• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Kota Gede Yogyakarta

    Yogya yogya… yogya istimewa.. istimewa negrinya istimewa orangnya..”

    Pernah dengar lagu itu gak ya? Kalau iya, lagi kangen Yogya gak nih kalian?

    Yup! Kali ini kita akan bahas kota Yogyakarta, kota dengan segala julukan. Mulai dari kota gudeg, kota pelajar, hingga kota pariwisata., semua nama disematkan pada kota ini. Bagaimana tidak, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kota yang unik, kota tempat keraton Yogyakarta dan sultan berada. Masyarakatnya yang ramah dan mengayomi pada wisatawan pun semakin menjadikan kota ini daftar destinasi wisata yang menarik. Tempat wisata yang disediakan juga sangat banyak, mulai dari museum tradisional hingga wahana permainan, semuanya tersedia di Yogyakarta.

    Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Kota Gede Yogyakarta. Kota Gede adalah salah satu kecamatan di Yogyakarta yang telah dirilis CNN sebagai salah satu dari tiga belas kota terindah di dunia. Hal ini tidak terlepas dari status Kota Gede sebagai situs sejarah yang penting di Indonesia. Selain itu, ternyata banyak tempat yang bisa kita kunjungi di Kota Gede lho. Penasaran? Yuk, coba baca tempat tempat ini!

    Masjid Gedhe Mataram

    (Source: Wikipedia)

    Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Dari luar, bentuknya terlihat seperti pura, tempat beribadah umat Hindu. Namun ketika masuk ke dalam, kalian akan disuguhkan arsitektur joglo yang terkesan klasik dan tua. Masjid ini bukan Cuma peninggalan saja lho. Hingga saat ini, masjid ini masih digunakan sebagai tempat beribadah. Keren banget ya!

    Masjid Perak

    (Source: Ngangsu Kawruh)

    Siapa sangka diantara gang sempit di Kotagede ada masjid unik bergaya mediteranian? Yap, masjid perak ini adalah salah satu daya tarik lain di Kotagede. Warnanya yang cenderung putih dan monokrom sendiri sangat menarik perhatian dan indah untuk dipandang. Selain itu, masjid ini memiliki arti yang sangat istimewa bagi warga Kotagede karena dibangun dari sumbangsih para perajin dan penjual perak di kota ini.

    Makam Raja Mataram

    (Source: Kompas Travel)

    Di Kotagede, terdapat makam raja pertama Mataram Islam, Panembahan Senopati dan ayahnya, Ki Ageng Pemanahan. Selain itu, di sini pula terdapat makam Raja Pajang dan Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir. Makam Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono II juga ada disini. Untuk dapat masuk ke area makam, kalian diwajibkan untuk menggunakan busana ada Jawa yang telah disediakan. Untuk menjaga suasana tenang dan khidmat, kalian juga tidak dapat mengambil foto. Wah, penuh dengan sejarah sekali ya tempat ini!

    Pemandian sendang seliran

    (Source: Tribun Jogja)

    Di samping kompleks makam, ada pemandian kuno bernama Sendang Seliran. Tempatnya yang klasik dan kondisi yang masih baik dan terawatt membuat banyak wisatawan tertarik untuk berfoto di tempat ini. Jika kalian ingin mendapatkan foto dengan latar belakang klasik, tempat ini cocok banget nih.

    Kotagede sendiri masih mempunyai segudang cerita sejarah yang menarik untuk dibahas. Tempat yang menjadi tempat lahirnya Mataram Islam ini juga memiliki banyak sekali tempat yang menarik untuk dipandang atau diabadikan lewat foto. Pasti kita semua ingin ya kembali mengunjungi Yogyakarta dan menjelajahi sudut kota satu ini. Namun, kondisi saat ini mengharuskan kita untuk beradaptasi, tak terkecuali dalam hal traveling. Nah, DigiTiket punya solusi untuk kalian semua yang ingin mengunjungi Kotagede Yogyakarta sekarang ini.  DigiTiket sudah menyiapkan program baru yaitu program virtual tour mengelilingi Kotagede. Disini, kalian akan diajak menjelajahi cerita tersembunyi dari sejarah Kotagede bersama Digitiket. Dipandu oleh pemandu berpengalaman, pengalaman ini cocok banget untuk wisata kalian di masa pandemi. Gimana, penasaran kan sama keindahan semua cerita diatas? Daftar yuk di program virtual tour DigiTiket! Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi website DigiTiket di www.digitiket.com ya!

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.