• Login
  • Informasi

    6 Makanan Khas Semarang yang Cocok untuk Menu Berbuka

    Hai hai Sobat Digi! Waah nggak terasa yaa sudah masuk bulan ramadhan nih. Biasanya apa sih yang kalian kangenin dari suasana bulan ramadhan? Suasana shalat tarawih, ramai bedug, takjil yang beraneka ragam, atau apa nih? Yuhuu kali ini Digimin bakalan bahas satu hal yang ada kaitannya dengan bulan ramadhan, yaitu takjil. Di Kota Semarang, ada beberapa makanan khas yang cocok banget buat dijadikan menu berbuka. Yuk kita bahas bersama di artikel 6 makanan khas Semarang untuk menu berbuka di bawah ini!

    1| Tahu Bakso

    (sumber: masakapahariini.com)

    Tahu bakso bisa jadi salah satu menu buka andalan kalau Sobat Digi lagi ada di Semarang. Rasanya yang gurih dengan isian bakso yang empuk paling cocok dimakan saat masih panas dengan cabai pedas. Bahkan kadang, rasanya kurang lengkap kalau berbuka tanpa kehadiran tahu bakso ini. Oiya, di Semarang jenis baksonya berbeda-beda lho Sobat Digi, ada bakso yang terbuat dari daging sapi, daging ayam, dan juga dari ikan. Tapi, mau terbuat dari daging apapun, tahu bakso tetap juaranya untuk menu berbuka.

    2| Kue Mochi

    (sumber: detikfood)

    Kalau tadi sudah yang asin-asin, sekarang kita berpindah ke yang manis-manis yuk! Kenyal, lembut, dan manis, itulah tiga kata yang sepertinya paling tepat untuk menggambarkan mochi. Jajanan khas Semarang ini menjadi salah satu menu andalan untuk takjil atau sajian lebaran. Mochi ini terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang cincang dan gula, dengan taburan wijen di atasnya. Yang membuat kue mochi terlihat menarik itu biasanya dari tampilan warnanya, ada yang pink, cokelat, hijau, atau putih biasa. Nah, karena warnanya yang bermacam-macam ini, kue mochi selalu jadi incaran anak-anak kecil untuk menyantap buka puasa.

    3| Gudangan

    (sumber: kompas.com)

    Siapa nih pecinta sayur-sayuran? Kalau Digimin salah satunya, boleh banget nih cobain gudangan dari Kota Semarang. Makanan khas Semarang yang satu ini terbuat dari berbagai sayuran rebus seperti wortel, batam, urap, daun singkong. Tidak lupa, peyek kacang atau teri, dan tempe serta tahu menjadi pelengkap pada sepiring gudangan. Gudangan ini lebih cocok dimakan bersama nasi putih hangat. Nantinya bumbu kelapa dari gudangan juga akan bercampur menjadi satu dengan butir-butir nasi putih. Rasanya? Nggak usah ditanya deeh, enak banget!

    4| Bandeng Presto

    (sumber: merdeka.com)

    Makanan buka puasa khas Semarang selanjutnya adalah bandeng presto. Dagingnya yang lembut sampai ke duri-durinya, membuat bandeng presto khas Semarang menjadi yang paling diburu. Selain dipresto, beberapa olahan bandeng yang populer dari Semarang adalah otak-otak bandeng, sampai bandeng asap.

    5| Lumpia

    (sumber: endeus.tv)

    Kalau makanan yang satu ini sih udah pasti salah satu makanan yang nggak boleh dilewatkan Sobat Digi saat pergi ke Semarang. Selain sering dijadikan oleh-oleh, lumpia juga termasuk salah satu menu yang cocok dimakan untuk berbuka puasa. Konon, resep lumpia Semarang ini hasil pertukaran resep antara penjual lumpia khas China dan lumpia khas Jawa. Lumpia semarang berisikan wortel, rebung, tauge, orak-arik telur, dan daging ayam.

    6| Roti Ganjel Rel

    (sumber: ayo semarang)

    Selain biasa disajikan sebagai takjil atau menu lebaran, roti ganjel rel juga menjadi menu wajib acara dugderan yang biasa diadakan menjelang bulan puasa di Semarang. Roti khas ini terbuat dari tepung tapioka, air nira, santan, gula, dan kayu manis. Aromanya memikat, rasanya nikmat!

    Yap! Itu dia tadi 6 makanan khas Semarang yang cocok untuk dijadikan menu berbuka. Ada tahu bakso, kue mochi, gudangan, bandeng presto, lumpia, dan roti ganjel rel. Dari semua jenis makanannya, kira-kira Sobat Digi paling penasaran dengan yang mana nih?

    Terlebih dari semua itu, Digimin mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1443 H, semoga ramadhan ini lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Aamiin!

    Leave A Comment