• Login
  • Informasi

    Enak Semua! 5 Takjil Khas Ramadan di Jakarta Dengan Harga Terjangkau

    Akhirnya bulan suci Ramadan yang dinanti-nantikan seluruh umat Muslim tiba juga, Sobat Digi! Suka cita dan atmosfer pada bulan Ramadan sepertinya memang berbeda dibandingkan hari-hari biasa. Tapi ketika Ramadan berakhir, semua itu bikin kamu kangen pastinya. Ngomong-ngomong, siapa nih di antara Sobat Digi sekalian yang sudah merencanakan buka puasa bersama? Atau sudah mulai ngabuburit untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa?

    Biasanya, jalan-jalan sore atau ngabuburit juga menjadi kesempatan untuk berburu kuliner khas Ramadan yang banyak dijajakan. Dari yang manis sampai yang asin tersedia dan siap untuk kamu beli. Di Jakarta, ada nih penganan dan takjil khas Ramadan lainnya yang selalu muncul tiap bulan puasa. Sebelum lihat daftarnya, pastikan kamu sudah berbuka puasa, ya, karena lezat-lezat semua, nih, hehehe. Scroll down, yuk, Sobat Digi!

    1. Gorengan

    Gorengan
    (Sumber: klikdokter.com)

    Ini dia takjil khas Ramadan yang menempati peringkat pertama, yaitu gorengan! Di manapun kalian berada, termasuk di wilayah Jakarta, pasti selalu bertemu dengan penganan murah meriah ini. Meskipun harganya cenderung naik karena persoalan minyak goreng yang belum juga rampung, nyatanya gorengan masih menjadi primadona untuk takjil.

    Dari pedagang yang menggunakan gerobak sampai yang menjajakannya dengan meja, kamu bisa melihat aneka gorengan yang dijejer dan menggiurkan. Ada tahu isi, cireng, ubi yang dibalut tepung, risoles, tempe goreng, bakwan, hingga talas goreng. Oh iya, ada juga kue bantal dan cakwe yang dijual berbarengan. Pokoknya buka puasa kurang lengkap rasanya tanpa keberadaan takjil khas Ramadan yang satu ini.

    2. Lontong Isi

    Lontong Isi
    (Sumber: sajiansedap.grid.id)

    Takjil khas Ramadan berbahan dasar beras dan dibalut daun pisang ini juga laris manis saat bulan Ramadan. Permintaan dan penjualannya juga meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Kamu bisa pilih varian lontongnya. Yang paling populer ada isian oncom dan kentang-wortel. Biasanya, orang-orang membeli lontong isi sekaligus gorengan juga, Sobat Digi, agar semakin nikmat dan sebagai penambah rasa juga.

    Jangan lupakan sambal kacangnya, ya, untuk menambahkan rasa pedas saat menyantap lontong isi. Lontong isi dan gorengan memang perpaduan luar biasa untuk berbuka. Kombinasi makanan ini terkadang juga menjadi opsi bagi mereka yang enggan menyantap makan malam karena cukup mengenyangkan. Murah dan cukup efektif nih untuk mengganjal perut!

    3. Es Buah

    Es buah
    (Sumber: dream.co.id)

    Warna-warni dari berbagai macam buah, rasa manis yang banyak disukai, dan sedikit rasa gurih dari campuran kental manis dan air membuat minuman ini banyak diburu ketika Ramadan. Apalagi untuk Sobat Digi yang seharian beraktivitas di bawah terik matahari dan menginginkan takjil khas Ramadan yang dapat memberikan kesegaran. Takjil yang satu ini memang semakin menjamur saat bulan puasa karena banyak orang yang menyukainya.

    Tidak hanya isian buahnya yang bervariasi, harganya pun beragam, ada yang murah dan sedikit mahal. Tentunya ini diikuti dengan penggunaan bahan dan banyaknya isian dalam satu porsi es buah. Tapi yang murah pun rasanya nggak kalah, lho. Es buah juga dapat menjadi pilihan untuk meluruhkan rasa berminyak setelah makan gorengan. Wajib ada nih di meja makan kamu sekaligus menjadi pelepas dahaga yang segar banget!

    4. Asinan

    asinan betawi
    (Sumber: kompas.com)

    Berbicara soal makanan khas Jakarta, asinan betawi juga nggak ketinggalan pamornya nih dengan takjil lainnya. Rasanya segar dan semakin lezat ketika dilengkapi dengan sambal kacang dan kerupuk. Dilansir dari inews.id, makanan berkuah ini bercita rasa rasa asam dan pedas dengan isian bermacam sayuran yang diawetkan, seperti kol, sawi, selada, taoge, potongan tahu putih, dan kacang tanah. Kerupuknya juga ada dua macam, Sobat Digi, yaitu kerupuk mi yang berwarna kuning dan kerupuk merah. Selain asinan betawi, asinan bogor juga laris dibeli di Jakarta. Bedanya, asinan bogor punya varian isian buah di dalamnya selain dengan isian sayur.

    asinan buah bogor
    (Sumber: lapisbogor.co.id)

    5. Kolak

    Kolak
    (Sumber: momsindonesia.com)

    Aneh kalau tidak menyisipkan kolak sebagai takjil khas Ramadan yang populer di Jakarta, bahkan di Indonesia. Kolak sering hadir sebagai menu berbuka puasa. Rasa manis yang legit berpadu dengan gurihnya santan pasti membuat kamu mau lagi. Apalagi ketika dimakan hangat-hangat. Resep kolak saat ini juga semakin bervariasi. Tidak hanya pisang saja, kamu bisa menambahkan ubi kuning, ubi ungu, singkong, labu kuning, dan mutiara tapioka. Komplit untuk menu berbuka puasa kamu.

    Jadi, itu dia beberapa takjil khas Ramadan yang tak pernah sepi peminat di Jakarta. Harganya terjangkau, porsi yang banyak, dan yang pasti rasanya, dong. Dijamin enak, Sobat Digi. Semua makanan dan minuman di atas juga dapat kamu coba buat sendiri dengan melihat resep yang semakin kreatif di internet. Yuk cobain semuanya!

    Leave A Comment