deburan ombak dari birunya air laut. Kamu bisa mencoba olahraga air di sini, diantaranya berenang dan snorkeling. Ada pusat kuliner juga untuk kamu yang ingin mencicipi makanan khas di sana.

    4.Air Terjun Benang Kelambu

    Air Terjun Benang Kelambu
    (Sumber: id.lombokindonesia.org)

    Air terjun yang dihiasi dengan rimbunnya pohon-pohon di sekitarnya selalu membuat sejuk mata, pikiran, dan juga hati. Air Terjun Benang Kelambu nggak boleh kamu lewati jika tengah berada di Mandalika. Keelokannya nggak kalah kok dengan deretan pantai yang ada di Lombok. Air terjun ini bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani. Wisata alam yang sungguh menarik, ya.

    Aroma pegunungan yang kamu rindukan dan keindahan alamnya bisa kamu temukan di Air Terjun Benang Kelambu. Tidak hanya air terjun tersebut, lho. Ternyata masih ada satu air terjun lagi yang dapat kamu sambangi, yaitu kawasan Air Terjun Benang Stokel. Menuju ke lokasi air terjun, kamu akan menjumpai area hutan yang sebagiannya dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Suasananya yang tenang akan menghampiri kamu tentunya.

    5. Batu Payung

    Batu Payung
    (Sumber: indonesiainside.id)

    Berbicara soal fitur geografis alami yang menjadi mercu tanda (landmark) sebuah daerah, Mandalika punya andalannya, yaitu Batu Payung. Batu karang yang memiliki bentuk khusus di pinggir laut menjadi salah satu alasan mengapa destinasi ini kian populer. Lokasinya pun berada di Pantai Tanjung Aan, Sobat Digi. Melihat eksotisme pantai yang berpadu dengan Batu Payung yang unik pasti membuat kamu enggan beranjak. Karena kehadirannya yang ikonik, ramai orang yang menjadikan wisata alam ini sebagai latar foto untuk menghasilkan potret yang estetik.

    6. Pantai Kuta Mandalika

    Pantai Kuta Mandalika
    (Sumber: ksmtour.com)

    Karena tempatnya yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Pantai Kuta Mandalika menjadi pesona yang wajib kamu rasakan. Pengalaman mengesankan akan kamu peroleh melalui laut biru yang luas dan pasir putih cantik nan halus. Tidak hanya itu, Sobat Digi. ada bukit-bukit hijau yang melengkapi panorama super elok tersebut. Dengan waktu tempuh sekitar 16 menit dari Sirkuit Internasional Mandalika menggunakan mobil atau motor, nggak ada alasan deh untuk nggak menyempatkan waktu datang ke wisata alam ini!

    Nah, itu dia beberapa referensi destinasi wisata alam untuk kamu yang sedang berada atau tertarik ke Mandalika. Tepat banget untuk kamu eksplor, menjajal aktivitas mengasyikkan dan sarana healing untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari kesibukan, Sobat Digi. Jangan lupa visit website DigiTiket untuk mendapatkan informasi menarik seputar wisata di Indonesia!

    Leave A Comment